Gadget

Lebih Mudah dan Nyaman Pakai Smartphone Android 9 Pie, Coba 4 Tips Ini

Makin mudah memakai smartphone Android 9 Pie dengan 5 tips ini.

Agung Pratnyawan

Antarmuka Android 9 Pie. (Android)
Antarmuka Android 9 Pie. (Android)

Hitekno.com - Setiah tahunnya, Google selalu memberikan update sistem operasi Android. Sudahkah kamu merasakan Android 9 Pie terbaru?

Android 9 Pie sendiri telah resmi dirilis pada 6 Agustus 2018 lalu. Secara perlahan produsen smartphone Android mulai beralih ke versi ini.

Para produsen smartphone Android juga memberikan update versi ini ke produk lama mereka. Apakah smartphone Android kamu sudah dapatkan Android 9 Pie ini?

Sistem operasi ini memberikan banyak perbaikan dan update ke smartphone Android. Selain itu juga memberikan banyak kemudahan untuk pemakaian.

Dari fitur yang memudahkan navigasi, tampilan makin enak dipandang, hingga menghemat baterai smartphone Android. Juga fitur untuk manajemen file dan sampah lebih mudah.

Berikut ini 4 tips lebih nyaman pakai smartphone Android 9 Pie versi HiTekno.com.

1. Dark Mode

Dark Mode di Android 9 Pie. (HiTekno.com)
Dark Mode di Android 9 Pie. (HiTekno.com)

 

Dark Mode atau mode gelap saat ini sedang jadi tren. Untuk mengaktifkannya, kamu masuk ke Settings > Display > Device Theme > Dark.

Bukan sekadar membuat tampilan lebih nyaman, namun untuk layar tertentu membuatnya jadi hemat baterai. Terutama pengguna layar OLED, Dark Mode membuat baterai tahan lama.

2. Navigasi Gestur

Android 9 PieNavigasi gesture Android 9 Pie. (HiTekno.com)
Android 9 PieNavigasi gesture Android 9 Pie. (HiTekno.com)

 

Banyak Android Custom yang memakai fitur navigasi gestur ala iPhone X. Yaitu dengan swipe tombol home ke atas, kamu bisa masuk ke recent apps.

Cara mengaktifkannya, masuk ke Settings > System > Gestures. Navigasi gesture ini juga membuat ikon tombol home jadi lonjong horizontal.

3. Hapus Junk dan Cache

Storage Management di Android 9 Pie. (HiTekno.com)
Storage Management di Android 9 Pie. (HiTekno.com)

 

Google juga memberikan fitur untuk menghapus junk file dan cache. Kamu tidak lagi membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya lagi.

Kamu akan menemukan fitur hapus junk file dan cache ini di Setting > Storage > Storage Manager. Dengan ini kamu bisa bersih-bersih sampah lebih mudah, dan membuat internal storage lebih lega.

4. WiFi Aktif Secara Otomatis

WiFi otomatis aktif di Android 9 Pie. (HiTekno.com)
WiFi otomatis aktif di Android 9 Pie. (HiTekno.com)

 

Android 9 Pie menjadikan GPS jadi lebih berguna. Salah satunya dengan mengingat lokasi di mana kamu paling sering mengaktifkan jaringan WiFi.

Secara otomatis, WiFi akan menyala jika kamu di lokasi ini. Caranya, masuk ke Settings > Network & Internet > WiFi > WiFi Preferences > Turn on WiFi automatically.

Itulah 4 tips yang membuat pengalaman kamu memakai Android 9 Pie jadi makin lebih asyik dan mudah. Sudah update smartphone Android kamu?

Berita Terkait