Gadget

Beda dengan India, Realme 3 di Indonesia Pakai Chipset Lebih Rendah

Dengan chipset lebih rendah, apakah harga Realme 3 di Indonesia lebih murah?

Agung Pratnyawan

Realme 3. (Realme)
Realme 3. (Realme)

Hitekno.com - Smartphone Realme 3 dipastikan akan meluncur ke Indonesia pada 12 Maret 2019 mendatang. Sebelumnya smartphone ini sudah hadir lebih dulu di India.

Yang sangat disayangkan, Realme 3 di Indonesia berbeda dengan versi yang ada di India. Perbedaannya ada di penggunaan chipset.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (4/3/4/2019), Realme memang merinci sedikit spesifikasi dari jagoan barunya di Tanah Air itu.

''Kami akan membawa versi global Realme 3 menggunakan prosesor MediaTek Helio P60 ke Indonesia,'' ujar Josef Wang, Marketing Director Realme Asia Tenggara.

Dengan demikian, prosesor Realme 3 yang akan diluncurkan di Indonesia lebih rendah ketimbang varian yang diluncurkan di India. Realme 3 di India dipacu MediaTek Helio P70.

Realme 3. (Realme)
Realme 3. (Realme)

 

Menurut GSM Arena, Chipset MediaTek Helio P60 dan MediaTek Helio P70 pada Realme sebenarnya tak memiliki perbedaan besar.

Keduanya sama-sama berisikan prosesor octa-core atau berinti delapan, yang terdiri dari empat inti A73 dan empat inti A53.

Bedanya, pada MediaTek Helio P70 kecepatan empat inti A73 dinaikkan hingga ke 100MHz, sehingga CPU Helio P70 memiliki kecepatan 2,1 GHz.

Sementara intin A73 pada MediaTek Helio P60 memiliki kecepatan 2,0GHz. Adapun empat inti A53 baik pada P60 maupun P70 sama-sama berlari di kecepatan 2,0GHz.

Baik MediaTek Helio P70 maupun MediaTek Helio P60 juga memiliki algoritma dan fitur kecerdasan buatan yang sama. Namun punya performa yang berbeda.

Realme 3. (Realme)
Realme 3. (Realme)

 

Smartphone Realme 3 akan diotaki sistem operasi Android 9.0 Pie, yang dipadukan dengan ColorOS versi terbaru.

Sistem operasi itu, klaim Wang, merupakan sistem operasi sederhana nan ringan, sehingga memberikan keseimbangan performa software dan hardware.

Seperti pendahulunya, Realme 2, ponsel terbaru ini juga dibekali baterai berkapasitas 4.230 mAh. Belum diketahui berapa harga smartphone Realme 3 di Indonesia.

Realme sendiri optimistis bahwa mereka akan mampu menjual lebih dari 15.000 unit smartphone Realme 3 pada penjualan perdananya nanti. (Suara.com/ Tivan Rahmat)

Berita Terkait