Gadget

Harga Murah, Smartphone Cina Ternyata Memiliki Radiasi Tinggi

Pengguna smartphone Cina, jangan panik. Baca dulu ya.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Radiasi smartphone. (Pixabay)
Radiasi smartphone. (Pixabay)

Hitekno.com - Smartphone Cina memang sedang merajai pasar smartphone di Indonesia.

Hadir dengan harga murah namun spesifikasi mumpuni, deretan smartphone ini begitu diminati oleh banyak orang.

Faktanya, smartphone Cina ternyata memiliki tingkat radiasi paling tinggi lho.

Dalam data yang dirilis oleh Federasi Perlindungan Radiasi Jerman (Bundesamt für Strahlenschutz), 10 dari 16 smartphone Cina terindikasi punya tingkat radiasi yang lebih tinggi dari merek smartphone lainnya.

Selain smartphone asal Cina, perangkat dengan kartu sim ganda juga punya efek radiasi tinggi jika dibandingkan dengan smartphone dengan kartu sim tunggal.

Radiasi smartphone. (Unsplash)
Radiasi smartphone. (Unsplash)

 

Dalam penelitiannya, federasi Jerman ini membuat daftar komprensif mengenai total radiasi yang dipancarkan oleh berbagai jenis smartphone di telinga dan tubuh manusia.

Pemeriksaan dilakukan ketika smartphone dioperasikan di telinga, seperti saat menerima panggilan dan ketika beroperasi didekat tubuh.

Radiasi smartphone yang tinggi tentu sangat berbahaya bagi kondisi kesehatan manusia atau bahkan bisa menyebabkan kematian.

Namun, mengajak manusia agar terlepas dari smartphone adalah hal yang mustahil. Smartphone seolah menjadi bagian krusial dari kehidupan.

Radiasi Smartphone (Forbes)
Radiasi Smartphone (Forbes)

 

Di Jerman, sertifikasi lingkungan yang bernama Der Blaue Engel memberikan ketentuan mengenai berapa jumlah radiasi yang bisa diterima oleh tubuh dan tidak membahayakan.

Sertifikasi ini hanya meloloskan smartphone dengan tingkat radiasi kurang dari 0,6 watt perkilogram.

Baru-baru ini, Forbes merilis smartphone dengan radiasi tertinggi. Antara lain, Xiaomi Mi A1, OnePlus 5T, Huawei Mate 9, Nokia Lumia 630, dan Huawei P9 Plus.

Jadi, berhati-hati dalam memilih smartphone ya.

Walaupun smartphone Cina murah memiliki tingkat radiasi yang tinggi, namun tidak akan berbahaya jika penggunaannya masih dalam batas wajar.

Berita Terkait