Gadget

Dibanding Tahun Lalu, Keuntungan Samsung Turun Drastis

Keuntungan Samsung pada kuartal kedua 2019 turun hingga 56 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Agung Pratnyawan

Gedung Samsung Campus. (Samsung)
Gedung Samsung Campus. (Samsung)

Hitekno.com - Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung tengah mengalami keterpurukan. Keuntungan Samsung turun drastis dibandingkan tahun 2018 kemarin.

Mengutip dari Android Central, dalam laporan keuangan Samsung pada kuartal kedua 2019 ini mengalami penurunan laba hingga 56 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Samsung sendiri dalam laporan keuangan disebutkan mendapatkan pendapatan total di kuartal kedua 2019 hingga 47 miliar dolar AS (56 triliun won) atau sekitar Rp 663,4 triliun.

Namun dari total pendapatan tersebut, laba atau keuntungan Samsung hanya 5,6 miliar dolar AS (6,5 triliun won) atau sekitar Rp 78,6 triliun.

Dibandingkan kuartal kedua 2018, laba Samsung ini mengalami penurunan hingga 56 persen. Pada kuartal kedua 2018, laba Samsung tercatat 12,5 miliar dolar AS atau Rp 176,5 triliun.

Dibandingkan kuartal pertama 2019, laba yang dibukukan Samsung mengalami peningkatan. Pada kuartal pertama 2019, meraup laba 5,3 miliar dolar AS atau Rp 74,7 triliun.

Ricky Seo, analis dari HSBC melaporkan kalau adanya pelemahan pasar chip yang membuat pendapatan dan keuntungan Samsung melemah pada kuartal kedua 2019 ini.

Samsung Galaxy S10e bersama kedua kakanya. (Samsung)
Samsung Galaxy S10e bersama kedua kakanya. (Samsung)

 

"Surplus pasokan dan melambannya permintaan akan chip memory menciptakan lingkunan 'sulit' bagi Samsung," kata Ricky Seo seperti yang dimuat CNN.

Selain itu, dengan adanya ban pada smartphone Huawei juga berimbas pada Samsung. Merek smartphone asal China ini memang sebagai pelanggan chip memory dari Samsung.

Penjualan iPhone yang melesu secara tidak langsung juga jadi penyebab penurunan laba Samsung. Karena iPhone menjadi salah satu pelanggan besar Samsung untuk panel OLED.

Ditambahlah adanya pelambanan penjualan dari smartphone baru Samsung. Menurut analis dari Daiwa Capital Markets, penjualan Samsung Galaxy S10 yang lesu membuat pendapatan perusahaan melemah.

Seperti apa perkembangan Samsung di 2019 ini? Apakah keuntungan Samsung akan terus menurun, atau bisa bangkit kembali di akhir 2019 nanti?

Berita Terkait