Pilihan Memblokir Panggilan Telepon Spam

Beberapa langkah ini menjadi pilihan dalam memblokir panggilan telepon spam.

Editor Hitekno
Minggu, 11 Maret 2018 | 09:42 WIB
Ilustrasi seorang perempuan melakukan panggilan dengan smartphone. [Pixabay]

Ilustrasi seorang perempuan melakukan panggilan dengan smartphone. [Pixabay]

Hitekno.com - Panggilan telepon spam seluler telah menjadi gangguan selama bertahun-tahun, namun beberapa waktu belakangan ini, semakin mengganggu. Mungkin Anda juga mengalaminya, dimana dalam sehari bisa ada dua sampai empat panggilan yang menyampaikan penawaran dari berbagai perusahaan.

Bahkan, tidak sedikit panggilan ini berupa scammer yang ujung-ujungnya bisa merugikan Anda. Berbagai tehnik digunakan pelaku scammer untuk menarik perhatian korbannya, salah satunya menggunakan Robocalls, dimana Anda menerima panggilan dari nomor yang tidak biasa, sehingga tidak sedikit dari Anda yang mempercayai scammer tersebut.

Dikutip dari The Verge, Federal Trade Commission menerima lebih dari 375.000 keluhan tentang Robocalls setiap bulan tahun lalu. Lalu apa yang dapat Anda lakukan untuk mengantisipasinya?

Yup, kini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghadapi Robocalls. Pertama, hal yang penting dilakukan adalah mengdefinisikan untuk membuat perbedaan penting antara panggilan ini. Beginilah cara pandang Verizon:

Robocaller: Pesan telepon otomatis yang direkam sebelumnya
Spammer: Penelepon yang tidak diinginkan yang mungkin memanggil tanpa pandang bulu ke sejumlah besar penerima. Terkadang termasuk penelepon diizinkan untuk menghubungi Anda
Penipuan: Sebuah entitas cenderung berpura-pura menjadi seseorang yang tidak memiliki maksud jahat

Setelah melakukan identifikasi, beberapa opsi ini bisa menjadi pilihan Anda untuk mengatasi panggilan telepon spam.

Opsi A. Memilih satu-satu nomor mana saja yang masuk kategori scammer

Pilihan satu ini memang lebih memakan waktu, dan akan menjadi sia-sia jika ingin membasmi robocalls sepenuhnya, tapi jika ada nomor tertentu yang terus menelepon, cukup mudah untuk memblokirnya selamanya dari iPhone atau ponsel Android Anda.

Di iOS, cukup masuk ke aplikasi Telepon, lalu pilih panggilan Recents, dan ketuk ikon informasi biru di sebelah kanan nomor yang ingin diblokir.

Untuk Android, prosesnya tidak jauh berbeda, masuk ke bagian Recents dari aplikasi Telepon, tekan lebih lama pada nomor yang mengganggu, dan pilih blok. Pada beberapa ponsel Android, Anda juga akan diberi pilihan untuk melaporkannya sebagai spam.

Opsi B. Melindungi Diri dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada sejumlah layanan seperti Nomorobo, RoboKiller, Hiya, dan lainnya yang dirancang untuk mencegah Robocalls menelepon Anda. Sebagian besar membutuhkan langganan bulanan (atau tahunan).

Pada intinya, layanan ini bergantung pada daftar Robocaller, spammer, dan penipu yang terus diperbarui serta menggunakan database tersebut untuk menghentikan panggilan spam. Panggilan masuk dan layanan menjalankannya terhadap daftar nomor scam. Jika menemukan kecocokan, panggilan masuk akan ditutup otomatis.

Semuanya memungkinkan mempertahankan daftar nomor pribadi Anda sendiri yang mungkin mengganggu dan daftar putih yang ingin dipertahankan. Beberapa bekerja dengan mengunduh daftar kontak khusus, terpisah dari kontak biasa.

Namun, baik iOS dan Android baru-baru ini memberi keleluasaan layanan dengan lebih dalam mengendalikan aplikasi ponsel Anda. Di iPhone, Anda harus mengaktifkannya di aplikasi Setelan dan memberi mereka hak akses pemanggil sebelum mereka mulai bekerja. Apple menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukan langkah demi langkah.

Opsi C. Membeli Smartphone yang Secara Otomatis Mengidentifikasi Pemilik Spam

Galaxy S dan Note, merupakan smartphone Samsung yang secara otomatis mampu menandai nomor yang dicurigai spam di aplikasi telepon saat mereka masuk. Perusahaan menyebut fitur ini sebagai Smart Call.

Sama berlaku untuk Google Pixel dan Pixel 2, yang mengubah keseluruhan layar menjadi merah sebagai referensi visual "tidak menjawab!" Yang mudah setiap kali ada spammer memanggil Anda. Namun, pada Pixel 2 XL sistem ini tidak sempurna karena masih ada pengguna tertipu oleh banyak angka yang terlihat seperti panggilan lokal.

Opsi D. Penggunaan Mode Jangan Diganggu yang Memungkinkan Panggilan dari Kontak Anda

Pada Android dan iOS, Anda dapat mengatur mode Jangan Ganggu Sistem Operasi untuk mengizinkan panggilan telepon hanya dari orang-orang dan perusahaan yang ada di dalam daftar kontak Anda. Ini adalah solusi dramawan yang cukup drastis untuk masalah Robocalls dan Anda hampir pasti akan melewatkan telepon yang ingin dijawab.

Panggilan tersebut akan dikirim ke voicemail dan Anda dapat menambahkan nomor itu ke kontak di kemudian hari.

Berita Terkait
TERKINI

Western Digita menghadirkan solusi penyimpanan untuk industri media dan hiburan dengan kecepatan tinggi dan kapasitas be...

gadget | 10:59 WIB

Samsung Galaxy A15 dibekali fitur Smart Switch, memudahkan pindah data....

gadget | 11:06 WIB

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB
Tampilkan lebih banyak