Alasan Kenapa Emoji Berwarna Kuning? Simak Sejarahnya

Simak fakta menarik dan sejarah kenapa Emoji berwarna kuning.

Agung Pratnyawan
Selasa, 22 November 2022 | 17:19 WIB
Emoji Air Mata Sukacita. (stickpng)

Emoji Air Mata Sukacita. (stickpng)

Hitekno.com - Kenapa Emoji berwarna kuning seperti yang kita kenal sekarang ini? Bukan warna-warni, atau seperti warna kulit manusia? Simak pembahasan soal fakta menarik dan sejarah emoji.

Pastinya ada alasannya mengapa Emoji yang sering dipakai sebagai pemanis chatting tersebut berwarna kuning. Sebenarnya, emoji pada masa-masa awalnya diproduksi bukan dengan warna kuning melainkan putih.

Dilansir dari emojiall, emoji ditambahkan ke standar Unicode pada tahun 2010. Pada awalnya, hanya emoji dari kategori Smiley & Emotion dan emoji dari People & Body yang punya kulit kuning.

Baca Juga: Bikin Penasaran, Apa Arti Emoji Wajah Malaikat?

Meskipun emoji berada di bawah pengelolaan Unicode Consortium, ketika emoji baru menjadi kandidat final, Konsorsium Unicode hanya akan memutuskan bentuk dasar dan deskripsi setiap emoji dan memberikan prototipe hitam putihnya.

Akan tetapi, Unicode Consortium tidak memiliki kendali untuk menentukan warna emoji. Oleh karena itu, warna apa yang harus diberikan emoji dan bagaimana menangani detailnya, semuanya diserahkan kepada vendor untuk mendesain sendiri.

Kenapa Emoji Berwarna Kuning

Baca Juga: Bikin Penasaran, Apa Arti Emoji Bulan Hitam atau Bulan Gosong?

Pada awalnya, semua vendor memberikan sentuhan kulit berwarna putih pada emoji mereka. Namun karena alasan ini, emoji telah menerima berbagai kritik seperti kurangnya ekspresi, kurangnya keragaman, rasisme, dll.

Bahkan ada beberapa organisasi yang meluncurkan petisi yang disebut "DIVERSIFY MY EMOJI" untuk memprotes Apple bahwa warna kulit emoji harus diubah.

Emoji Baru iOS 15.4. (Emojipedia)
Emoji Baru iOS 15.4. (Emojipedia)

Hingga Unicode 8.0 pada tahun 2015, Unicode Consortium merilis lima skin tone modifier berdasarkan klasifikasi skin Fitzpatrick. Saat itu mereka memberikan lima macam modifikasi untuk warna kulit karakter, dari warna kulit cream hingga coklat tua.

Baca Juga: Hari Emoji Sedunia, Ini Arti Emoji pada Fitur Baru di WhatsApp

Tapi tidak peduli bagaimana warna kulit berubah, mereka semua menggunakan warna kuning sebagai warna default. Warna kuning ini tidak menunjukkan warna kulit orang Asia, bahkan tidak terlihat seperti warna kulit manusia normal. 

Emoji dengan warna kulit kuning diklaim berkaitan dengan wajah tersenyum klasik yang populer di seluruh dunia dari tahun 1960-an hingga 1970-an.

Wajah tersenyum ini lahir di Amerika Serikat pada tahun 1963, ketika sebuah perusahaan asuransi menyewa desainer grafis Harvey Ball untuk merancang sebuah ikon untuk membantu menenangkan kecemasan karyawan mereka. 

Baca Juga: Penjelasan Fitur Baru di WhatsApp, Termasuk React dengan Emoji

Wajah smiley yang mudah digambar ini kemudian menjadi begitu populer, bahkan menjadi salah satu logo representatif budaya hippie. 

Emoji tersebut menghiasi berbagai berbagai kostum, komik dan album musik, dan menjadi simbol "Hari Senyum Sedunia". Secara keseluruhan, popularitas wajah tersenyum kuning ini telah meletakkan dasar untuk warna kulit emoji.

Emoji baru di iOS 14.5. (Apple)
Emoji baru di iOS 14.5. (Apple)

Alasan Kenapa Emoji Berwarna Kuning:

  1. Dari perspektif psikologi warna, kuning adalah warna yang sangat positif, dan kecerahannya dapat membuat orang merasa bahagia.
    Efek psikologis warna berasal dari dampak langsung rangsangan cahaya fisik warna pada fisiologi manusia, seperti merah membuat orang merasa bersemangat, biru membuat orang merasa tenang, dan kuning dapat membuat orang merasa hangat dan penuh harapan.
  2. Kuning juga merupakan warna netral yang mendekati warna kulit manusia. Kebanyakan vendor memilih warna ini karena karakteristiknya yang “netral secara etnis” dan “Non-human”.
  3. Ketimbang warna lain, ekspresi wajah dengan kulit warna kuning jauh lebih jelas dan menarik.

Itulah fakta menarik dan alasan kenapa emoji berwarna kuning seperti kebanyakan yang kita kenal sekarang ini.

Kontributor: Damai Lestari
Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak