Gadget

Inilah Apple A12 Bionic, Chip Baru yang Dipakai iPhone XS

Gila, 5 triliun operasi per detik!!

Agung Pratnyawan

Apple A12 Bionic. (Apple)
Apple A12 Bionic. (Apple)

Hitekno.com - Dalam event yang digelar pada 12 September 2018 (13 September 2018 dini hari WIB), Apple memperkenalkan Chip baru untuk iPhone Xs. Chip baru ini adalah Apple A12 Bionic. Seperti apa kehebataanya?

Apple A12 Bionic diklaim sebagai chip terbaik yang pernah mereka buat sampai saat ini. Dan Apple A12 Bionic diklaim sebagai chip 7 nm pertama yang digunakan smartphone.

Dalam membuat chip 7 nm ini, Apple mempercayakannya pada Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Perusahaan yang sama mengerjakan chip 7 nm untuk Huawei.

Apple A12 Bionic. (Apple)
Apple A12 Bionic. (Apple)

 

Di dalam chip Apple A12 Bionic, terdapat beberapa tiga bagian utama. Yang pertama adalah CPU 6 core yang dibagi lagi menjadi 2 performa cores dan 4 efficiency cores.

Bagian kedua dari chip ini adalah GPU yang memiliki 4 core. Kemampuan GPU ini didemonstrasikan dengan game The Elder Scrolls: Blades dari Bethesda.

Yang ketiga ini cukup unik, yaitu Neural Engine berisi 8 core yang didedikasikan untuk machine learning. Fitur ini akan banyak dipakai oleh iOS 12.

Apple A12 Bionic. (Apple)
Apple A12 Bionic. (Apple)

 

Apple nampak sangat suka akan teknologi machine learning ini. Bahkan mereka punca Core ML, teknologi untuk pengembangan machine learning yang disematkan pada iOS 12.

Machine learning dan kecerdasan buatan menjadi senjata Apple dalam mencerdaskan asisten virtual SIRI. Juga untuk membuat iPhone lebih mengerti dan memahami pengguna.

Chip Apple A12 Bionic ini benar-benar dimanfaatkan oleh iPhone XS dan iPhone XR. Dari mengolah grafis hingga augmented reality yang lebih akurat.

Juga dimanfaatkan untuk menghasilkan foto dan video yang lebih baik. Dan mengolah data-data dari sensor gyro dan accelerometer lebih akurat.

Layar iPhone XS dan XS Max. (Apple)
Layar iPhone XS dan XS Max. (Apple)

 

Apple sendiri mengklaim kalau Apple A12 Bionic 30 persen lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Bahkan Apple A12 Bionic ini mampu melakukan 5 triliun operasi per detik. Sedangkan Apple A11 Bionic sebelumnya hanya mampu 600 miliar operasi per detik.

Untuk menjajal kehebatan chip Apple A12 Bionic ini, kamu memang harus mencobanya di iPhone XS dan XR yang baru saja diperkenalkan tersebut.

Berita Terkait