Gadget

Mendominasi Pengiriman Smartphone Global, Smartphone China Pepet Samsung

Catat pertumbuhan luar biasa, akankah Huawei mengudeta Samsung?

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Huawei P30 Pro membuat pangsa pasar Huawei meningkat drastis. (Huawei)
Huawei P30 Pro membuat pangsa pasar Huawei meningkat drastis. (Huawei)

Hitekno.com - Jika 10 tahun yang lalu ada sebagian orang meremehkan smartphone China, kini sepertinya tidak akan ada lagi. Bagaimana tidak, data pengiriman smartphone global terbaru membuktikan bahwa smartphone China semakin mendominasi pasar.

Dari 6 besar pengiriman smartphone global, 4 di antaranya diduduki oleh smartphone China (Huawei, Xiaomi, Oppo dan Vivo).

Data survei dari IDC (International Data Corporation) mengungkapkan bahwa pengiriman smartphone China telah meningkat selama 5 tahun terakhir.

Itu membuat mereka dengan leluasa memepet pemain besar lainnya seperti Apple dan Samsung.

Tak hanya memepet, data pengiriman smartphone global kuartal pertama (Q1) 2019, mengungkapkan bahwa Huawei telah mengalahkan Apple.

Pada Q1 2019, Huawei berhasil meraih pangsa pasar 19 persen dan mengalahkan Apple di posisi ketiga dengan pangsa pasar 11,7 persen.

Data pengiriman smartphone global kuartal pertama 2019. (IDC)
Data pengiriman smartphone global kuartal pertama 2019. (IDC)

 

Huawei bahkan memepet Samsung yang masih kokoh di peringkat pertama dengan pangsa pasar 23,1 persen.

Secara kesuluruhan, pengiriman smartphone di Q1 2019 berkurang menjadi 310,8 juta dibandingkan dengan Q1 2018 yang sebanyak 332.7 juta.

Berdasarkan pertambahan pangsa pasar smartphone global, Huawei mencatat pertumbuhan positif 50,3 persen dari tahun ke tahun (YoY).

Vivo juga sangat positif dengan mencatatkan pertumbuhan 24 persen YoY.

Di sisi lain, Samsung, Apple, Xiaomi dan Oppo berkurang pangsa pasarnya menjadi -8.1 persen, -30.2 persen, -10.2 persen dan -6 persen dibandingkan Q1 2018.

Grafik pangsa pasar pertumbuhan smartphone global. (IDC)
Grafik pangsa pasar pertumbuhan smartphone global. (IDC)

 

Dikutip dari Gizmochina, pertumbuhan pangsa pasar yang sangat menggembirakan dari Huawei disebabkan karena Huawei P30 dan P30 Pro sangat diterima pasar.

''Semakin jelas bahwa Huawei berfokus pada pertumbuhan di pasar smartphone, perangkat flagship mereka berhasil membuktikannya. Pasar smartphone secara keseluruhan terus menantang di hampir semua wilayah, namun Huawei mampu meningkatkan pengiriman hingga 50 persen, tidak hanya menempati peringkat dua, tetapi juga berhasil menemukan celah pada pasar Samsung,'' kata Vice President IDC, Ryan Reith.

Tahun 2019 akan menjadi pembuktian akankah Samsung dapat mempertahan pasar smartphone global atau mungkin Huawei yang memberikan kejutan dan merebutnya.

Berita Terkait