Gadget

Pakai Asisten Digital di iPhone, Bocah 4 Tahun Ini Selamatkan Ibunya

Apple kembali membuktikan diri sebagai perangkat yang memberikan pelayanan terbaiknya.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Bocah 4 tahun selamatkan ibunya. (twitter/WelshAmbulance)
Bocah 4 tahun selamatkan ibunya. (twitter/WelshAmbulance)

Hitekno.com - Belum lama ini, seorang bocah berusia 4 tahun melakukan aksi heroik ketika berhasil menyelamatkan ibunya yang tidak sadarkan diri. Memanfaatkan kecanggihan teknologi, bocah ini menggunakan asisten digital Siri di iPhone untuk adegan penyelamatannya.

Kisah ini pertama kali dibagikan akun @WelshAmbulance di Twitter pada Jumat (14/12/2018).

''We've been to see Jess Austin today, who's recovering now thanks to the bravery of her 4-year-old son Beau who used Siri to call 999 - and call handler Ashley who took the call''

''Hari ini kami berkunjung untuk menemui Jess Austin yang baru saja sembuh berkat keberanian anak laki-lakinya yang berusia 4 tahun bernama Beau yang menggunakan Siri untuk menghubungi 999 - dan ditangani oleh Ashley.'' tulis caption dalam cuitan tersebut.

Bocah berusia 4 tahun bernama Beau Austin asal Pembrokeshire, South Wales ini menemukan ibunya, Jess Austin yang pingsan setelah mendapat efek samping obat yang ia minum.

Bocah 4 tahun selamatkan ibunya. (twitter/WelshAmbulance)
Bocah 4 tahun selamatkan ibunya. (twitter/WelshAmbulance)

 

Beau Austin yang sudah sering menggunakan asisten digital Siri dan Alexa ini langsung berinisiatif untuk meminta bantuan Siri di iPhone milik ibunya. Ia langsung menghubungi nomor darurat Inggris, 999.

Sesaat setelah terhubung dengan pusat bantuan, Beau mengaku jika ibunya sakit. Sempat sadar, ibunya mencoba untuk memberikan informasi mengenai alamat rumahnya sebelum kemudian jatuh pingsan lagi.

Tidak butuh waktu lama, mobil ambulans langsung tiba dan membawa Beau dan ibunya ke rumah sakit terdekat.

Setelah membaik, ibu Beau mengaku jika ia sangat kagum dengan keberanian anak laki-laki berusia 4 tahun ini.

Sedangkan Beau menyampaikan bahwa dirinya belajar banyak dari siaran TV dan YouTube mengenai cara penggunaan Siri untuk meminta bantuan dalam kondisi darurat.

Apple SIRI [sophosnews].
Apple SIRI. (sophosnews)

 

Apple memang sukses memberikan pelayanan maksimalnya melalui layanan darurat Siri. Fitur ini bahkan meningkatkan kemampuannya untuk memberikan bantuan secepat mungkin bagi penggunanya dengan update terbaru dari iOS 12.

Di Amerika Serikat, iOS 12 bekerja sama dengan layanan darurat untuk mendapatkan lebih banyak data dari panggilan 911 melalui teknologi RapidSOS.

Sedikit throwback ke 2017 lalu, fitur SOS Apple Watch membantu dalam keadaan darurat saat penggunanya mengalami kecelakan.

Belum lama ini, pada Senin (17/12/2018) iPhone mendapat peran penting usai membantu penyelamatan 8 orang dalam sebuah tragedi kapal karam di lepas pantai Jepang.

Kejadian yang dialami Beau, si bocah berusia 4 tahun yang menyelamatkan ibunya dengan menggunakan Siri ini membuat Apple kembali membuktikan diri sebagai perangkat yang memberikan pelayanan terbaiknya.

Berita Terkait