Gadget

Sering Dianggap Sama, Intip Perbedaan Deretan Aksesori Audio Ini

Serupa tapi berbeda.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi. (pexels/Penda Kamati)
Ilustrasi. (pexels/Penda Kamati)

Hitekno.com - Pengguna smartphone pasti sudah tidak asing dengan deretan aksesori audio seperti headset, headphone, earphone, dan handsfree. Tidak jarang, kamu pasti suka salah menebak nama dari aksesori-aksesori ini. Padahal, keempatnya jelas sangat berbeda.

Pada dasarnya, keempatnya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mendengarkan suara dari perangkat elektronik seperti smartphone, laptop, hingga komputer.

Sangat membantu, kehadiran aksesori audio ini untuk beberapa orang sangat dibutuhkan untuk memperlancar aktivitas serta membuat fokus penggunanya.

Agar tidak semakin salah kaprah, berikut tim HiTekno punya penjelasan mengenai perbedaan keempat aksesori audio ini.

Headphone. (pexels/SplitShire)
Headphone. (pexels/SplitShire)

Yang pertama, headphone. Kegunaannya sama dengan aksesori audio lainnya, headphone rupanya hanya dapat digunakan untuk mendengarkan saja, bukan untuk melakukan komunikasi.

Kualitas suara headphone bagus, mengingat aksesori ini digunakan secara khusus untuk mendengarkan audio. Sudah pasti kualitas yang ditawarkan akan sangat baik.

Headset. (pexels/Public Domain Pictures)
Headset. (pexels/Public Domain Pictures)

Kedua, headset. Berbeda dengan headphone, headset rupanya dapat digunakan untuk melakukan komunikasi karena ada tambahan mikrofon di badannya.

Saat melakukan Skype, call center, dan video call, headset adalah pilihan aksesori yang tepat. Biasanya, headset dibuat dengan 2 jack audio yang masing-masing berguna untuk mikrofon dan speaker.

Earphone. (pexels/Porapak Apichodilok)
Earphone. (pexels/Porapak Apichodilok)

Selanjutnya, earphone. Soal kegunaan, earphone dan headphone tidak jauh berbeda. Secara bentuk, earphone dibuat lebih mungil dan gampang dibawa ke mana saja.

Untuk yang sering menggunakan perangkat mobile, kamu pasti sudah tidak asing dengan earphone.

Handsfree. (pexels/Picjumbo)
Handsfree. (pexels/Picjumbo)

Yang terakhir, handsfree. Berbentuk jauh lebih kecil dari earphone, handsfree ini didesain dengan mikrofon dan tombol fungsi. Tombol fungsi ini digunakan untuk menaikan dan menurunkan volume serta menerima dan memutus panggilan.

Melihat dari perkembangan zamannya, handsfree sepertinya akan segera menggeser beberapa aksesori audio yang lain. Apalagi dengan banyaknya developer yang merilis smartphone dengan bluetooth handsfree yang praktis dan mudah digunakan.

Itu tadi perbedaan deretan aksesori audio, semoga setelah ini kamu tidak salah membedakan keempatnya ya.

Berita Terkait