Smartphone, Laptop atau Tablet, Mana yang Paling Cocok untuk Pelajar?

Smartphone, laptop atau tablet punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, mana yang bisa memenuhi kebutuhan pelajar untuk pendidikan?

Agung Pratnyawan
Rabu, 08 Desember 2021 | 14:37 WIB
Samsung Galaxy M12, Smartphone untuk Pelajar. (Samsung Indonesia)

Samsung Galaxy M12, Smartphone untuk Pelajar. (Samsung Indonesia)

Hitekno.com - Pelajar saat ini menghadapi pembelajaran jarak jauh atau belajar online. Tentunya membutuhkan perangkat untuk menunjangnya, seperti smartphone, tablet atau laptop. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan untuk mengikuti kelas online.

Di antara smartphone, tablet dan laptop, mana yang lebih cocok untuk pelajar saat ini? Tentunya kita harus mengetahui apa saja kebutuhan dalam belajar online. Apa saja yang dilakukan selama kelas online, dan tugas-tugas apa yang harus dikerjakan.

Pastinya para pelajar akan membutuhkan perangkat untuk bisa mengikuti kelas online, seperti Zoom atau Google Classroom. Pastinya membutuhkan perangkat dengan fitur bawaan seperti kamera, speaker dan microphone.

Baca Juga: Samsung Galaxy Z Flip3 5G, Si Mungil nan Stylish

Selagi kelas online berlangsung, terkadang harus membuka aplikasi lain secara bersamaan. Untuk itu diperlukan perangkat yang memiliki performa handal, terlebih dalam melakukan multitasking selama belajar online.

Juga membutuhkan dukungan dalam mengerjakan tugas-tugas guru selama pembelajaran jarak jauh. Karenanya dibutuhkan perangkat yang mudah untuk mengolah dokumen, termasuk mengetik tugas-tugas tersebut. 

Selain itu terkadang guru memberikan tugas dalam bentuk video. Tidak hanya membutuhkan dalam merekam video, namun juga untuk edit hasil rekaman dengan mudah. Belum lagi tugas-tugas lainnya.

Baca Juga: Lebih Produktif Bersama Inovasi Layar Canggih Samsung Galaxy Z Fold3

Dari beberpa kriteria di atas, kita bisa melihat apa saja kelebihan dan kekurang dari smartphone, tablet dan laptop dalam mendukung pelajar dalam belajar online.

1. Laptop

Samsung Chromebook 4. (Samsung Indonesia)
Samsung Chromebook 4, laptop untuk pelajar. (Samsung Indonesia)

Untuk keperluan kelas online baik Zoom dan Google Classroom, laptop tidak memiliki kendala. Terlebih laptop kini pasti tersedia dengan webcame, speaker dan microphone. Namun untuk kenyaman dibutuhkan tambahan headset atau earphone.

Baca Juga: 5 Ide Smart Home, Wujudkan Rumah Idamanmu Bersama Samsung

Untuk kemampuan multitasking dan mengerjakan tugas, performa laptop tidak diragukan lagi. Juga kemudahan untuk pengolahan dokumen, karena adanya keyboard fisik yang nyaman dalam mengetik tugas-tugas dari guru.

Bentuk fisik yang cukup besar memang menyulitkan untuk dibawa-bawa. Namun ukuran layar yang lega ini memudahkan pelajar dalam membaca materi dari guru dengan jelas. Namun harus ditebus dengan harga cukup mahal, bahkan lebih dari Rp 5 juta.

2. Smartphone

Baca Juga: 7 HP Samsung RAM 8 GB dengan Harga Mulai Rp 3 Jutaan

Samsung Galaxy M12, Smartphone untuk Pelajar. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy M12, Smartphone untuk Pelajar. (Samsung Indonesia)

Samsung menjadi solusi perangkat untuk pelajar dalam belajar online termurah. Mulai dari harga di bawah Rp 2 juta, sudah bisa mendapatkan smartphone seperti Samsung Galaxy M12 dan Samsung Galaxy A03s. Layar lega dan handal untuk mengikuti kelas online.

Samsung Galaxy M12 dan Samsung Galaxy A03s menawarkan layar berukuran 6,5 inci berkualitas yang tajam sehingga jelas dalam membaca materi. Juga kamera belakang dan depan yang bisa diandalkan untuk merekam, termasuk memotret materi.

Kelebihan smartphone untuk pelajar adalah pada sisi hemat daya dan mudah untuk dibawa-bawa. Aman untuk mengikuti kelas online yang cukup panjang. Samsung Galaxy M12 dan Samsung Galaxy A03s memakai baterai berkapasitas besar, 5.000 mAh yang aman untuk pemakaian seharian.

Namun jika dibandingkan laptop atau tablet, layarnya tergolong kecil. Juga kurang nyaman dalam pengolahan dokumen, seperti keperluan mengetik tugas dari guru. Meski begitu, tetak bisa digunakan untuk pelajar dalam belajar online.

3. Tablet

Samsung Galaxy Tab S6 Lite. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy Tab S6 Lite, tablet untuk pelajar. (Samsung Indonesia)

Tablet berada di antara smartphone dan laptop dalam hal kemudahan dan kehandalan untuk menunjang pelajar mengikuti belajar online. Memiliki layar yang jauh lebih lega dari smartphone, sehingga sama nyamannya dengan laptop dalam membaca materi.

Laptop juga memiliki daya tahan baterai yang cukup hemat, bahkan menyaingi smartphone yang jauh lebih hemat dibandingkan laptop. Juga telah tersedia kamera, speaker dan microphone terintegrasi dalam perangkat ini.

Kelemahan tablet pada sisi kenyamanan dalam mengolah dokumen, seperti mengetik tak senyaman laptop. Namun tenang, ada sejumlah aksesori keyboard yang bisa dikombinasikan dengan tablet. Namun tablet ini punya harga lebih tinggi, setidaknya di atas Rp 3 juta.

Smartphone, Tablet atau Laptop yang Cocok untuk Pelajar

Dari perbedaan smartphone, tablet dan laptop di atas. Kita bisa melihat smartphone menjadi solusi perangkat untuk pelajar termurah. Hanya dengan harga di bawah Rp 3 juta, sudah bisa mendapatkan smartphone handal untuk belajar online.

Seperti Samsung Galaxy A03s yang dihargai Rp 1.799.000 saja dan tersedia dalam pilihan warna biru, hitam, dan putih. Smartphone ini dibekali layar 6,5 inci, baterai 5.000 mAh, RAM 4 GB + memori internal 64 GB, tiga kamera belakang.

Sedangkan Galaxy M12 tersedia dua pilihan, yakni RAM 3 GB seharga Rp 1.799.000 dan RAM 4 GB seharga Rp 1.999.000. Tersedia tiga pilihan warna: hitam, hijau, dan biru. Smartphone ini menawarkan layar 6,5 inci dan baterai 5.000 mAh.

Berita Terkait
TERKINI

Butuh hardisk potabel dengan kapasitas besar? Cek WD My Passport 6TB....

gadget | 13:40 WIB

Berikut ini beberapa kelebihan POCO Pad yang harus diperhatikan....

gadget | 11:05 WIB

Setlah pemasaran online, kini Redmi 13 dijual secara offline....

gadget | 10:44 WIB

Vivo X Fold3 Pro dan Vivo X100 Series, jajaran HP flagship terbaru Vivo Indonesia....

gadget | 10:22 WIB

Berbagai produk terbaru dari Asus telah dipamerkan di COMPUTEX 2024....

gadget | 11:03 WIB

Masih berkolaborasi dengan ZEISS, Vivo X100 Series diklaim membawa terobosan baru dalam fitur fotografinya....

gadget | 10:56 WIB

Siklus Data AI sendiri yakni framework enam tahap yang dapat mendefinisikan gabungan kapasitas beban kerja AI berskala b...

gadget | 10:40 WIB

Di COMPUTEX 2024, Asus memperlihatkan keahliannya di bidang server, penyimpanan, dan arsitektur data center....

gadget | 09:34 WIB

Vivo X Fold3 Pro, smartphone lipat yang dinanti-nanti kehadirannya....

gadget | 10:41 WIB

Dell AI Factorydengan NVIDIA mengintegrasikan portofolio AI terdepan Dell denganplatformperangkat lunakNVIDIA AI Enterpr...

gadget | 10:28 WIB

Dukungan MediaTek untuk NVIDIA TAO akan menciptakan sebuah pengalaman mulus bagi para pengembang....

gadget | 10:09 WIB

Berikut ini jajaran monitor baru yang diluncurkan Samsung untuk 2024....

gadget | 10:31 WIB

Bergabung dengan Arm Total Design, MediaTek ingin mendorong pembentukan masa depan komputasi AI....

gadget | 10:21 WIB

MediaTek memamerkan deretan teknologi baru yang disiapkan untuk Chromebook dan smart TV di COMPUTEX 2024....

gadget | 10:24 WIB

Apa saya yang turun harga, cek daftar harga produk Xiaomi Indonesia untuk Juni 2024 ini....

gadget | 10:46 WIB

Cek seperti apa Realme GT 6 yang diklaim sebagai flagship killer ini....

gadget | 10:34 WIB

Vivo Y28 diklaim cocok dalam menunjang berbagai aktivitas mahasiswa dalam perkuliahan....

gadget | 10:12 WIB

Selama update Honkai Impact 3 v7.5, 10 pembukaan pertama Battlesuit Crate Lantern didiskon 50%....

gadget | 10:00 WIB
Tampilkan lebih banyak