Gadget

Lumiwatch, Ubah Tangan Manusia Menjadi Layar Sentuh

LumiWatch akan berfungsi sebagai sebuah proyektor kecil dan pengguna dapat menjadikan layar yang menempel di tangan sebagai layar sentuh yang berukuran besar.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Sumber: Youtube.com/ Robert Xiao
Sumber: Youtube.com/ Robert Xiao

Hitekno.com - Para peneliti di Carnegie Mellon University telah menciptakan prototipe smartwatch yang akan menjadikan tangan kamu menjadi layar sentuh. Smartwatch futuristis dan memiliki banyak sensor ini bernama LumiWatch.

Para peneliti tersebut mempresentasikan makalah mereka pada konferensi SIGCHI (Special Interest Group on Computer-Human Interaction) pada bulan April di Kanada.

Kini penelitian mereka dapat diunduh secara global pada halaman situs LumiWatch. Chris Harrison, salah satu pengembang jam, telah membuat homepage untuk proyek tersebut.

Di dalam homepage kita dapat mendapatkan rincian tentang desain dan operasi LumiWatch.


(Youtube.com/ Robert Xiao)


"Proyektor selalu menjadi cara yang paling mudah untuk membuat layar sementara yang berukuran besar, yang menjadikannya cara ideal untuk meningkatkan fungsi smartwatch di mana Anda ingin sesekali mencoba layar sentuh yang lebih besar," kata Andrew Liszewski seorang peneliti lain pada Gizmodo.

Smartwatch ini dilengkapi dengan proyektor pemindai laser 15 lumen dan 10 elemen sensor pengukur kedalaman. LumiWatch didukung dengan prosesor Qualcomm APQ8026 yang terintegrasi dengan CPU quad-core 1.2GHz, Bluetooth 4.0 dan kontroler WiFi.

Penyimpanan internalnya sebesar 4 GB dan RAM sebesar 768 MB. LumiWatch ditenagai dengan baterai lithium-ion sebesar 740 mAh.

Sumber: Youtube.com/ Robert Xiao
Sumber: Youtube.com/ Robert Xiao

 

Smartwatch masa depan  dengan desain cantik ini termasuk perangkat yang diciptakan secara mandiri. Dengan teknologi mandiri, perangkat ini dapat melakukan sistem operasinya secara independen tanpa perlu dihubungkan di smartphone atau PC.

Sistem operasinya berjalan pada Android 5.1 dan dilengkapi dengan layar sentuh dengan resolusi 1024 x 600 piksel. LumiWatch akan berfungsi sebagai sebuah proyektor kecil dan pengguna dapat menjadikan layar yang menempel di tangan sebagai layar sentuh yang berukuran besar.

Teknologi seperti pengukur sensor kedalaman dapat membuat tangan pengguna menjadi seperti sebuah smartphone alami. Para pengguna LumiWatch juga dapat mendemonstrasikan kemampuan continuous finger tracking 2D.

Sudah tidak sabar jadikan tangan sebagai layar sentu? Sabar, LumiWatch ini masih dalam bentuk prototipe.

Berita Terkait