Gadget

Redmi Note 8 Pro Dibongkar, Terungkap Gunakan Sistem Pendingin Canggih

Salah satu rahasia performa MediaTek Helio G90T adalah sistem pendinginnya.

Agung Pratnyawan

Redmi Note 8 Pro. (GSM Arena)
Redmi Note 8 Pro. (GSM Arena)

Hitekno.com - Smartphone baru Redmi Note 8 Pro menawarkan performa tinggi dengan mengandalkan chipset MediaTek Helio G90T. Untuk menunjangnya, ternyata dibutuhkan sistem pendingin mumpuni.

Redmi Note 8 Pro ternyata membutuhkan sistem pendingin dengan mengandalkan heat pipe untuk bisa menjaga suhu dari chipset MediaTek Helio G90T ini.

Pemakaian sistem pendingin ini terungkap dari sebuah postingan di Weibo yang membongkar seperti apa isi dari smartphone baru Redmi ini.

Chipset baru MediaTek ini memang diklaim punya performa lebih. Bahkan dari hasil benchmark bisa menyaingi Qualcomm Snapdragon 730G.

MediaTek Helio G90T sendiri didesain untuk smartphone gaming. Dan Redmi Note 8 Pro menjadi yang pertama untuk menggunakan chipset baru ini.

Namun performa tingginya harus diimbangi dengan pemakaian sistem pendingin lebih. Seperti dalam postingan Weibo tersebut, diketahui pemakaian heat pipe.

Nampak sebuah heat pipe menyentuh chipset MediaTek Helio G90T dan memory LPDDR4x. Sistem pendingin ini memanjang ke bawah hingga ke tengah smartphone.

Redmi Note 8 Pro. (GSM Arena)
Redmi Note 8 Pro. (GSM Arena)

 

Heat pipe terbuat dari bahan tembaga ini akan mengalirkan panas dari chipset dan RAM ke ujung sisi lainnya untuk dilepaskan.

Dari foto-foto pembongkaran Redmi Note 8 Pro ini diketahui banyak komponen lainnya. Dari modul sistem empat kamera di belakang, juga baterai.

Redmi Note 8 Pro memakai kamera 64 MP + 2 MP depth sensor + 8 MP ultrawide + dan macro kamera. Menariknya kamera macro ini berdiri terpisah dari modul utama.

Juga diketahui keberadaan beberapa antena yang digunakan smartphone baru ini. Seperti keberadaan dua antena 2G/3G/4G, yang satu di atas dan satu lagi di bawah.

Ada pula sejumlah Wi-Fi antena di dalam Redmi Note 8 Pro. Menariknya, ada sejumlah struktur penguat di cover body belakang smartphone ini.

Redmi Note 8 Pro. (GSM Arena)
Redmi Note 8 Pro. (GSM Arena)

 

Itulah isi Redmi Note 8 Pro jika dibongkar. Tidak hanya sistem pendingin canggih yang digunakan, namun juga banyak hal menarik lainnya.

Berita Terkait