Gadget

Tidak Lagi Gunakan Dessert, Ini Nama Resmi Sistem Operasi Terbaru Android

Google mengumumkan bahwa sistem operasi Android terbaru akan datang dengan membawa nama Android 10.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Android 10. (twitter/Android)
Android 10. (twitter/Android)

Hitekno.com - Kabar kedatangan sistem operasi anyar Android sepertinya sudah semakin dekat, hal ini ditandai dengan pengumuman nama resminya. Setelah diduga akan menggunakan nama Android Q, Google mengumumkan bahwa sistem operasi ini akan bernama Android 10.

Sebelumnya, Android selalu dinamakan dengan menggunakan nama-nama makanan penutup atau dessert.

Beberapa di antaranya seperti Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, hingga yang terbaru Pie.

Lepas dari bayang-bayang nama dessert tersebut, Google mengumumkan bahwa sistem operasi Android terbaru akan datang dengan membawa nama Android 10.

Nama baru Android dengan menggunakan angka ini membuat banyak prediksi menyebutkan bahwa generasi berikutnya dari Android akan dinamai sesuai urutan angka.

Dilansir dari The Verge, nama baru Android ini merupakan keputusan yang diambil sesuai dengan apa yang diinginkan pengguna.

Menurut Sameer Samat selaku VP of Product Management Android, nama dessert dirasa sulit dimengerti oleh masyarakat secara global.

Ilustrasi Android. (pixabay/knd61)
Ilustrasi Android. (pixabay/knd61)

 

Masalah pengucapan menjadi salah satu kendala yang membuat pengguna sulit membedakan versi-versi Android dengan nama dessert ini.

Alasan lainnya dari penggantian nama ini karena beberapa dessert yang dirasa asing untuk daerah-daerah tertentu.

Sebut saja seperti Pie yang ternyata tidak termasuk dessert di beberapa wilayah, atau Marshmallow yang tidak terlalu populer di seluruh dunia.

Lebih lanjut, Android sadar betul bahwa sebagai sistem operasi populer secara global, perlu penggunaan nama yang jelas dan mudah dipahami oleh penggunanya.

Menggunakan angka, nama Android 10 lalu menjadi pilihan Google untuk sistem operasi anyar Android ini.

Ilustrasi Android. (pixabay/mammela)
Ilustrasi Android. (pixabay/mammela)

 

Sempat diprediksi akan menggunakan nama Android Q, banyak pengguna yang ramai-ramai mencoba menebak nama desser dengan huruf awalan Q ini.

Beberapa dessert seperti Qurabiya, Quindim, Queen of Puddings, hingga Qottab sempat menjadi prediksi para pengguna.

Awalnya, Google memilih nama dessert untuk sistem operasi Android karena ketidaksengajaan oleh tim kreatif internal Google. Hingga akhirnya memilih Android 10 sebagai nama baru sistem operasi ini, sepertinya Google sudah resmi move on dari nama dessert.

Berita Terkait