Gadget

Cara Bersihkan Speaker HP, Lebih Bersih dan Bikin Audio Jernih

Untuk terhindar dari debu yang menumpuk, berikut cara bersihkan speaker HP dengan mudah dan praktis.

Amelia Prisilia

Ilustrasi HP. (pexels/Adrianna)
Ilustrasi HP. (pexels/Adrianna)

Hitekno.com - Salah satu bagian dari HP yang kerap kali diabaikan adalah speaker. Sering menjadi sarang debu, siapa sangka jika speaker yang kotor justru memberi pengaruh besar pada hasil audio yang didengarkan. Khusus untuk kamu, berikut cara bersihkan speaker HP.

Speaker HP yang terlalu kotor dan menjadi rumah untuk debu membuat audio yang dihasilkan biasanya jauh lebih kecil dan tidak lagi memiliki kualitas yang baik.

Saat kamu merasa audio di HP mulai tidak terdengar jelas, maka kamu perlu untuk membersihkan speaker HP untuk kembali menghadirkan audio yang super jernih. Mengabaikan hal ini tentu akan memberi banyak dampak buruk.

Untuk terhindar dari debu yang menumpuk, berikut cara bersihkan speaker HP dengan mudah dan praktis. Dengan cara ini, audio yang dihasilkan di HP akan jauh lebih jernih dari sebelumnya.

Langkah pertama, kamu bisa membersihkan speaker HP dengan menggunakan sikat gigi bekas. Menghindari campuran sabun dan air yang justru berbahaya bagi HP, pengguna bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan speaker.

Ilustrasi HP. (pexels/Daria)
Ilustrasi HP. (pexels/Daria)

Agar bisa merata di sikat gigi, ada baiknya untuk menggunakan hand sanitizer yang memiliki tekstur gel ya. Selanjutnya, pengguna hanya perlu membalurkan gel hand sanitizer tersebut ke permukaan sikat gigi.

Jika sudah merata, pengguna hanya perlu menyikat bagian speaker HP yang ada di bagian atas di layar depan maupun di bagian bawah perangkat secara merata.

Setelah tiap proses pembersihan di atas diikuti, kamu hanya perlu memeriksa bagian speaker apakah masih dipenuhi oleh debu dan kotoran atau sudah benar-benar bersih.

Dapat dilakukan dengan mudah dan praktis, itu tadi cara bersihkan speaker HP. Dengan mengikuti cara ini, kamu bisa mendapatkan speaker yang bersih dan audio super jernih untuk kembali digunakan sehari-hari.

Berita Terkait