Selama Ini Jadi Misteri, Akhirnya Ilmuwan Ungkap Fungsi Penting dari Otak Kecil

Otak ini punya peran penting dan tak sekadar mengontrol gerakan manusia.

Cesar Uji Tawakal
Senin, 10 Oktober 2022 | 15:15 WIB
Ilustrasi otak manusia. (Pixabay/ VSRao)

Ilustrasi otak manusia. (Pixabay/ VSRao)

Hitekno.com - Cerebellum, yang merupakan kata Latin untuk "otak kecil", adalah bagian dari otak yang mengontrol gerakan kita.

Organ ini terletak di bagian belakang tengkorak, tepat di atas dan di belakang di mana sumsum tulang belakang terhubung ke otak itu sendiri.

Baca Juga: - 3 Cara Download Video YouTube MP4 Gratis dan Mudah, Bisa di HP maupun Laptop - Pegawai Perusahaan Kripto Ini Ungkap Kedok Aksi Hacker Plat Merah, Duitnya Diduga Dipakai Riset Senjata Nuklir - Manfaatkan Teknologi, Fairatmos Sasar Demokratisasi Akses Pasar Karbon

Tak cuma itu, dilansir dari Sputnik Newsotak kecil manusia juga memainkan fungsi penting dalam hal mengingat pengalaman emosional positif dan negatif, menurut para peneliti di University of Basel.

Bahasa Latin untuk "otak kecil", struktur utama otak belakang yang terselip di bawah belahan otak diketahui untuk mengoordinasikan input sensorik dengan respons otot, atau, dengan kata lain, memainkan peran penting dalam kontrol motorik.

Namun, penelitian peer-review, yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS), dimasukkan ke dalam teori bahwa otak kecil dapat memainkan peran dalam beberapa fungsi kognitif dan kontrol emosional, seperti mengatur rasa takut dan respons kesenangan.

Biasanya, amigdala dan hippocampus adalah wilayah otak yang dianggap paling bertanggung jawab untuk mengkonsolidasikan ingatan emosional ini.

Ilustrasi Otak. (Pixabay)
Ilustrasi Otak. (Pixabay)

Mencatat Kenangan Emosional

Tim, yang dipimpin oleh Profesor Dominique de Quervain dan Profesor Andreas Papassotiropoulos di University of Basel, melakukan pemindaian otak terhadap 1.418 individu melalui pencitraan resonansi magnetik fungsional (fMRI).

Ketika mereka melihat gambar emosional, beberapa positif, beberapa negatif dan netral, pemindaian mengungkapkan bahwa otak kecil itu, memang, terlibat dalam jenis pengalaman emosional ini.

Selanjutnya, para peserta dalam penelitian ini mengingat gambar positif dan negatif jauh lebih baik daripada yang netral. Menurut penelitian, kemampuan penyimpanan yang ditingkatkan jelas terkait dengan saat-saat ketika otak kecil lebih aktif.

"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah koneksi otak kecil dan serebelar-otak terlibat dalam fenomena memori episodik superior untuk membangkitkan informasi visual secara emosional," para peneliti melaporkan.

Studi ini juga mengungkapkan bahwa otak kecil menerima informasi dari bagian depan korteks cingulate, kunci wilayah untuk memahami dan mengevaluasi perasaan sambil menyampaikan informasi ke amigdala dan hippocampus.

"Hasil ini menunjukkan bahwa otak kecil adalah komponen integral dari jaringan yang bertanggung jawab atas peningkatan penyimpanan informasi emosional," kata ahli saraf Dominique de Quervain dari Universitas Basel Swiss.

Menurut para ilmuwan, temuan penelitian dapat memperluas pengetahuan mengenai peran otak kecil dalam proses kognitif dan emosional yang kompleks.

Kesimpulannya bisa relevan untuk pemahaman gangguan kejiwaan dengan sirkuit emosional yang menyimpang, seperti gangguan stres pasca-trauma atau gangguan spektrum autisme, pungkas tim.

 

Untuk informasi terkini seputar dunia teknologi, sains dan anime, jangan lupa untuk subscribe halaman Facebook kami di sini.

Berita Terkait

TERKINI

Ada tujuh fasilitas nuklir di Cianjur yang dipastikan dalam kondisi aman saat ini.
sains | 11:13 WIB
Traktor tersebut dapat mengumpulkan dan menganalisis data tanaman setiap hari dan dapat memproses data dari alat saat ini dan generasi berikutnya yang dilengkapi dengan sensor dan pencitraan
sains | 21:01 WIB
Fosil ini diduga merupakan spesies lain yang berhubungan dengan Tyrannosaurus rex.
sains | 20:36 WIB
Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat sedang merancang sistem peringatan dini serangan, tapi bukan untuk mewaspadai alien. Lantas siapa yang diwaspadai?
sains | 20:26 WIB
Banyak hujan meteor yang akan meramaikan Desember 2022, juga ada beberapa fenomena langit lainnya.
sains | 09:47 WIB
Ilmuwan temukan cara untuk memprediksi stroke dan serangan jantung, AI dan sinar X jadi solusi.
sains | 00:21 WIB
Virus zombie yang selama ini terperangkap ini ditemukan oleh para ilmuwan di lapisan tanah yang membeku atau permafrost yang terdapa di Siberia, Rusia.
sains | 13:54 WIB
Canggih, Honda dan sejumlah pabrikan mobil lain mulai kembangkan kendaraan dengan jenis bahan bakar baru.
sains | 13:52 WIB
Gunung terbesar ini meletus akhir pekan lalu (27/11/2022). Berikut fakta uniknya.
sains | 20:23 WIB
BMKG menjelaskan kalau angin laut telah mendorong ikan kecil tersebut mengikuti arus hingga terdampar di pesisir pantai.
sains | 14:25 WIB
Perusahaan pertambangan Afrika Selatan, memperoleh kendali atas Keliber, produsen bahan kimia baterai Finlandia, dengan mengakuisisi sekitar 55% sahamnya
sains | 20:53 WIB
Collider ini membantu para ilmuwan untuk menemukan keberadaan partikel elementer Boson Higgs.
sains | 20:10 WIB
Selama ini peternakan dituding sebagai salah satu sumber polusi, khususnya peternakan sapi.
sains | 17:44 WIB
Ini adalah bukti sahih bahwa minuman beralkohol bisa menurunkan kecerdasan.
sains | 16:12 WIB
Pelaku diduga adalah anak bungsu, yang nekat memberikan racun ke minuman keluarganya.
sains | 14:47 WIB
Sesar lembang berada di kawasan Jawa Barat dan diketahui masih aktif hingga saat ini.
sains | 16:46 WIB
Menurut catatan BMKG, kemunculan gempa susulan yang terekam terus mengalami penurunan.
sains | 18:31 WIB
Bakteri yang lama terpendam di balik lapisan es, kini siap kembali merebak dan berpotensi membahayakan manusia.
sains | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak