Gadget

Aplikasi Deteksi Gempa yang Wajib Ada Saat di Area Rawan Bencana

Viralnya hastag #12TahunGempaJogja membuat kita mengenang peristiwa yang terjadi 12 tahun lalu.

Galih Priatmojo | Rezza Dwi Rachmanta

hitekno gempa/net
hitekno gempa/net

Hitekno.com - Viralnya hastag #12TahunGempaJogja membuat kita mengenang peristiwa yang terjadi 12 tahun lalu. Sebagai bahan introspeksi untuk kita semua, pasca kejadian gempa Jogja pada 2006 lalu banyak warga termakan isu akan adanya tsunami. Ratusan ribu warga Yogyakarta pada saat itu panik hingga menyebabkan kecelakaan bahkan isu tersebut dimanfaatkan oleh beberapa oknum untuk mengambil harta benda warga yang meninggalkan tempat tinggalnya.

Atas dasar itu hitekno merangkum 3 aplikasi terbaik yang wajib di install agar tahu efek dari gempa dan peringatan tsunami lebih dini:

1. Info BMKG
hitekno gempa/net

Aplikasi yang dirilis pada tahun 2012 lalu oleh Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) ini cukup lengkap dalam memberikan info tentang gempa di Indonesia. Fitur-fitur dalam aplikasi info BMKG mencakup: Informasi Prakiraan Cuaca, Informasi Kualitas Udara, dan Informasi Gempa Terkini. Khusus untuk informasi gempa, aplikasi ini dapat memberikan peringatan dini jika gempa berpotensi tsunami.

2. Earthquake Alert!

hitekno gempa/net

 

hitekno gempa/net
Aplikasi ini cukup lengkap dalam memberikan informasi gempa di seluruh dunia. Earthquake Alert! telah didownload lebih dari satu juta orang dan mempunyai ukuran cukup kecil yakni 2,6 MB saja. Fiturnya cukup sederhana namun sangat padat informasi. Beberapa fiturnya termasuk Map, Statistic, News,dan Latest Earthquake.

3. Earthquake Network- Realtime alerts

hitekno gempa/net

hitekno gempa/net

Aplikasi yang dibuat oleh Francesco Finazzi ini sudah didownload lebih dari satu juta pengguna. Aplikasi Earthquake Network memang lebih besar daripada kedua aplikasi di atas, namun ukurannya yang lebih besar menyajikan informasi yang lebih akurat. Untuk mengupgrade ke versi pro membutuhkan biaya sebesar Rp51.000.

Selain informasi gempa bumi dari aplikasi, fitur "report earthquake" yang ada membuat kita bisa melihat tingkat getaran yang pengguna lain rasakan di tempat lain.

Fiturnya mencakup: Chat, Report, Seismic network, dan Tsunami Alert.

Berita Terkait