Gadget

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Beli Smartphone Baru

Mulai dari harga, kualitas kamera, hingga sistem operasi yang mengotakinya.

Editor Hitekno

Ilustrasi dua buah ponsel pintar yang tersedia di pasar Indonesia. [Dok. Suara.com]
Ilustrasi dua buah ponsel pintar yang tersedia di pasar Indonesia. [Dok. Suara.com]

Hitekno.com - Memasuki tahun 2018, banyak dari kalian yang ingin mengganti smartphone. Hal ini didukung dengan banyaknya produsen yang merilis ponsel anyarnya di awal tahun.

Namun, ada beberapa hal yang bisa dijadikan pedoman bagi Anda sebelum memutuskan membeli smartphone baru. HiTekno merangkumnya dari berbagai sumber.

1. Harga
Bagi sebagian orang, harga menjadi faktor utama yang menjadi pertimbangan sebelum membeli smartphone. Jika Anda memiliki ekstra budget di awal tahun ini, beberapa handset mahal bisa menjadi pilihan karena didukung dengan berbagai fitur terbaik, prosesor tercepat dan kamera canggih.

Tapi buat kamu yang tidak ingin merogoh kantung dalam-dalam, budget, perangkat midrange bisa menjadi pilihan. Kini tidak sedikit produsen midrange yang merilis smartphone dengan fitur cukup apik, kamera memadai dijual dengan harga relatif terjangkau. Buat Anda yang mengedepankan fungsi, tanpa memikirkan estetika dan pengisian nirkabel, ponsel midrage bisa diandalkan.

Sementara, kamu yang benar-benar memiliki keterbatasan budget tapi tetap ingin mengikuti perkembangan teknologi, budget ponsel bisa menjadi pilihan. Kini di Indonesia sudah banyak handset di bawah Rp1 juta yang menawarkan berbagai kelebihan sesuai di kelasnya.

Budget ponsel bisa menjadi pilihan buat Anda yang pertama kali memiliki smartphone atau mencari ponsel cadangan.

2. Kualitas kamera
Teknologi kamera smartphone kini menjadi salah satu diminati masyarakat Indonesia dalam memilih smartphone. Buat kalian yang tidak terlalu memperhatikan perkembangan teknologi kamera, perlu diingat megapixel yang lebih tinggi tidak selalu sama dengan kualitas gambar yang lebih baik.

Kamera 12 MP mungkin mengambil foto lebih baik dari kamera 16 MP. Jumlah cahaya yang bisa dikehendaki kamera sangat penting untuk foto yang bagus, seperti juga perangkat lunak yang memproses foto Anda.

Ponsel dengan kamera belakang 8 MP kini banyak bisa dijumpai di ponsel budget. Kualitas yang dihasilkan juga lumayan.

Jika ada dua kamera belakang, kamera kedua ada untuk membuat efek kedalaman opsional (juga dikenal sebagai efek blur atau bokeh latar belakang), telephoto, pilihan sudut lebar atau lebih detail gambar (satu lensa monokrom), menjadi beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kamera smartphone.

Stabilisasi gambar optik atau OIS, mengurangi noise. Hal ini sangat membantu saat memotret di dalam ruangan atau dalam cahaya rendah.

Namun, tidak akan membantu dengan blur yang disebabkan oleh subjek yang bergerak. Sebagian besar kamera ponsel hadir dengan HDR, self-timer, mode kecantikan dan banyak filter dan efek.

3. Daya tahan baterai dan performa
Sebagian besar telepon dengan kisaran harga menengah ke atas dapat menangani kebutuhan panggilan telepon, email, game dan musik, meskipun beberapa teknologi internal lebih disempurnakan daripada yang lain. Beberapa ponsel midrange bahkan menggunakan chip yang sama dengan yang budget ponsel.

Hal yang tidak bisa dilupa saat memilih smartphoen adalah daya tahan baterai. Anda harus mengisi daya telepon paling banyak satu kali dalam sehari.

Biasanya akan mendapatkan kehidupan yang lebih lama dari baterai 3.000 mAh atau lebih. Peta dan streaming musik dapat menyedot daya tahan baterai lebih cepat dari aktivitas lainnya.

Begitu juga menjaga kecerahan layar. Prosesor okta-core tidak selalu "lebih baik" daripada chipset quad-core. Untuk prosesor Qualcomm, chip bernomor lebih tinggi adalah yang terbaru. Jadi Snapdragon 845 lebih baru (dan lebih cepat) dari 630 dan 425. Kualitas prosesor pun mempengaruhi daya tahan baterai.

4. Aneka fitur
Smartphone terbaru kini juga berlomba-lomba menghadirkan aneka fitur menarik dan canggih. Pemindai sidik jari, biasanya terletak di bagian belakang, tombol power atau tombol home, menjadi salah satu fitur yang paling dicari demi menjaga keamanan handset dan berabagi data di dalamnya.

Tahan air, IP67 dan yang lebih tinggi adalah fitur yang tersedia di beberapa handset premium. Begitu juga pengisian daya nirkabel tersedia di banyak ponsel Samsung Galaxy dan Note, iPhone 7 dan yang lebih baru. Selain itu juga konektor USB-C menjadi standar terbaru untuk ponsel Android.

5. Sistem operasi
Lepas dari keempat hal di atas, sistem operasi ponsel menjadi hal utama yang menjadi pertimbangan kamu sebelum membeli smartphone. Jika Anda membeli ponsel Android, OS memiliki aplikasi dan cantuman peta asli yang lebih baik sejauh ini (dikenal sebagai Google Now atau Google Voice Search).

Android 8.0 Oreo atau lebih tinggi akan memberi berbagai hal terbaru, termasuk pengisian otomatis di Chrome dan menyusutkan video ke gambar mini kecil yang dapat dipindahkan saat melakukan hal lainnya. Sementara Android 7.0 Nougat, memiliki kelemahan dalam hal kecepatan navigasi.

Namun, jika kamu membeli iPhone, pembaruan iOS datang tepat waktu untuk hampir setiap ponsel. iPhone tampaknya mengembangkan lebih sedikit fitur dari waktu ke waktu. iPhone yang lebih lawas lebih murah, namun berisiko kehilangan fitur berbasis perangkat keras baru di ponsel masa depan. Hal ini patut menjadi pertimbangan Anda.

Berita Terkait