Gadget

Demi Iklan, Huawei Nova 3 Palsukan Hasil Kamera

Pantesan hasilnya bagus, pakai kamera DSLR sih.

Dinar Surya Oktarini

Huawei Nova 3 ketahuan memalsukan hasil kameranya. (The Verge)
Huawei Nova 3 ketahuan memalsukan hasil kameranya. (The Verge)

Hitekno.com - Pihak Huawei Mobile Egypt dua hari yang lalu baru saja merilis iklan smartphone terbarunya, Huawei Nova 3 di YouTube resimnya. 

Smartphone Huawei Nova 3 ini diklaim mempunyai kamera depan yang mampu menangkap gambar dengan indah berkat adanya Mode beauty AI milik Nova 3.

Namun, nyatanya vendor smartphone asal Cina ini tak menggunakan hasil selfie dari ponsel tersebut, melainkan menggunakan kamera DSLR untuk menangkap foto tersebut.

Hal ini terungkap dari unggahan pemeran wanita mereka bernama Sarah Elshamy, model dari Mesir tersebut mengunggah Behind the Scene iklan tersebut di akun Instagram pribadinya.

Huawei Nova 3 ketahuan memalsukan hasil kameranya. (arstechnica.net)
Huawei Nova 3 ketahuan memalsukan hasil kameranya. (arstechnica.net)

Tapi tanpa dia sadari, foto yang diunggahnya tersebut justru mengungkapkan kebohongan Huawei yang menggunakan kamera DSLR.

Dalam foto yang diunggah Sarah Elshamy ini, terlihat tangan pria yang berada di depan DSLR, seolah-olah sedang memegang smartphone Nova seperti salah satu adegan yang ada di iklan.

Adegan tersebut tampaknya ingin menunjukkan bagaimana teknologi AI dan kamera Huawei membuat wanita tidak perlu lagi memakai makeup untuk terlihat cantik di foto.

Sumber video: YouTube Huawei Mobile Egypt

Seperti yang dilansir dalam laman The Verge, alih-alih selfie yang menyenangkan dari Nova 3, hasil foto tersebut berasal dari DSLR yang diambil fotografer profesional. Bahkan, Nova 3 tidak ada dalam bingkai sama sekali.

Setelah mengetahui hal itu akan merugikan pihak Huawei, Sarah langsung menghapus foto unggahannya tersebut, namun sayangnya foto tersebut sudah terlanjur menyebar di dunia maya.

Dalam pembelaan Huawei, iklan tersebut tidak pernah mengklaim bahwa gambar itu diambil pada Nova 3, namun semua orang nampaknya sudah mengetahui dari foto yang diunggah model cantik tersebut. 

Seperti yang ditunjukkan oleh Android Police, hal ini bukanlah kecelakaan pemasaran pertama yang terjadi pada Huawei, sebelumnya Huawei pernah tertangkap Photoshopping bezel pada rendering untuk P8 dan ditemukan memposting hasil foto yang sebenarnya telah diambil dengan Canon EOS 5D Mark III. 

Wah bagaimana tanggapan kalian mengenai Huawei Nova 3 ini?

Berita Terkait