Gadget

Review Redmi Note 7, Smartphone Murah Paling Banyak Diburu

Benarkah smartphone Redmi Note 7 menggunakan kamera 48 MP?

Agung Pratnyawan

Smartphone Redmi Note 7. (Mi.com)
Smartphone Redmi Note 7. (Mi.com)

Hitekno.com - Smartphone murah apa yang paling banyak diburu saat ini? Jawabannya Redmi Note 7. Tak heran jika smartphone ini sempat disebut sebagai HP Gaib, karena susah di cari di pasaran. Seperti apa Review Redmi Note 7 ini?

Beberapa waktu lalu, Redmi Note 7 menjadi salah satu topik yang hangat diperbincangkan pecinta gadget di Indonesia.

Maklum, submerek Xiaomi tersebut menjajakan kemampuan kamera 48 MP dalam banderol yang cukup ekonomis, yakni Rp 2,6 juta untuk varian RAM 4/ROM 64 GB.

Lantas, apakah Redmi Note 7 layak untuk mendapatkan tempat di kalangan pecinta fotografi smartphone? Review Redmi Note 7 berikut ini bisa memberikan jawabannya.

Desain

Untuk tampilan luar, Redmi Note 7 terlihat menawan karena menawarkan gradasi warna yang menarik. Apalagi, unit Redmi Note 7 yang singgah di redaksi Suara.com adalah varian Neptune Blue.

Bodi bagia belakang ponsel Redmi Note 7 yang diklaim memiliki kamera utama 48 MP. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Bodi bagia belakang smartphone Redmi Note 7 yang diklaim memiliki kamera utama 48 MP. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Bagian punggung smartphone dibuat dengan proses akhir menggunakan gradient glass 2,5D yang membuat smartphone terlihat kinclong saat dipandang dari berbagai sisi.

Namun, risiko penggunaan gradient glass 2,5D harus dibayar dengan kerentanan terhadap sidik jari pengguna ataupun debu. smartphone mudah kotor saat terkena debu dan meninggalkan bekas sidik jari pengguna saat digenggam.

Cerdiknya, Xiaomi mengatasi masalah tersebut dengan memberikan jelly case untuk melindungi bodi smartphone dalam paket penjualan Redmi Note 7.

Selain itu, bagian belakang smartphone juga menjadi letak untuk penempatan fingerprint dan sepasang kamera ganda, berdampingan dengan LED Flash yang disusun secara vertikal.

Posisi atau pengaturan kamera belakang dan pemindai sidik jari Redmi Note 7 yang diklaim memiliki kamera utama 48 MP. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Posisi atau pengaturan kamera belakang dan pemindai sidik jari Redmi Note 7 yang diklaim memiliki kamera utama 48 MP. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Beranjak ke bagian muka, smartphone terbaru ini mengikuti tren kekinian karena memikiki layar berponi (notch) dengan motif waterdrop.

Desain kamera depan ponsel Redmi Note 7 yang diklaim memiliki kamera utama 48 MP. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Desain kamera depan smartphone Redmi Note 7 yang diklaim memiliki kamera utama 48 MP. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Seperti biasa, sisi kanan dipakai untuk tombol volume dan power. Sedangkan bagian kirinya dipakai untuk slot kartu SIM. Adapun bagian bawah, menjadi tempat untuk lubang speaker, port audio jack 3,5 mm, dan colokan USB Type-C.

Layar

Mengusung layar 6,3 inci beresolusi FHD+, Redmi Note 7 memiliki aspek rasio 19,5:9 atau 81,4 persen dan sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5 untuk menjaga ketahanan layar dari goresan.

Layar Redmi Note 7 yang diklaim memiliki kamera utama 48 MP. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Layar Redmi Note 7 yang diklaim memiliki kamera utama 48 MP. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Di harga smartphone Rp 2 jutaan, masih ada merek lainnya yang aspek rasionya menembus 90 persen. Artinya, Redmi Note 7 bukan menjadi smartphone murah dengan bezel tertipis di kelasnya.

Performa

Di atas kertas, Redmi Note 7 ditenagai prosesor octa-core Qualcom Snapdragon 660 AIE berkecepatan 2,2 GHz yang dikawinkan dengan GPU Adreno 512, RAM 4 GB, dan memori internal 64 GB.

Kombinasi dapur pacu tersebut berimbas besar saat dipakai untuk bermain game, mulai dari game enteng seperti Mobile Legends, hingga game berat semisal PUBG Mobile.

Skor hasil uji benchmark menggunakan aplikasi Antutu pada Redmi Note 7, ponsel yang diklaim memiliki kamera utama 48 MP. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Skor hasil uji benchmark menggunakan aplikasi Antutu pada Redmi Note 7, smartphone yang diklaim memiliki kamera utama 48 MP. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Hasilnya, kedua game tersebut mulus saat dimainkan dalam pengaturan grafis lumayan tinggi.

