Sains

Jika Bulan Menghilang, Hal Mengerikan Ini akan Terjadi

Bisa hidup tanpa bulan?

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Ilustrasi Bulan. (pakutaso)
Ilustrasi Bulan. (pakutaso)

Hitekno.com - Jika siang punya matahari, maka malam punya bulan dan bintang. Kedua benda langit ini tentu sangat penting untuk kehidupan manusia. Lalu apa yang akan terjadi jika suatu hari, bulan tiba-tiba menghilang? Kira-kira beberapa hal mengerikan ini bisa saja terjadi.

Bulan merupakan satelit alami Bumi yang pada saat tertentu akan nampak begitu bulat sempurna yang selama ini kita kenal dengan bulan purnama. Namun, kadang juga akan menghilang tertutup awan malam.

Benda langit satu ini rupanya memiliki pengaruh pada beberapa hal. Salah satunya adalah pada pasang surut laut di Bumi. Selain itu, bulan juga sangat berpengaruh pada gerhana matahari.

Dilansir dari LiveScience, seorang astrofisikawan dari The Ohio State University, bernama Paul Sutter mengungkapkan beberapa hal mengerikan yang bisa saja terjadi jika bulan menghilang.

Gerhana Bulan/HuffPost UK
Bulan. (HuffPost UK)

 

Pertama, karena sangat berpengaruh pada pasang surut laut, saat bulan menghilang, Bumi akan mengalami fenomena pasang surut yang cukup menyeramkan. Walaupun sesungguhnya matahari juga punya gaya gravitasi yang cukup mempengaruhi pasang surut air laut.

Pemikiran dasarnya dapat dijelaskan sebagai berikut, ketika bulan mendekati Bumi, maka akan terjadi perubahan intensitas daya tarik gravitasi bulan pada salah satu sisi Bumi dengan sisi lainnya.

Peristiwa ini lalu akan membentuk dua tonjolan pasang surut. Tonjolan yang posisinya dekat dengan bulan biasanya akan mengalami pasang. Bisa bayangkan apa yang terjadi jika bulan tiba-tiba menghilang?

Kedua, perubahan jumlah jam. Saat bulan terbentuk, Bumi hanya perlu berputar selama 6 jam untuk menyelesaikan sekali rotasinya. Namun, jika bulan menghilang, proses rotasi ini akan berhenti sehingga jumlah jam kerja dalam sehari juga akan berubah.

Ilustrasi Bulan. (pakutaso)
Ilustrasi Bulan. (pakutaso)

 

Ketiga, musim yang menjadi tidak teratur. Bumi pada dasarnya memiliki sumbu miring yang dapat berubah sesuai waktu. Jika sumbu ini dapat berubah dengan cepat, maka Antartika akan menghadap matahari selama 24 jam dalam satu hari dan bagian Bumi lainnya akan gelap total. Keberadaan bulan rupanya mampu membuat kemiringan sumbu Bumi tetap terjaga. Jika bulan tiba-tiba menghilang, maka musim di Bumi akan ada dalam waktu yang lama.

Walaupun secara teori akan mengakibatkan beberapa hal menyeramkan di atas, hilangnya bulan dari Bumi tentu akan mengakibatkan beberapa ketidak seimbangan yang mungkin saja sangat sulit untuk dibayangkan terjadi saat ini.

Bagaimana, sudah bisa membayangkat hal mengerikan apa yang bisa terjadi saat bulan secara tiba-tiba menghilang dari Bumi?

Berita Terkait