Gadget

Jangan Salah Beli, Ini 5 Tips Pilih Smartphone Murah Berkualitas

Smartphone murah pasti murahan? Tidak juga!

Agung Pratnyawan

iPhone 5s dan Xiaomi Redmi 4X. (Hitekno.com).
iPhone 5s dan Xiaomi Redmi 4X. (Hitekno.com).

Hitekno.com - Ingin beli smartphone tapi punya budget terbatas? Pasti carinya smartphone murah berkualitas. Namun tak jarang yang terjebak harga, maunya murah malah jadi masalah.

Smartphone murah memang banyak bertebaran di pasar. Dari harga di bawah Rp 1 juta pun ada. Namun tak mudah mendapatkan smartphone murah berkualitas.

Niatnya cari murah, tapi baru beberapa bulan sudah tak bisa mengikuti perkembangan zaman. Sudah tak bisa memainkan aplikasi terbaru.

Realme C1 vs Meizu C9. (Hitekno.com)
Meizu C9 vs Realme C1. (Hitekno.com)

 

Alhasil niatnya cari smartphone murah namun susah yang didapatkan. Bisakah mendapatkan smartphone murah berkualitas di pasar? Bisa dong!

Berikut ini 5 tips mendapatkan smartphone murah berkualitas yang membuatmu tidak menyesal membelinya.

1. Cari Tahu

Smartphone Android One. (Android)
Smartphone Android One. (Android)

 

Tentukan berapa budget kamu untuk membeli smartphone, misalnya maksimum Rp 2 juta. Setelah itu cari daftar smartphone yang masuk dalam harga tersebut.

Carilah smartphone apa saja yang harganya berada di kisaran atau mendekati budget kamu. Fokuslah pada daftar smartphone ini.

2. Kapasitas RAM Bukan Jaminan

Asus Zenfone 4 Selfie. (Erafon)
Asus Zenfone 4 Selfie. (Erafon)

 

Banyak yang salah mengartikan RAM besar pasti ngebut. Padahal RAM bukan faktor penentu performa sebuah smartphone.

Namun bukan berarti RAM tidak penting. Makin besar RAM makin banyak aplikasi yang bisa dibuka bersamaan. Walau bukan berarti lebih kencang.

Untuk saat tulisan ini dibuat, RAM 2 GB sudahlah cukup. Namun untuk lebih aman beberapa tahun ke depan, pilih RAM minimal 3 GB.

3. Chipset Berkualitas

Qualcomm Snapdragon. (Qualcomm).
Qualcomm Snapdragon. (Qualcomm).

 

Untuk saat ini, ada dua produsen chipset yang banyak di pakai. Yaitu Qualcomm dengan Snapdragon dan MediaTek dengan Helio. Ada pula Samsung Exynos dan Huawei Kirin.

Merek chip bukan penentu mana lebih baik dari mana. Tapi setiap merek chip punya seri di masing-masing kelas. Jangan cuma berpatok pada satu merek saja.

Chipset inilah penentu paling penting dari performa sebuah smartphone. Cari tahu chipset yang dipakai ada di kelas apa, low-end atau chipset flagship.

4. Kapasitas Baterai dan Charger

Baterai Asus ZenFone Max Pro M2. (HiTekno.com)
Baterai Asus ZenFone Max Pro M2. (HiTekno.com)

 

Kapasitas baterai penting untuk memastikan smartphone kamu tetap menyala seharian tanpa harus sebentar-sebentar mengisi daya.

Banyak smartphone murah memberikan baterai besar, namun tidak dilengkapi charger yang kencang. Alhasil, pengisian dayanya akan lama.

5. Kamera

Asus Zenfone Max Pro M2. (Asus)
Asus Zenfone Max Pro M2. (Asus)

 

Untuk memilih kamera, resolusi dan jumlah kamera bukanlah segalanya. Cari tahu seperti apa hasil kamera smartphone yang kamu incar.

Smartphone murah bukan berarti tak memiliki kamera bagus. Coba cari tahu seperti apa hasil kameranya. Bisa dari meminjam smartphone teman atau cari review di internet.

Itulah 5 tips mencari smartphone murah berkualitas agar tidak menyesal setelah beli. Semoga bermanfaat dan membantu cari smartphone terbaik untukmu.

Berita Terkait