Gadget

Khusus Smartphone, OmniVision Rilis Sensor Kamera 48 MP

Kamera ini sudah dibekali dengan teknologi PureCel Plus yang diklaim oleh OmniVision dapat membuat foto nampak tidak pecah saat pengguna melakukan zoom.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Logo OmniVision. (OmniVision)
Logo OmniVision. (OmniVision)

Hitekno.com - OmniVision sepertinya paham betul keinginan pasar smartphone saat ini yaitu dalam sektor kamera. Sadar dengan hal tersebut, OmniVision belum lama ini merilis sensor kamera 48 MP untuk smartphone.

Sensor kamera 48 MP memang bukan hal yang baru dalam dunia teknologi terutama smartphone. Sebelumnya, Samsung dan Sony sudah merilis smartphone dengan kamera 48 MP.

Melihat rentetan rilisnya, Sony memulai produksi sensor kamera 48 MP untuk IMX586 yang langsung disusul Samsung dengan ISOCELL Bright GM1 48 MP dan beberapa anaknya yang lain.

Tidak ketinggalan, kali ini OmniVision memilih untuk merilis sensor kamera 48 MP dengan besaran piksel mencapai 0,8 micron.

Dilansir dari XDA Developers, kamera ini sudah dibekali dengan teknologi PureCel Plus yang diklaim oleh OmniVision dapat membuat foto nampak tidak pecah saat pengguna melakukan zoom.

Kamera 48 MP buatan OmniVision ini menawarkan berbagai kecanggihan antara lain digital crop zoom, antarmuka DPHY dan CPHY MIPI yang membuat sensor ini dapat digunakan dalam konfigurasi multi-kamera belakang dengan fitur sudut lebar dan telefoto.

Ilustrasi sensor Sony IMX586 40 MP. (Sony Reconsidered)
Ilustrasi sensor Sony IMX586 40 MP. (Sony Reconsidered)

 

Sensor kamera ini juga dilengkapi dengan pixel binning untuk menghasilkan gambar 12 MP dalam kondisi cahaya redup. Tidak ketinggalan, OmniVision membekali sensor ini dengan menyertakan 2x2 microlens PDAF untuk pemfokusan cahaya rendah.

Untuk video, sensor kamera 48 MP dari OmniVision ini mampu menghasilkan kualitas 4K @ 60fps, 2K @ 60 fps, 1080p @ 240fps dan 720p @ 480fps.

Mengenai kapan OmniVision akan merilis sensor kamera 48 MP miliknya ini masih belum diketahui. Sangat diharapkan jika sensor ini akan segera diperkenalkan pada kuartal keempat tahun 2019 ini.

Menurut beberapa sumber sensor kamera 48 MP milik OmniVision ini akan tidak mudah dipasarkan layaknya sensor Sony dan Samsung.

Namun, sensor karya OmniVision ini tetap begitu dinantikan oleh beberapa vendor smartphone, mengingat tren sensor kamera 48 MP sedang tren saat ini.

Berita Terkait