Gadget

Bill Gates: Kekalahan dari Android Adalah Kesalahan Terbesar

Kesalahan yang seharusnya tak dilakukan Bill Gates dan Microsoft.

Agung Pratnyawan

Bill Gates. (Shutterstock)
Bill Gates. (Shutterstock)

Hitekno.com - Bill Gates mungkin salah satu pengusaha teknologi sukses, namun tidak berarti tak pernah melakukan kesalahan. Kesalahan terbesar apa yang dilakukan pendiri Microsoft ini?

Dalam sebuah wawancara di Village Global, Bill Gates mengakui kalau kalau kekalahan dari Android adalah kesalahan terbesar yang pernah dibuatnya.

Bill Gates menganggap dengan 'membiarkan' Google meluncurkan Android adalah sebuah kesalahan besar. Kehadiran Android juga dianggap menggusur posisi Microsoft di pasar mobile.

"Kesalahan terbesar yang pernah terjadi adalah.. kesalahan manajemen dan apa pun yang saya lakukan yang menyebabkan Microsoft tidak seperti Android," kata Bill Gates.

"Android adalah platform telepon standar non Apple. Seharusnya menjadi tempat yang dimenangkan Microsoft," lanjutnya.

Apa yang terjadi jika kesalahan ini tidak terjadi? "400 miliar dolar yang akan ditransfer dari perusahaan G (Google) ke perusahaan M (Microsoft)," ucap Bill Gates.

Bill Gates menyoroti kenapa Microsoft yang sehrusnya bisa menguasai platform non-Apple di smartphone. Sama seperti yang terjadi di PC dan MAC.

Microsoft Lumia 640 XL. (Microsoft)
Microsoft Lumia 640 XL. (Microsoft)

 

"Ini (Android) benar-benar menang. (Android) menjadi ruang yang tepat untuk sistem operasi non Apple," ucap Bill Gates.

Meski kalah dari Android, namun Bill Gates mempercayai kalau Microsoft masih kuat. Namun jika tidak ada kesalahan tersebut, ia percaya kalau Microsoft menjadi tak tersaingi.

Seperti diketahui, Microsoft memang pernah membuat sistem operasi untuk perangkat mobile seperti smartphone. Bahkan sejak tahun 2000, Microsoft punya sistem operasi mobile.

Dari Pocket PC yang berevolusi menjadi Windows Mobile. Namun sejak munculnya iOS dan Android di kisaran 2007/2008, Microsoft terhitung terlambat menyikapinya.

Bill Gates. (Twitter/@BillGates)
Bill Gates. (Twitter/@BillGates)

 

Mengutip dari Android Authority, Microsoft baru merespon iOS dan Android dengan Windows Phone 7 di 2010. Sistem operasi mobile serupa dengan Android dan iOS.

Gebrakan Microsoft pun hadir pada 2012 dengan meluncurkan Windows Phone 8. Kehadiran sistem operasi ini juga didukung hadirnya sederet smartphone flagship Nokia dari seri Lumia.

Kemudian pada 2015, Microsoft meluncurkan Windows 10 Mobile sebagai kelanjutan Windows Phone 8. Namun sayangnya, tak berselang lama Microsoft dengan berat menghentikan pengembangan sistem operasi untuk smartphone.

Setelah kesalahan terbesar yang disesali Bill Gates ini, akankah Microsoft kembali masuk ke pasar sistem operasi smartphone dan menyaingi Android?

Berita Terkait