Namun, Xiaomi tidak membekali Redmi Note 7 dengan mode game, beda dengan vendor lainnya yang menyertakan mode game untuk memaksimalkan perangkat untuk bermain game.

Mungkin karena alasan inilah smartphone murah ini lumayan terasa panas saat dipakai bermain game dalam waktu yang lama.

Beralih ke bagian user interface, MIUI 10 berbasis sistem operasi Android 9 Pie terpasang pada perangkat. Antarmuka tersebut membawa pilhan tema menarik yang dapat diterapkan di smartphone, agar pengguna tidak merasa bosan dengan tema yang monoton.

Selain itu, MIUI 10 berbasis Android 9 Pie ini memberikan pilihan navigasi kepada penggunanya, yaitu menggunakan navigation bar atau tidak.

Jika memilih untuk tidak menggunakan navigation bar, pengguna memerlukan gestur untuk melakukan navigasi di smartphone.

Misalnya, menggeser (swipe) dari bagian kiri layar untuk tombil kembali, geser dari bawah bagian layar untuk kembali ke menu home, dan lain-lain.

Sementara untuk teknisnya, aplikasi benchmark AnTuTu memberikan skor 142118 kepada Redmi Note 7, angka yang cukup tinggi di kelasnya.

Kamera
Inilah fitur yang diunggulkan Redmi Note 7 yang sekaligus menuai kontroversi.

Pasalnya, dalam label kamera belakang Redmi Note 7 tertera tulisan "48 MP AI Dual Camera". Padahal secara teknis, chip Qualcomm Snapdragon hanya mampu menjalankan kamera dengan batas resolusi 24 MP.

Lalu, apa yang membuat Xiaomi berani mengklaim smartphone besutannya ini berkekuatan 48 MP? Simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

Pada dasarnya, Redmi Note 7 memiliki kamera belakang ganda dengan komposisi 12 MP (kamera utama) dan 5 MP (depth effect atau bokeh).

Untuk mengaktifkan kamera '48 MP', pengguna harus menggeser mode kamera auto ke bagian Pro sebelum memotret.

Hasil foto Redmi Note 7 menggunakan mode Pro, yang mengaktifkan software kamera 48 MP. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Hasil foto Redmi Note 7 menggunakan mode Pro, yang mengaktifkan software kamera 48 MP. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Artinya, hasil foto 48 MP hanyalah olahan software yang menggabungkan 4 layer gambar yang sama dari kamera 12 MP agar mendapatkan hasil foto terbaik. Secara matematis, 12 x 4 layer = 48 MP.

Hasil foto Redmi Note 7 menggunakan mode Auto tanpa yang mengaktifkan software kamera 48 MP. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Hasil foto Redmi Note 7 menggunakan mode Auto tanpa yang mengaktifkan software kamera 48 MP. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Jadi, bisa dibilang kalau embel-embel kamera 48 MP pada Redmi Note 7 hanyalah gimmick belaka untuk mendongkrak penjualan smartphone murah ini.

Hasil foto lebih baik justru terlihat saat smartphone ini dipakai untuk memotret pada malam hari. Teknologi AI yang terpasang pada kamera Redmi Note 7 menghasilkan foto low light yang cukup memuaskan.

Hasil foto Redmi Note 7 menggunakan dalam kondisi minim cahaya. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Hasil foto Redmi Note 7 menggunakan dalam kondisi minim cahaya. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Beralih ke bagian kamera depan, Xiaomi membenamkan kamera beresolusi 13 MP tanpa adanya tambahan LED Flash. Meski begitu, bolehlah Redmi Note 7 diacungi jempol jika berbicara soal kamera selfie.

Hasil foto kamera depan Redmi Note 7. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Hasil foto kamera depan Redmi Note 7. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Baterai

Sumber daya Redmi Note 7 berasal dari baterai 4.000 mAh yang disebut-sebut sudah mendukung teknologi Qualcomm Quick Charge 4.

Untuk mengisi daya dari 5 persen hingga 100 persen, smartphone ini memerlukan waktu sekitar 2 jam lebih, termasuk lama jika dibandingkan dengan smartphone lain di segmen ini, seperti Realme 3, yang bisa mengecas penuh hanya dalam durasi kurang dari 100 menit.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Redmi Note 7 menawarkan performa yang seimbang. Bicara kinerja, smartphone ini cukup bisa diandalkan dan dapat menjadi perangkat untuk menemani rutinitas sehari-hari.

Namun saat bicara soal kamera, Redmi Note 7 berlindung di balik gimmick kamera 48 MP. Dengan mahar Rp 2.599.000, masih ada smartphone lain yang memberikan hasil foto yang lebih baik ketimbang smartphone murah ini.

Itulah review Redmi Note 7 yang disebut-sebut sebagai smartphone murah paling banyak diburu orang. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait