Gadget

Update iOS 12.1, Apple Siapkan Puluhan Emoji dan Perbaiki Bagel

Emoji makin imut dan rotinya makin lezat.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi emoji Apple. (iDownloadBlog)
Ilustrasi emoji Apple. (iDownloadBlog)

Hitekno.com - Kekecewaan pengguna iOS terbaru termasuk pada perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch adalah tidak bisa menambahkan emoji tertentu. Namun tenang saja, Apple menyiapkan puluhan emoji baru pada update iOS 12.1.

Laporan terbaru menyatakan bahwa Apple setidaknya akan menambah 70 emoji baru kepada perangkat lunak populernya dalam update 12.1 mendatang.

Mereka akan menambah emoji yang cukup populer seperti: topi pesta, streamer, angsa, ilama, roti bagel, dan cupcake.

Emoji dengan variasi orang juga ditambahkan. Pengguna perangkat Apple dapat menambahkan lebih banyak pilihan emoji orang seperti orang dengan warna rambut tertentu.

Mereka dapat menambahkan pilihan warna rambut merah, rambut abu-abu, dan rambut keriting. Tak hanya itu, terdapat emoji baru khusus menggambarkan orang-orang botak.

Emoji yang disiapkan pada update iOS 12.1. (Apple)
Emoji yang disiapkan pada update iOS 12.1. (Apple)

Emoji baru ini tak terlalu mengejutkan, pasalnya Unicode Consorsium selaku organisasi nirlaba yang yang memberikan standar emoji dan teks telah memberikan pengumuman sebelumnya.

Organisasi tersebut mengumumkan 157 emoji baru pada awal tahun ini termasuk hewan dan variasi rambut yang disebutkan di atas.

Apple mengumumkan bahwa mereka akan menambahkan beberapa emoji baru pada bulan Juli 2018 pada Hari Emoji Dunia.

Emoji yang disiapkan pada update iOS 12.1. (Apple)2
Emoji yang disiapkan pada update iOS 12.1. (Apple)

Mereka berjanji akan bekerja sama dengan Konsorsium untuk menambahkan lebih banyak emoji bertema disabilitas sebagai update Unicode di tahun 2019.

Apple belum mengumumkan kapan tepatnya update 12.1 dirilis secara ''full version''. Dikutip dari Techradar, perilisan iOS 12.1 kemungkinan akan diluncurkan bertepatan dengan penjualan iPhone XR secara resmi yaitu pada tanggal 26 Oktober 2018.

Dalam update iOS 12.1 Beta, terdapat beberapa protes dari pengguna terkait dengan emoji bagel. Mereka menilai bahwa bagel terlihat terlalu polos dan tak menyerupai roti bagel di Negara Barat.

Update Emoji Bagel. (Twitter/ JeremyBarge)
Update Emoji Bagel. (Twitter/ JeremyBurge)

Emojipedia melaporkan bahwa hari ini (16/10/2018), Apple telah memperbaiki emoji bagel di iOS 12.1 beta 4. Sekarang, mereka telah ''memperbaiki'' bagel dan membuatnya terlihat lebih lezat dari sebelumnya.

Melihat puluhan emoji dan makin banyak variansi warna pada emoji, sepertinya pengguna makin tak sabar menantikan update iOS 12.1.

Berita Terkait