11 Tips Jualan di Facebook Marketplace, Dagangan Makin Laris Manis!

Facebook Marketplace memiliki jangkauan yang luas sehingga akan mendatangkan pengunjung yang sangat besar.

Agung Pratnyawan
Rabu, 27 Oktober 2021 | 07:30 WIB
Facebook Marketplace. (Facebook)

Facebook Marketplace. (Facebook)

Hitekno.com - Inilah tips jualan di facebook marketplace yang bisa kamu lakukan agar produk jualan kamu makin laris terjual. Facebook merupakan sebuah layanan jejaring sosial yang populer di berbagai kalangan dari mulai remaja hingga dewasa. Kamu juga pasti termasuk salah satu yang menggunakan aplikasi Facebook kan?

Selain bisa digunakan untuk menemukan banyak teman, Facebook menawarkan berbagai fitur canggih yang bisa membuat kamu betah membuka aplikasi facebook seharian seperti fitur acara, catatan, Facebook Questions, streaming langsung, gaming, hingga marketplace.

Dari sekian banyak fitur tersebut, fitur marketplace merupakan yang paling sering dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berjualan di Facebook. Facebook Marketplace adalah tempat bagi para pengguna Facebook untuk mencari, membeli, dan menjual barang yang dengan lebih mudah.

Baca Juga: 7 Tips Merawat Laptop Gaming Agar Baterai Tetap Awet

Banyak manfaat yang kamu dapatkan saat kamu mulai berjualan di Facebook Marketplace karena Facebook Marketplace memiliki jangkauan yang luas sehingga akan mendatangkan pengunjung yang sangat besar.

Untuk bisa berjualan di Facebook Marketplace bisa kamu lakukan secara gratis loh, kamu hanya perlu memiliki akun facebook yang aktif saja. Berikut ini tips jualan di facebook marketplace yang bisa kamu terapkan untuk mulai meramaikan produk jualan kamu:

Facebook Marketplace. (Facebook)
Facebook Marketplace. (Facebook)

1. Upload foto produk yang menarik
Foto produk yang bagus merupakan salah satu komponen penting untuk menarik pembeli, oleh karena itu kamu harus membuat foto produk kamu agar tampak lebih menarik. Usahakan kamu menggunakan foto lebih dari satu produk dan lakukan foto produk dengan bagus lalu buat desain produk semenarik mungkin.

Baca Juga: 3 Tips Cegah HP Panas saat Main Game Mobile

2. Posting minimal 10 kali sehari
Agar produk yang kamu jual bisa berada di barisan produk yang direkomendasikan oleh Facebook, maka kamu harus rajin memposting foto produk kamu dengan rutin minimal 10 kali sehari. Jangan lupa untuk memberi jeda beberapa menit untuk setiap postingan agar postingan kamu tidak dianggap sebagai spam.

3. Perbaharui postingan secara berkala
Agar penjualan kamu di Facebook Marketplace terus meningkat, kamu perlu mengupload foto produk kamu secara berkala agar bisa menjangkau banyak pembeli. Hal yang perlu kamu perbaharui secara berkala maksimal 7 hari sekali yaitu memperbaharui foto utama produk, mengubah hashtag dan lokasi target penjualan yang berbeda. Dengan sering memperbaharui postingan produk kamu, Facebook akan mengetahui bahwa produk kamu masih aktif dan akan tampil pada urutan teratas di daftar produk marketplace.

4. Berikan deskripsi yang jelas dan mengandung keyword
Berikan deskripsi produk dan kondisi dari barang yang kamu jual dengan lengkap. Pastikan kamu menjelaskan setiap kekurangan dan kelebihan produk kamu. Deskripsi produk boleh sama di setiap kali kamu melakukan postingan, tetapi jangan lupa untuk menyisipkan kata-kata yang mengandung keyword agar bisa ditemukan oleh pembeli.

Baca Juga: 5 Tips Beli Laptop Bekas, Jangan Sampai Salah Pilih

5. Berikan testimoni
Agar para pembeli lebih percaya dengan produk yang kamu jual, kamu bisa menambahkan testimoni untuk meyakinkan dari para pembeli yang sudah pernah melakukan transaksi.

6. Promosi ke grup
Untuk memperluas penjualan produk kamu di Facebook Marketplace, kamu bisa memanfaatkan fitur “bagikan ke grup” untuk membagikan informasi produk yang kamu jual ke grup yang kamu pilih.

7. Gunakan layanan Facebook ads
Apabila kamu memiliki modal yang cukup, kamu bisa menggunakan layanan Facebook ads untuk memberikan hasil yang lebih optimal. Biaya yang diperlukan untuk menggunakan layanan Facebook Ads sendiri bervariasi, penetapan biaya tergantung pada calon pembeli yang menjadi target dan biaya per klik atau cost per click (CPC).

Baca Juga: 5 Tips Beli HP Bekas, Cara Dapatkan Barang Terbaik

8. Jual produk dengan harga yang terjangkau
Jual produk kamu di Facebook Marketplace dengan harga terjangkau, karena untuk produk yang harganya mahal pembeli akan lebih memilih untuk membeli melalui website resmi atau secara langsung.

9. Sertakan nomor telepon yang bisa dihubungi di setiap deskripsi produk
Nomor telepon sangat penting untuk dimasukan kedalam deskripsi produk, agar pembeli yang tertarik dengan produk yang kamu jual bisa langsung menghubungi kamu.

10. Fast Respon
Tanggapilah dengan cepat orang yang menghubungi kamu baik melalui messenger, whatsapp dan lainnya. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi autotext untuk memudahkan kamu dalam berkomunikasi dengan calon pembeli.

11. Memudahkan pengiriman
Facebook Marketplace tidak terhubung dengan pengiriman sehingga kamu perlu menghitung ongkos kirim sendiri. Nah untuk memudahkan kamu dan juga pembeli dalam melakukan transaksi maka kamu bisa memberi gratis ongkir atau flat ongkir. Dengan memudahkan proses pembelian dan pengiriman, maka akan sangat efektif untuk meningkatkan penjualan.

Itulah tips jualan di Facebook Marketplace yang bisa kamu coba untuk meningkatkan penjualan kamu. Membutuhkan proses agar produk kamu dikenal dan akhirnya terjual atau mungkin saja kamu akan menerima banyak pertanyaan dari calon pembeli yang tertarik untuk membeli produk kamu, jadi kamu harus tekun dan bersabar ya untuk melalui setiap proses berjualan!

Kontributor: Jeffry francisco
Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak