Apa Itu Mumi? Berikut Sederet Fakta Uniknya yang Wajib Kamu Tahu

Apa itu mumi? Berikut adalah sederet fakta yang perlu kamu ketahui tentang hal tersebut.

Cesar Uji Tawakal
Minggu, 23 Oktober 2022 | 12:07 WIB
Ilustrasi mumi. (pixabay/albertr)

Ilustrasi mumi. (pixabay/albertr)

Hitekno.com - Mumi adalah tubuh seseorang yang telah diawetkan dengan cara buatan setelah kematian. Orang Mesir biasa membuat mumi dari orang mati karena mereka percaya akan kehidupan setelah kematian.

Mereka memiliki keyakinan yang kuat bahwa setelah meninggal, mereka akan melakukan perjalanan ke dunia lain di mana mereka akan menjalani kehidupan baru.

Baca Juga: - Cara Membuat Avatar di Instagram, Mengedit dan Menggunakannya, Begini Tutorialnya - Tutorial Download Foto Instagram Kualitas HD di HP dan PC, Ikuti Langkah Berikut Ini - Teori One Piece: Im Sama adalah Ibu Luffy? Simak Bukti-buktinya - Deretan Aplikasi yang Bisa Dicoba untuk Kurangi Stres - Deretan Senjata Tersakit di Call of Duty Mobile, Newbie Wajib Tau!

Mereka percaya bahwa mereka akan membutuhkan tubuh mereka utuh di akhirat. Mumifikasi adalah proses yang panjang dan rumit dan butuh sekitar 70 hari untuk sepenuhnya mengubah tubuh menjadi mumi.

Pendeta yang bertugas biasanya memulai upacara dan mengenakan topeng serigala yang mewakili dewa Anubis.

Tubuh dibalsem dengan lotion beraroma dan bahan kimia pada awalnya dan kemudian ditutup dengan kain linen. Setelah tubuh benar-benar tertutup, diletakkan di peti mati batu besar yang dikenal sebagai sarkofagus.

Dalam agama Mesir, tubuh harus dilestarikan agar jiwa atau 'Ba' orang tersebut bersatu dengan 'Ba' orang itu di akhirat.

Selain itu masih ada fakta unik tentang mumi. Berikut fakta unik mumi yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Ilustrasi mumi. (pixabay/albertr)
Ilustrasi mumi. (pixabay/albertr)

1. Tidak Dimulai di Mesir

Menurut laporan dari Public Radio International, budaya kuno Amerika Selatan yang dikenal sebagai Chinchorro adalah yang pertama membuat mumi orang yang mereka cintai 2.000 tahun sebelum orang Mesir membentuk teknik mereka sendiri.

2. Mereka Meninggalkan Hati di Tempat

Meskipun mengeluarkan setiap organ lainnya, Institut Smithsonian juga mengungkapkan bahwa orang Mesir kuno tidak akan pernah mengambil hati almarhum karena mereka percaya itu sebagai "pusat keberadaan dan kecerdasan seseorang."

3. Hewan Mumi Mesir

Para arkeolog menemukan lebih dari beberapa makhluk yang terkubur di samping sisa-sisa manusia. History Channel mengklaim bahwa "para peneliti percaya mereka menghasilkan lebih dari 70 juta mumi hewan antara 800 SM dan 400 M."

Ini termasuk kucing, burung, sapi, katak, babon, dan makhluk lain yang tak terhitung jumlahnya yang merupakan hewan peliharaan pribadi almarhum atau dimaksudkan sebagai persembahan atau perlindungan bagi mereka di akhirat.

4. Memiliki Berat Beberapa Pound

Saat dibuka, mumi biasa hanya memiliki berat sekitar lima pon, menurut EgyptAbout.com.

5. Mulut Sering Dibiarkan Terbuka

British Museum menjelaskan bagaimana ada seluruh ritual yang dikenal sebagai "upacara pembukaan". Ini membutuhkan alat khusus dan dilakukan agar almarhum bisa makan, minum, bernapas, dan berbicara di akhirat, sesuai keyakinan mereka.

