Internet

11 Tips Jualan di Facebook Marketplace, Dagangan Makin Laris Manis!

Facebook Marketplace memiliki jangkauan yang luas sehingga akan mendatangkan pengunjung yang sangat besar.

Agung Pratnyawan

Facebook Marketplace. (Facebook)
Facebook Marketplace. (Facebook)

Hitekno.com - Inilah tips jualan di facebook marketplace yang bisa kamu lakukan agar produk jualan kamu makin laris terjual. Facebook merupakan sebuah layanan jejaring sosial yang populer di berbagai kalangan dari mulai remaja hingga dewasa. Kamu juga pasti termasuk salah satu yang menggunakan aplikasi Facebook kan?

Selain bisa digunakan untuk menemukan banyak teman, Facebook menawarkan berbagai fitur canggih yang bisa membuat kamu betah membuka aplikasi facebook seharian seperti fitur acara, catatan, Facebook Questions, streaming langsung, gaming, hingga marketplace.

Dari sekian banyak fitur tersebut, fitur marketplace merupakan yang paling sering dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berjualan di Facebook. Facebook Marketplace adalah tempat bagi para pengguna Facebook untuk mencari, membeli, dan menjual barang yang dengan lebih mudah.

Banyak manfaat yang kamu dapatkan saat kamu mulai berjualan di Facebook Marketplace karena Facebook Marketplace memiliki jangkauan yang luas sehingga akan mendatangkan pengunjung yang sangat besar.

Untuk bisa berjualan di Facebook Marketplace bisa kamu lakukan secara gratis loh, kamu hanya perlu memiliki akun facebook yang aktif saja. Berikut ini tips jualan di facebook marketplace yang bisa kamu terapkan untuk mulai meramaikan produk jualan kamu:

Facebook Marketplace. (Facebook)
Facebook Marketplace. (Facebook)

1. Upload foto produk yang menarik
Foto produk yang bagus merupakan salah satu komponen penting untuk menarik pembeli, oleh karena itu kamu harus membuat foto produk kamu agar tampak lebih menarik. Usahakan kamu menggunakan foto lebih dari satu produk dan lakukan foto produk dengan bagus lalu buat desain produk semenarik mungkin.

2. Posting minimal 10 kali sehari
Agar produk yang kamu jual bisa berada di barisan produk yang direkomendasikan oleh Facebook, maka kamu harus rajin memposting foto produk kamu dengan rutin minimal 10 kali sehari. Jangan lupa untuk memberi jeda beberapa menit untuk setiap postingan agar postingan kamu tidak dianggap sebagai spam.

3. Perbaharui postingan secara berkala
Agar penjualan kamu di Facebook Marketplace terus meningkat, kamu perlu mengupload foto produk kamu secara berkala agar bisa menjangkau banyak pembeli. Hal yang perlu kamu perbaharui secara berkala maksimal 7 hari sekali yaitu memperbaharui foto utama produk, mengubah hashtag dan lokasi target penjualan yang berbeda. Dengan sering memperbaharui postingan produk kamu, Facebook akan mengetahui bahwa produk kamu masih aktif dan akan tampil pada urutan teratas di daftar produk marketplace.

4. Berikan deskripsi yang jelas dan mengandung keyword
Berikan deskripsi produk dan kondisi dari barang yang kamu jual dengan lengkap. Pastikan kamu menjelaskan setiap kekurangan dan kelebihan produk kamu. Deskripsi produk boleh sama di setiap kali kamu melakukan postingan, tetapi jangan lupa untuk menyisipkan kata-kata yang mengandung keyword agar bisa ditemukan oleh pembeli.

5. Berikan testimoni
Agar para pembeli lebih percaya dengan produk yang kamu jual, kamu bisa menambahkan testimoni untuk meyakinkan dari para pembeli yang sudah pernah melakukan transaksi.

6. Promosi ke grup
Untuk memperluas penjualan produk kamu di Facebook Marketplace, kamu bisa memanfaatkan fitur “bagikan ke grup” untuk membagikan informasi produk yang kamu jual ke grup yang kamu pilih.

7. Gunakan layanan Facebook ads
Apabila kamu memiliki modal yang cukup, kamu bisa menggunakan layanan Facebook ads untuk memberikan hasil yang lebih optimal. Biaya yang diperlukan untuk menggunakan layanan Facebook Ads sendiri bervariasi, penetapan biaya tergantung pada calon pembeli yang menjadi target dan biaya per klik atau cost per click (CPC).

8. Jual produk dengan harga yang terjangkau
Jual produk kamu di Facebook Marketplace dengan harga terjangkau, karena untuk produk yang harganya mahal pembeli akan lebih memilih untuk membeli melalui website resmi atau secara langsung.

9. Sertakan nomor telepon yang bisa dihubungi di setiap deskripsi produk
Nomor telepon sangat penting untuk dimasukan kedalam deskripsi produk, agar pembeli yang tertarik dengan produk yang kamu jual bisa langsung menghubungi kamu.

10. Fast Respon
Tanggapilah dengan cepat orang yang menghubungi kamu baik melalui messenger, whatsapp dan lainnya. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi autotext untuk memudahkan kamu dalam berkomunikasi dengan calon pembeli.

11. Memudahkan pengiriman
Facebook Marketplace tidak terhubung dengan pengiriman sehingga kamu perlu menghitung ongkos kirim sendiri. Nah untuk memudahkan kamu dan juga pembeli dalam melakukan transaksi maka kamu bisa memberi gratis ongkir atau flat ongkir. Dengan memudahkan proses pembelian dan pengiriman, maka akan sangat efektif untuk meningkatkan penjualan.

Itulah tips jualan di Facebook Marketplace yang bisa kamu coba untuk meningkatkan penjualan kamu. Membutuhkan proses agar produk kamu dikenal dan akhirnya terjual atau mungkin saja kamu akan menerima banyak pertanyaan dari calon pembeli yang tertarik untuk membeli produk kamu, jadi kamu harus tekun dan bersabar ya untuk melalui setiap proses berjualan!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait