Alasan Kenapa Emoji Berwarna Kuning? Simak Sejarahnya

Simak fakta menarik dan sejarah kenapa Emoji berwarna kuning.

Agung Pratnyawan
Selasa, 22 November 2022 | 17:19 WIB
Emoji Air Mata Sukacita. (stickpng)

Emoji Air Mata Sukacita. (stickpng)

Hitekno.com - Kenapa Emoji berwarna kuning seperti yang kita kenal sekarang ini? Bukan warna-warni, atau seperti warna kulit manusia? Simak pembahasan soal fakta menarik dan sejarah emoji.

Pastinya ada alasannya mengapa Emoji yang sering dipakai sebagai pemanis chatting tersebut berwarna kuning. Sebenarnya, emoji pada masa-masa awalnya diproduksi bukan dengan warna kuning melainkan putih.

Baca Juga: - Bikin Penasaran, Apa Arti Emoji Wajah Malaikat? - Bikin Penasaran, Apa Arti Emoji Bulan Hitam atau Bulan Gosong? - Hari Emoji Sedunia, Ini Arti Emoji pada Fitur Baru di WhatsApp - Penjelasan Fitur Baru di WhatsApp, Termasuk React dengan Emoji

Dilansir dari emojiall, emoji ditambahkan ke standar Unicode pada tahun 2010. Pada awalnya, hanya emoji dari kategori Smiley & Emotion dan emoji dari People & Body yang punya kulit kuning.

Meskipun emoji berada di bawah pengelolaan Unicode Consortium, ketika emoji baru menjadi kandidat final, Konsorsium Unicode hanya akan memutuskan bentuk dasar dan deskripsi setiap emoji dan memberikan prototipe hitam putihnya.

Akan tetapi, Unicode Consortium tidak memiliki kendali untuk menentukan warna emoji. Oleh karena itu, warna apa yang harus diberikan emoji dan bagaimana menangani detailnya, semuanya diserahkan kepada vendor untuk mendesain sendiri.

Kenapa Emoji Berwarna Kuning

Pada awalnya, semua vendor memberikan sentuhan kulit berwarna putih pada emoji mereka. Namun karena alasan ini, emoji telah menerima berbagai kritik seperti kurangnya ekspresi, kurangnya keragaman, rasisme, dll.

Bahkan ada beberapa organisasi yang meluncurkan petisi yang disebut "DIVERSIFY MY EMOJI" untuk memprotes Apple bahwa warna kulit emoji harus diubah.

Emoji Baru iOS 15.4. (Emojipedia)
Emoji Baru iOS 15.4. (Emojipedia)

Hingga Unicode 8.0 pada tahun 2015, Unicode Consortium merilis lima skin tone modifier berdasarkan klasifikasi skin Fitzpatrick. Saat itu mereka memberikan lima macam modifikasi untuk warna kulit karakter, dari warna kulit cream hingga coklat tua.

Tapi tidak peduli bagaimana warna kulit berubah, mereka semua menggunakan warna kuning sebagai warna default. Warna kuning ini tidak menunjukkan warna kulit orang Asia, bahkan tidak terlihat seperti warna kulit manusia normal. 

Emoji dengan warna kulit kuning diklaim berkaitan dengan wajah tersenyum klasik yang populer di seluruh dunia dari tahun 1960-an hingga 1970-an.

Wajah tersenyum ini lahir di Amerika Serikat pada tahun 1963, ketika sebuah perusahaan asuransi menyewa desainer grafis Harvey Ball untuk merancang sebuah ikon untuk membantu menenangkan kecemasan karyawan mereka. 

Wajah smiley yang mudah digambar ini kemudian menjadi begitu populer, bahkan menjadi salah satu logo representatif budaya hippie. 

Emoji tersebut menghiasi berbagai berbagai kostum, komik dan album musik, dan menjadi simbol "Hari Senyum Sedunia". Secara keseluruhan, popularitas wajah tersenyum kuning ini telah meletakkan dasar untuk warna kulit emoji.

Emoji baru di iOS 14.5. (Apple)
Emoji baru di iOS 14.5. (Apple)

Alasan Kenapa Emoji Berwarna Kuning:

  1. Dari perspektif psikologi warna, kuning adalah warna yang sangat positif, dan kecerahannya dapat membuat orang merasa bahagia.
    Efek psikologis warna berasal dari dampak langsung rangsangan cahaya fisik warna pada fisiologi manusia, seperti merah membuat orang merasa bersemangat, biru membuat orang merasa tenang, dan kuning dapat membuat orang merasa hangat dan penuh harapan.
  2. Kuning juga merupakan warna netral yang mendekati warna kulit manusia. Kebanyakan vendor memilih warna ini karena karakteristiknya yang “netral secara etnis” dan “Non-human”.
  3. Ketimbang warna lain, ekspresi wajah dengan kulit warna kuning jauh lebih jelas dan menarik.

Itulah fakta menarik dan alasan kenapa emoji berwarna kuning seperti kebanyakan yang kita kenal sekarang ini.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait

TERKINI

Namanya viral, Benny Rhamdani ternyata punya kekayaan selangit, begini kata LHKPN KPK.
internet | 17:38 WIB
Dalam video pernikahan Sisca Kohl dan Jess No Limit, netizen soroti bangaimana mereka menyensor wajah orangtua.
internet | 15:41 WIB
"Udah capek didemo pas 2019 kemarin," celetuk netizen lain.
internet | 15:14 WIB
Suporter cantik ini bikin netizen Tanah Air kesengsem.
internet | 14:26 WIB
Denise Chariesta mengaku kalau sosok yang disebut RD ini telah mengonsumsi narkoba.
internet | 13:51 WIB
Fatwa haram Joget Pargoy ini telah disampaikanMUI Jember dalam surat resminya bernomor 02/MUI-Jbr/XI/2022.
internet | 13:35 WIB
Pengunjung gerai es krim premium ini auto panik saat melihat tikus.
internet | 13:28 WIB
Emak-emak ini nampak mengenakan jersey timnas Indonesia dengan lambang garuda di bagian dadanya.
internet | 12:10 WIB
Kamu Nanya Kamu Bertanya-tanya berapa tarif endorse Alif Cepmek berapa? Ia mengaku sampai Rp 20 juta lho.
internet | 11:15 WIB
Cara membuat Spotify Wrapped 2022 begitu mudah.
internet | 09:48 WIB
Entah hanya candaan atau bukan, aksi penjual roti bakar yang terima pembayaran dengan bitcoin ini langsung menuai berbagai komentar.
internet | 09:13 WIB
Nama Gerald 'Jerry' Lawson sudah tidak asing. Pria asal Amerika Serikat ini dikenal sebagai bapak video game modern berkat jasa-jasanya.
internet | 07:57 WIB
Pemerintah Amerika Serikat akhirnya ikut turun gunung terkait kegaduhan di media sosial Twitter.
internet | 22:28 WIB
Petugas dengan celana pendek ini sukses bikin netizen salfok.
internet | 21:19 WIB
Setelah Apple dan Huawei, kini giliran MediaTek yang menggandeng Bullitt.
internet | 21:08 WIB
CCTV ini merekam detik-detik bodi mobil yang tiba-tiba meledak.
internet | 21:06 WIB
Elon Musk santer menyindir Apple usai membeli Twitter, apa sebab?
internet | 21:01 WIB
"Hoki seumur hidup kepake," kata sang pengunggah video.
internet | 19:50 WIB
Tampilkan lebih banyak