Gadget

Tercyduk, Iklan Huawei P30 Curang Pakai Foto Kamera Lain

Waduh, ekspetasi besar terhadap kamera Huawei P30 bisa-bisa turun karena ini.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Menjelang peluncurannya yang kurang dari 2 minggu lagi, Huawei P30 gemar dipromosikan akhir-akhir ini. Huawei dengan percaya diri mempromosikan gambar-gambar menakjubkan yang diisyaratkan diambil dari kamera Huawei P30.

Melalui akun resmi mereka di Weibo, Huawei mengklaim bahwa gambar yang diambil dengan Huawei P30 series akan sama persis dengan gambar yang mereka bagikan.

Salah satu netizen bernama Farid Saiyed berhasil ''mencyduk'' Huawei mengenai foto-foto menakjubkan yang sudah mereka promosikan di internet.

Ternyata foto-foto menakjubkan tersebut tidak diambil dengan smartphone Huawei P30 atau Huawei P30 Pro meskipun kampanye pemasaran sangat menyiratkan sebaliknya.

Netizen tersebut menemukan bahwa salah satu gambar ada di dalam portofolio fotografer profesional.

Tak perlu dikatakan lagi, foto menakjubkan itu diambil dari hasil jepretan milik Jake Olson, yang tentunya menggunakan kamera DSLR.

Dalam copyright-nya tertulis bahwa foto menakjubkan itu diambil dari tahun 2015.

Kumpulan poster Huawei P30 yang dipromosikan. (Weibo)
Kumpulan poster Huawei P30 yang dipromosikan. (Weibo)

 

Hal itu sangat membingungkan karena Huawei P30 akan diluncurkan di tahun ini dan belum ada di tahun 2015.

Foto gunung berapi yang meletus dan berada dalam iklan Huawei P30 ternyata telah diambil hampir satu dekade lalu yaitu tahun 2009.

Dikutip dari GSM Arena, dalam bocoran sebelumnya mengatakan bahwa Huawei P30 akan datang dengan kamera zoom periskop yang mendukung setidaknya 5X optical zoom.

Bahkan salah satu seri smartphone Huawei P30 dikabarkan akan mendukung 10x optical zoom. 

Bocoran lainnya adalah Huawei P30 dapat mendukung resolusi kamera maksimum sebesar 40 MP dengan 5x loseless zoom.

Kamera depan smartphone Huawei P30 akan memiliki sensor selfie sebesar 24 MP. 

Kedua perangkat, akan didukung dengan chipset Kirin 980 dan Huawei P30 Pro memiliki versi 5G-nya.

Di dalam situs 3C, Huawei P30 akan memiliki fitur fast charging 22,5 W sedangkan Huawei P30 Pro memiliki fitur fast charging 40 W.

Meski Huawei sepertinya ingin menginspirasi calon konsumennya menggunakan gambar-gambar menakjubkan, terciduknya Huawei pastinya akan berpengaruh pada persepsi publik.

Namun mengingat smartphone pendahulu mereka (Huawei P20 Pro) memiliki kamera yang sangat mumpuni, tidak ada salahnya kita berharap Huawei P30 series memiliki kemampuan serupa terlepas dari kasus promosinya.

Berita Terkait