Gadget

Tips Agar Tak Mabuk saat Gunakan Perangkat Virtual Reality

Karena menyebabkan motion sickness atau mabuk, perangkat virtual reality sebaiknya tak digunakan anak di bawah 13 tahun.

Agung Pratnyawan

sumber foto: pixabay
sumber foto: pixabay

Hitekno.com - Seiring dengan kemajuan teknologi, perangkat virtual reality (VR) atau realitas mayakini semakin umum digunakan. Namun Anda sebaiknya berhati-hati, penggunaan perangkat VR yang berlebihan dapat menyebabkan motion sickness atau lebih dikenal dengan istilah mabuk.

Dimas Setyo, Presale Manager Acer Indonesia, mengatakan ada beberapa tips yang dapat digunakan sebelum memainkan game dengan perangkat virtual reality.

Tips pertama adalah mengatur settingan komputer agar permainan agar dapat menampilkan frame per second (FPS) yang tinggi.

"Game dengan FPS rendah bisa membuat mata kita lelah," ujarnya di acara peluncuran Acer Windows Mixed Reality di Jakarta, Kamis (12/4/2018).

Dimas melanjutkan, usahakan setiap pemain untuk mengikuti gerak dari sebuah permainan VR.

"Dalam game roller coaster misalnya, usahakan Anda melihat searah game bergerak. Kalau melihat berlawanan arah bisa muncul motion sickness," tambahnya.

Sementara menurut Nico Alyus, CEO Omni VR, sebuah perusahaan penyedia konten VR di Indonesia, rasa mual muncul karena mata pengguna belum beradaptasi dengan perangkat VR. Bagi user pemula, Nico menyarankan untuk menggunakan perangkat VR tak lebih dari 3 menit.

Ia juga menyarankan, perangkat VR tidak dikenakan oleh seseorang yang belum berusia 13 tahun.

"Walaupun belum ada studi medisnya, sebaiknya tidak digunakan kepada bayi," paparnya.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Bagaimana Agar Tak Mabuk saat Gunakan Perangkat Virtual Reality?

Berita Terkait