Gadget

Qualcomm QCS400, Inilah Chipset Canggih untuk Speaker Pintar

Chipset Qualcomm QCS400 series makin membuat speaker pintar berkinerja lebih baik.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi logo Qualcomm. (Seeking Alpha)
Ilustrasi logo Qualcomm. (Seeking Alpha)

Hitekno.com - Teknologi smart speaker atau speaker pintar akan semakin berkembang dengan pengumuman chipset baru. Raksasa produsen chipset mobile ini baru saja mengumumkan bahwa mereka akan segera memasarkan chipset Qualcomm QCS400 series.

Chipset tersebut diklaim dapat menghadirkan audio imersif yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan (AI) di dalam perangkat.

Kombinasi di atas dapat menghadirkan pengalaman audio yang lebih baik dibandingkan dengan speaker konvensional lainnya.

Qualcomm mengklaim bahwa chipset QCS400 series akan menawarkan ''kualitas audio yang lebih baik, masa pakai baterai optimal, dan kontrol suara generasi selanjutnya yang lebih baik''.

Qualcomm QCS400 series. (Qualcomm)
Qualcomm QCS400 series. (Qualcomm)

 

Berikut 3 keunggulan utama dari chipset Qualcomm QCS400 series:

  1. Peningkatan dalam voice UI dengan waktu respon yang lebih cepat untuk perintah suara. Deteksi perintah suara akan lebih akurat meski perangkat berada di lingkungan yang bising.
  2. Kualitas suara akan terdengar lebih mendalam berkat teknologi mutakhir. Qualcomm membenamkan dukungan Dolby Atmos dan DTS: X untuk pengalaman audio seperti di bioskop.
  3. Konektivitas multi-channel yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan beberapa speaker bersama-sama. Itu dikombinasikan dengan kinerja yang lebih baik dan masa pakai baterai yang optimal.

 

Ilustrasi speaker pintar. (Mobile Syrup)
Ilustrasi speaker pintar. (Mobile Syrup)


Dikutip dari Gizmochina, chipset QCS 400 termasuk QCS403 dan QCS404 yang dirancang untuk smart assistant dan speaker pintar.

Chipset yang pertama adalah SoC dual-core sedangkan yang kedua adalah SoC quad-core. Kedua chipset tersebut memiliki clock speed yang menacapai 1.4 GHZ, dukungan Bluetooth 5.1, dan protokol Zigbee.

Terdapat juga chipset Qualcomm QCS400 untuk soundbar, home theater, dan speaker pintar. Sementara chipset keempat adalah QCS407 untuk AVRs (audio/video receivers).

Kedua chipset di atas memiliki CPU quad-core. Mereka juga memiliki CPU AIE quad-core, GPU Adreno 306, dan 2x Qualcomm Hexagon DSP yang tidak dimiliki QCS403 dan QCS404.

Qualcomm QCS400 adalah satu-satunya dari keempat chipset yang mendukung hingga 32 saluran audio, sisanya maksimal pada 12.

Dengan adanya peluncuran chipset QCS 400 series, Qualcomm sepertinya makin membuat mereka mengembangkan sayapnya ke sebagian besar perangkat pintar.

Berita Terkait