Gadget

Kamu Harus Tahu, Inilah Smartphone Android Pertama Xiaomi

Masih adakah yang ingat dengan smartphone Android pertama Xiaomi ini?

Agung Pratnyawan

Xiaomi Mi 1. (Instagram/ @donovansung)
Xiaomi Mi 1. (Instagram/ @donovansung)

Hitekno.com - Xiaomi dikenal sebagai produsen smartphone Android asal China. Namun tahukah kamu, smartphone Android pertama Xiaomi seperti apa?

Kemarin 12 Juni 2019, juru bicara Xiaomi Global, Donovan Sung membagikan foto smartphone Android pertama pabrikan asal China tersebut.

Sambil mengajak nostalgia, ia mengajak netizen untuk mengenang smartphone Android pertama Xiaomi tersebut. Smartphone apakah itu?

Tidak lain smartphone Android tersebut adalah Xiaomi Mi 1. Xiaomi pertama kali meluncurkan smartphone ini pada 16 Agustus 2011 di China.

Xiaomi Mi 1 ini memiliki desain yang cukup sederhana, namun rasanya masih diturunkan pada smartphone modern mereka. Dan sudah memakai MIUI sebagai bawaan.

Menggunakan MIUI V2.3 yang berbasiskan Android 2.3 Gingerbread. Menariknya, Xiaomi masih mendukung smartphone ini hingga update MIUI V5 yang memakai Android 4.1 Jelly Bean.

Smartphone Android pertama Xiaomi ini ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon S3 dual core 1,5 GHz. Didukung GPU Adreno 220 juga RAM 1 GB dan internal memory 4 GB.

Xiaomi Mi 1. (Instagram/ @donovansung)
Xiaomi Mi 1. (Instagram/ @donovansung)

 

Xiaomi Mi 1 ini memakai layar LCD 4 inci buatan Sharp, namun pada produksi berikutnya ganti Toshiba. Layar ini memiliki resolusi 480 x 854 pixel dengan kerapatan 245 ppi.

Di bagian belakang terdapat kamera 8 MP f/2.4 yang mampu merekam video 1080p/30 fps. Untuk kamera selfie kamu harus puas dengan sensor 2 MP.

Smartphone Xiaomi ini ditenagai baterai 1930 mAh. Menariknya, baterai ini masih bisa dengan mudah dilepas dan diganti. Karena zaman itu belum populer baterai tanam.

Baterai warna orange yang pernah jadi ciri khas merek ini, ternyata sudah digunakan sejak smartphone Android pertama Xiaomi.

Xiaomi Mi 1. (Instagram/ @donovansung)
Xiaomi Mi 1. (Instagram/ @donovansung)

 

Seluruh body smartphone Xiaomi ini jelas didominasi bahan plastik. Menariknya, tombol power masih berada di atas. Bukan di samping bersama tombol volume.

Smartphone ini sangat fenomenal di China sejak pertama dikenalkan. Bahkan Xiaomi mendapatkan 300 ribu pre-order dalam 34 jam pertama.

Pada 2012, Xiaomi meluncurkan smartphone penerus kesuksesan Mi 1. Yaitu Xiaomi Mi 1s yang akhirnya lebih banyak dikenal orang, bahkan secara global.

Itulah smartphone Android pertama Xiaomi yang jadi awal sejarah panjang perusahaan ini. Apakah kamu pernah merasakan memakai smartphone Xiaomi Mi 1 ini?

Berita Terkait