Gadget

Google Pixel 3 Buktikan Dark Mode Hemat 50 Persen Baterai, Kok Bisa?

Cuma membuat tampilan jadi gelap, baterai smartphone jadi tahan lama.

Agung Pratnyawan

Poni Google Pixel 3 XL. (hitekno.com)
Poni Google Pixel 3 XL. (hitekno.com)

Hitekno.com - Google sebelumnya telah mengungkap keampuhan Dark Mode untuk hemat baterai. Bahkan smartphone Google Pixel 3 mensimulasikan mode ini bisa hemat 50 persen baterai.

Fitur dark mode ini sedang dikembangkan Google untuk Android Q mendatang. Dengan fitur ini diharapkan bisa membuat baterai smartphone tahan lama.

Untuk bisa membuktikannya, fitur dark mode PhoneArena mencobanya pada smartphone Google Pixel 3 untuk melihat seberapa hemat baterai.

Dark Mode di Google Pixel 3, (PhoneArena)
Dark Mode di Google Pixel 3, (PhoneArena)

Dari hasil pengujian PhoneArena, diketahui dark mode pada Android Q bisa membuat smartphone hemat baterai hingga 50 persen dibandingkan mode biasa.

Dalam pengujian ini, dilakukan beberapa tugas seperti membuka phone book, dial, recent call list, setting menu, quick searching dengan Google dan berbagai hal lain.

Hasil pengukuran pemakaian dayanya menunjukkan untuk penggunaan aplikasi basic ini, Google Pixel 3 mampu lebih hemat daya hingga 30 persen ketika dark mode dihidupkan.

Dark mode ini juga berdampak pada konsumsi daya untuk aplikasi pihak ketiga. Pemakaian aplikasi pihak ketiga bisa di mode ini bisa hemat daya hingga 20 persen.

Facebook Messenger yang terang dengan background warna putihnya bisa hemat hingga 20 persen pemakaian daya setelah mengaktifkan dark mode.

Konsumsi daya dengan Dark Mode di Android Q. (PhoneArena)
Konsumsi daya dengan Dark Mode di Android Q. (PhoneArena)

Dengan dark mode pada aplikasi ini, juga membuat daya tahan baterai meningkat hingga 14,8 persen. Padahal hanya mengubah tampilannya menjadi lebih gelap.

Dari hasil pengujian ini, terungkap kalau tulisan hitam pada latar belakang putih jauh lebih memakan daya. Mengubahnya jadi hitam membuat smartphone hemat baterai.

Dark mode ini memang baru diuji coba di Google Pixel 3, namun ke depannya bakal digunakan di Android Q untuk membuat baterai smartphone tahan lama.

Berita Terkait