6. Mumifikasi adalah Bisnis yang Menguntungkan

Pembalsem Mesir yang sangat terampil dibayar dengan baik untuk pekerjaan mereka. Menurut laporan dari NPR, mereka bahkan membentuk serikat pekerja untuk melindungi teknik pribadi mereka.

7. Sisa-sisa Digunakan Dalam Pengobatan pada Abad Pertengahan

Majalah Smithsonian mengungkapkan bahan khusus yang diyakini banyak orang Eropa abad pertengahan membantu menyembuhkan penyakit adalah daging mumi. Perampok kuburan akan melakukan perjalanan dari Mesir dengan sisa-sisa dan menjualnya kepada semua orang mulai dari bangsawan hingga warga sipil biasa dengan harga yang cukup mahal.

8. Orang Victoria Mengadakan Pesta "Membuka"

Dikenal sebagai "membuka gulungan mumi," Atlas Obscura menjelaskan bagaimana orang-orang berkumpul di tahun 1800-an di puncak "Egyptomania" untuk menyaksikan tuan rumah mereka perlahan-lahan membuka mumi di bawah lapisan linen kuno.

Itulah penjelasan mengenai mumi dan fakta uniknya yang wajib kamu tahu. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait

TERKINI

Target pembangunan PLTN ini dalam rangka mendukung upayapemerintah dalam mencapai karbon netral atau netzero emisi.
sains | 15:36 WIB
Bagaimana proses terjadinya erupsi gunung berapi ini? Peristiwa erupsi gunung berapi ini berhubungan dengan naiknya magma dari dalam perut Bumi.
sains | 13:23 WIB
Di Indonesia ada empat tingkatan status gunung berapi yang harus kamu ketahui.
sains | 13:15 WIB
Satelit Starlink telah menimbulkan bahaya bagi pesawat ruang angkasa lain yang mengorbit serta orang-orang di darat, kok bisa?
sains | 18:39 WIB
Mineral ini belum bisa diklasifikasikan jenisnya, belum pernah ada di alam?
sains | 18:16 WIB
Biar makin tahu, simak sederet fakta unik terkait pembelahan sel, kali aja butuh contekan ujian.
sains | 11:13 WIB
Gempa ini juga terasa sampai Yogyakarta.
sains | 20:44 WIB
BMKG sering menampilkan skala MMI pada peringatan saat gempa terjadi.
sains | 18:27 WIB
Ada tujuh fasilitas nuklir di Cianjur yang dipastikan dalam kondisi aman saat ini.
sains | 11:13 WIB
Traktor tersebut dapat mengumpulkan dan menganalisis data tanaman setiap hari dan dapat memproses data dari alat saat ini dan generasi berikutnya yang dilengkapi dengan sensor dan pencitraan
sains | 21:01 WIB
Fosil ini diduga merupakan spesies lain yang berhubungan dengan Tyrannosaurus rex.
sains | 20:36 WIB
Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat sedang merancang sistem peringatan dini serangan, tapi bukan untuk mewaspadai alien. Lantas siapa yang diwaspadai?
sains | 20:26 WIB
Banyak hujan meteor yang akan meramaikan Desember 2022, juga ada beberapa fenomena langit lainnya.
sains | 09:47 WIB
Ilmuwan temukan cara untuk memprediksi stroke dan serangan jantung, AI dan sinar X jadi solusi.
sains | 00:21 WIB
Virus zombie yang selama ini terperangkap ini ditemukan oleh para ilmuwan di lapisan tanah yang membeku atau permafrost yang terdapa di Siberia, Rusia.
sains | 13:54 WIB
Canggih, Honda dan sejumlah pabrikan mobil lain mulai kembangkan kendaraan dengan jenis bahan bakar baru.
sains | 13:52 WIB
Gunung terbesar ini meletus akhir pekan lalu (27/11/2022). Berikut fakta uniknya.
sains | 20:23 WIB
BMKG menjelaskan kalau angin laut telah mendorong ikan kecil tersebut mengikuti arus hingga terdampar di pesisir pantai.
sains | 14:25 WIB
Tampilkan lebih banyak