Sains

Lama Diam, Sesar Cascadia Mungkin Akan Mengguncang Daerah Pacific Northwest

Pada dasarnya, setiap bagian sesar Cascadia memiliki perilaku yang berbeda. Bagian utara dan selatan jauh lebih aktif secara seismik daripada bagian tengah.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Ilustrasi gempa. (pixabay/Angelo_Giordano)
Ilustrasi gempa. (pixabay/Angelo_Giordano)

Hitekno.com - Belum lama ini, para ilmuwan mengumumkan untuk tetap waspada karena akan terjadi gempa bumi besar yang akan melanda daerah Pacific Northwest.

Pacific Northwest sendiri dikenal sebagai zona subduksi Cascadia atau batas lempeng konvergen yang berada sepanjang 600 mil dari California Utara hingga Pulau Vancouver, Kanada. Beberapa daerah yang dilalui patahan ini antara lain Seattle, Portland, dan Oregon.

Walaupun masih cukup tenang hingga hari ini, banyak rupanya yang justru mengkhawatirkan sesar Cascadia. Berdasarkan penelitian, para ilmuwan berpendapat jika daerah tersebut berpotensi gempa bumi hingga mencapai 9,0 magnitudo.

Pada dasarnya, setiap bagian sesar Cascadia memiliki perilaku yang berbeda. Bagian utara dan selatan jauh lebih aktif secara seismik daripada bagian tengah.

Seperti yang diketahui sesar Cascadia merupakan pertemuan dua lempeng tektonik yang bertabrakan. Dalam sistem subduksi, fenomena ini dapat menghasilkan gempa terbesar di dunia. Hal yang sama pernah terjadi di Jepang pada tahun 2011 lalu.

Ilustrasi gempa. (pixabay/Tumisu)
Ilustrasi gempa. (pixabay/Tumisu)

 

Dibandingkan dengan sesar lainnya, sesar Cascadia jauh lebih tenang. Namun, sangat tidak bisa di anggap bahwa sesar tersebut tidak aktif.

Melakukan penelitian dengan memanfaatkan monitor GPS di sesar Cascadia, para ilmuwan menemukan deformasi tanah yang menunjukan tidak mampunya kedua lempeng tersebut untuk saling bergeser dan melewati satu sama lain.

Para ilmuwan memang tidak secara spesifik mampu memprediksi kapan sesar Cascadia akan mengamuk dan menimbulkan gempa besar.

Pasalnya, hal ini membutuhkan penelitian mendalam untuk memantau zona subduksi di darat dan lepas pantai dengan menggunakan sistem dan alat seperti GPS yang super canggih.

Namun, para ilmuwan tetap meminta agar penduduk daerah Pacific Northwest tersebut untuk tetap waspada dengan kehadiran sesar Cascadia yang lama diam. Kemungkinan besar, gempa bumi ini akan dimulai di bagian utara atau selatan dari sesar Cascadia.

Berita Terkait