Gadget

Waduh, Nokia 9 PureView Meneror Pengidap Trypophobia

Bentuk kamera belakang Nokia 9 PureView bikin pengidap trypophobia ketakutan.

Agung Pratnyawan

Nokia 9 PureView. (HMD Global)
Nokia 9 PureView. (HMD Global)

Hitekno.com - Smartphone Nokia 9 PureView yang diluncurkan di Mobile World Congres (MWC) 2019 memang menyita perhatian banyak orang. Namun ternyata, lima kamera di bagian belakangnya bermasalah dengan pengidap Trypophobia.

Bentuk lima kamera belakang smartphone Nokia 9 PureView ini dapat membuat pengidap Trypophobia ketakutan. Bahkan mereka merasa di teror oleh kamera belakang smartphone ini.

Seperti diwartakan sebelumnya, smartphone Nokia 9 Pureview hadir dengan lima kamera belakang dan sebuah lampu flash, yang disusun dalam formasi mirip lingkaran.

Tetapi formasi kamera-kamera yang disusun agak rapat itu rupanya menakutkan bagi para pengidap Trypophobia - orang-orang yang fobia terhadap lubang dalam jumlah besar.

Sebuah studi pada 2016 menunjukkan bahwa sekitar 16 persen orang dewasa mengidap fobia ini.

Belum diketahui pasti apa pemicu ketakutan terhadap lubang-lubang kecil itu. Sebagian peneliti berteori bahwa ketakutan akan lubang-lubang tersebut karena mirip dengan pola yang dimiliki hewan berbahaya.

Nokia 9 PureView. (YouTube/Nokia Mobile)
Nokia 9 PureView. (YouTube/Nokia Mobile)

 

Sementara ilmuwan lain menduga ketakutan akan lubang-lubang kecil itu dipicu oleh rasa jijik atau takut akan sebuah penyakit.

Tak sekadar isapan jempol belaka, warganet yang mengidap Trypophobia pun mengungkapkan ketakutannya via jejaring sosial Twitter.

''Hey Nokia, tolong dong googling dulu sebelum mendesain smartphone baru. smartphone ini ada di banyak situs teknologi, membuatku terserang panik,'' tulis seorang warganet.

''Foto-foto Nokia 9 itu seharusnya ada peringatannya soal Trypophobia. Aku merasa tidak nyaman ketika melihatnya,'' sambung warganet lainnya.

Meskipun menakutkan bagi sebagian orang, namun smartphone Nokia 9 PureView mendapat sambutan cukup baik di MWC 2019.

Nokia 9 PureView. (HMD Global)
Nokia 9 PureView. (HMD Global)

 

Digerakkan oleh prosesor Snapdragon 845, RAM 6 GB, dan memori internal 128 GB, smartphone ini juga memiliki fitur water ressistance. smartphone ini juga dilengkapi fitur pemindai sidik jari di bawah layar.

Selain itu, kelima lensa kameranya bukan hanya gimmick saja karena menggunakan optik Zeiss dan resolusinya masing-masing 12 MP. Sedangkan kamera depannya berkekuatan 20 MP.

Smartphone Nokia 9 PureView ini telah terlanjur diluncurkan. Apa yang bisa dilakukan untuk tidak membuat pengidap Trypophobia ketakutan? (Suara.com/Tivan Rahmat)

Berita Terkait