Gadget

Huawei Mate 30 Tidak Pakai Chipset Kirin 985, Ini Penggantinya

Kapan Huawei Mate 30 dirilis?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi chipse Kirin. (HiSilicon)
Ilustrasi chipse Kirin. (HiSilicon)

Hitekno.com - Smartphone flagship Huawei terbaru telah dinantikan kehadirannya. Rencananya, Huawei Mate 30 akan diluncurkan tahun 2019 ini juga.

Tak akan datang sendiri, Huawei Mate 30 akan hadir bersama Huawei Mate 30 Pro. Dua smartphone flagship Huawei dari lini Mate.

Menutip dari GSM Arena, smartphone flagship Huawei ini akan memakai chipset baru. Chipset Kirin yang dari HiSilicon, anak perusahaan Huawei sendiri. Namun bukan Kirin 985 seperti rumor yang beredar.

Dr. Wang Chenglu, Huawei Consumer Business Software mengungkapkan kalau chipset Kirin 990 akan digunakan untuk Huawei Mate 30 dan Huawei Mate 30 Pro.

Di banding generasi sebelumnya, Kirin 990 ini mendapatkan peningkatan di sisi efisiensi daya. Dam pastinya punya performa yang lebih tinggi.

Produksi chipset baru Kirin 990 ini masih dipercayakan kepada TSMC di Taiwan. Nantinya akan memakai proses fabrikasi 7 nm EUV.

Teknologi TSMC ini diklaim dapat meningkatkan kerapatan transistor hingga 20 persen. Dengan ini dapat mendongkrak performa namun tetap membuat daya lebih irit.

Kantor dan fasilitas produksi TSMC. (TSMC)
Kantor dan fasilitas produksi TSMC. (TSMC)

 

Kabar ini mematahkan rumor sebelumnya jika Huawei Mate 30 akan memakai chipset Kirin 985. Smartphone flagship Huawei langsung memakai Kirin 990.

Namun bocoran lain masih menguat, yaitu mengenai pemakaian modem 5G ke Huawei Mate 30 yang disebutkan akan meluncur pada Desember 2019.

Namun sebelumnya, smartphone falgship Huawei Mate 30 dan Huawei Mate 30 Pro akan diluncurkan pada September 2019 mendatang.

Huawei juta telah memesan layar AMOLED 6,7 inci ke BOE. Layar ini nanti diketahui masih memakai notch atau poni lebar. Namun sudah memiliki refresh rate 90 Hz.

Selain rumor lain menyebutkan kalau Huawei Mate 30 dan Huawei Mate 30 Pero memakai fast charging 55 watt. Juga dilengkapi under-display fingerprint sensor.

Huawei P30 Pro. (Nikkei)
Huawei P30 Pro. (Nikkei)

 

Namun yang dapat dipastikan, dua smartphone flagship Huawei ini memakai konfigurasi kamera yang disusun persegi. Sama seperti Huawei Mate 20 sebelumnya.

Diberitakan sebelumnya, juga ada Huawei Mate 30 Lite yang akan hadir dengan sistem operasi HongMeng OS di China atau HarmonyOS versi global.

Kita tunggu saja September 2019 nanti ketika Huawei mengungkap smartphone flagship ini. Nampaknya Huawei Mate 30 dan Huawei Mate 30 Pro kembali jadi gebrakan.

Berita Terkait