Gadget

5 Aplikasi Screenshot Panjang di HP

Gunakan aplikasi screenshot panjang ini untuk menangkap tampilan satu website penuh.

Agung Pratnyawan

Aplikasi Screenshot Panjang di HP. (Google Play Store)
Aplikasi Screenshot Panjang di HP. (Google Play Store)

Hitekno.com - Inilah aplikasi screenshot panjang di HP yang bisa kamu install untuk memudahkan kamu mengambil gambar secara keseluruhan dalam satu kali screenshot. Kamu masih melakukan screenshot satu per satu untuk mendapatkan seluruh informasi panjang pada HP kamu? Sangat merepotkan ya? 

Sekarang ini sudah banyak aplikasi untuk melakukan screenshot panjang seperti laman web atau chat secara keseluruhan dalam satu kali screenshot.
Pada semua HP android sebenarnya sudah ada fitur untuk melakukan screenshot, namun tidak semua HP android bisa melakukan screenshot panjang. 

Beberapa HP android yang sudah memiliki fitur bawaan untuk bisa melakukan screenshot panjang diantaranya Oppo, Xiaomi, Samsung, Vivo, Huawei, dan beberapa merk lainnya.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena untuk HP android yang tidak memiliki aplikasi bawaan untuk melakukan screenshot panjang, kamu bisa menginstall aplikasi dari Google PlayStore yang memberikan fitur screenshot panjang.

Dengan menginstall aplikasi screenshot panjang di HP, selain bisa digunakan untuk mengambil tangkapan layar kamu juga bisa melakukan editing, menambahkan font atau tulisan, serta masih banyak lagi.

Gimana? Kamu sudah tertarik untuk menginstall aplikasi screenshot panjang di HP? Berikut ini beberapa aplikasi screenshot panjang di HP yang bisa kamu gunakan dengan mudah :

1. Web Scroll Capture

Aplikasi Screenshot Panjang di HP - Web Scroll Capture. (Google Play Store)
Aplikasi Screenshot Panjang di HP - Web Scroll Capture. (Google Play Store)

Web Scroll Capture adalah aplikasi untuk melakukan screenshot panjang. Aplikasi screenshot panjang di HP ini juga tergolong mudah digunakan.

Kamu tinggal buka aplikasi tersebut, lalu memasukan alamat website, kemudian tinggal pilih screenshot yang posisinya ada di bagian kanan bawah. Hal menarik dari aplikasi ini adalah hadirnya tiga opsi yang bisa dipilih. 

Opsi pertama adalah "Download this page completely". Fitur ini berfungsi untuk mengunduh halaman secara lengkap. Opsi kedua adalah "Capture as PDF".

Opsi ini berfungsi untuk screenshot dengan hasil format PDF. Opsi ketiga adalah "Capture as Image" yakni hasil screenshot berupa gambar.

2. Screen Master

Aplikasi Screenshot Panjang di HP - Screen Master. (Google Play Store)
Aplikasi Screenshot Panjang di HP - Screen Master. (Google Play Store)

Aplikasi screenshot panjang terbaik di HP Android yang satu ini tidak kalah menarik. Screen Master menjadi aplikasi yang multifungsi karena selain bisa melakukan screenshot panjang, aplikasi ini mampu mengambil screenshot dengan cepat tanpa menekan tombol fisik. 

Namun sebelum itu, kamu harus melakukan pengaturan di dalam aplikasinya terlebih dahulu. Menariknya, hasil screenshot dengan Screen Master bisa di-edit sesuai dengan keinginan kamu. Seperti menambahkan stiker, teks, lingkaran, garis, tanda panah, dan masih banyak yang lainnya lagi.

3. LongShot

Aplikasi Screenshot Panjang di HP - LongShot. (Google Play Store)
Aplikasi Screenshot Panjang di HP - LongShot. (Google Play Store)

LongShot merupakan aplikasi yang bisa kamu andalkan untuk melakukan tangkapan layar panjang dari sebuah percakapan, halaman web, dan lainnya dengan praktis. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan tidak memberikan watermark pada hasil screenshot-nya. 

Selain itu aplikasi LongShot juga memiliki ukuran yang ringan yaitu hanya 5,7 MB saja. Di Google Play Store aplikasi ini cukup populer terbukti dari jumlah unduhannya mencapai 1 juta lebih.

4. Stitch & Share

Aplikasi Screenshot Panjang di HP - Stitch & Share. (Google Play Store)
Aplikasi Screenshot Panjang di HP - Stitch & Share. (Google Play Store)

Stitch & Share Longer Screenshot bisa melakukan screenshot panjang dengan cara menggeser aplikasi.  Setelah aplikasi ini diinstall, jalankan fitur screenshot panjang.

Selanjutnya buka halaman yang akan kamu screenshot, lalu tekan ‘Start’ untuk memulai tangkapan layar. Gulir 60% layar dengan lambat, setelah sampai di ujung bagian yang ingin ditangkap, tekan tombol ‘Save’. Aplikasi Stitch & Share juga dibekali fitur untuk mengedit hasil screenshot. 

Seperti fitur untuk menyorot dan mengubah warna teks, atau menghapus bagian pada hasil tangkapan. Salah satu aplikasi yang menjawab dengan baik untuk kebutuhan khusus screenshot panjang, dan tidak hanya bisa melakukan screenshot panjang, tetapi aplikasi ini juga memungkinkan kamu mengatur beberapa gambar lama menjadi lebih besar.

5. Web Screenshots for Android

Aplikasi Screenshot Panjang di HP - Web Scroll Capture. (Google Play Store)
Aplikasi Screenshot Panjang di HP - Web Scroll Capture. (Google Play Store)

Aplikasi Web Screenshots for Android berfungsi untuk menangkap layar di Android ini memiliki ukuran sekitar 1,5MB, dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan screenshot panjang di HP kamu dengan mudah.

Sekarang kamu tidak perlu repot-repot lagi menggabungkan gambar hasil screenshot kamu karena aplikasi ini bisa menangkap layar secara horizontal dan vertikal.

Itulah aplikasi screenshot panjang di HP yang bisa kamu install agar kamu bisa melakukan screenshot panjang pada halaman web berita, Facebook, Twitter dan lain-lain. Jadi apa kamu sudah memutuskan mau install aplikasi yang mana? Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait