Gadget

Gelar Huawei Developer Day ID 2021, Begini Cara Kerja HarmonyOS

Cara kerja HarmonyOS di perangkat mencakup beberapa langkah penting.

Amelia Prisilia

Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Hari ini, Jumat (10/9/2021), Huawei resmi menggelar Huawei Developer Day ID 2021. Dalam event ini, Huawei memperkenalkan sistem operasi baru dari keluarganya yaitu HarmonyOS beserta cara kerjanya.

Dalam presentasinya, Steven Pongidin selaku Developer Technical Support Manager Huawei memaparkan sejumlah hal terkait sistem operasi anyar dari Huawei yaitu HarmonyOS.

Huawei mengklaim HarmonyOS mampu memberikan performa yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan sistem operasi lainnya yang digunakan oleh perangkat-perangkat Android lainnya.

Disampaikan olehnya, cara kerja HarmonyOS di perangkat mencakup beberapa langkah penting. Step pertama adalah Distributed Virtual Bus yang membuka alur kerja HarmonyOS di perangkat yang digunakan.

Dari langkah ini berlanjut pada Distributed Device Virtualization yang mengurus virtual dan kemanaan pada perangkat yang bekerja dengan dukungan HarmonyOS. Kemudian dilanjutkan dengan Distributed Data Management untuk transfer data antara device.

Huawei Developer Day ID 2021. (Huawei)
Huawei Developer Day ID 2021. (Huawei)

Berlanjut pada Distributed Task Scheduling untuk membuat proses management tugas aplikasi dan program menjadi lebih tertatur dan serba canggih. Langkah berikutnya lalu menuju pada Distributed Security yang terkait dengan keamanan pada HarmonyOS.

Lebih lanjut, Steven Pongidin mengungkap 4 kunci utama yang menjadi terobosan besar pada HarmonyOS. Yang pertama adalah kemampuan fleksibel yang membuatnya mampu beradaptasi dengan beberapa device termasuk RAM yang digunakan.

Yang kedua, HarmonyOS memiliki sharing capabilities yang memungkinkan untuk menghubungkan beberapa device ke HP, komputer hingga smartwatch. Selanjutnya, HarmonyOS diklaim memberi tampilan yang lebih smooth dan cepat.

Huawei Developer Day ID 2021. (Huawei)
Huawei Developer Day ID 2021. (Huawei)

Terakhir, HarmonyOS juga menghadirkan development tools untuk mendukung multidevices yang memberikan pengalaman menarik serta mudah digunakan oleh penggunanya.

Soal game, HarmonyOS bekerja sama dengan Cocos untuk memberikan pengalaman berbeda pada penggunanya. Mendukung sekolah online di tengah masa pandemi, HarmonyOS bekerja sama dengan VIPkid untuk memberikan edukasi.

Di masa mendatang, Huawei menjanjikan HarmonyOS mampu bekerja sama dengan berbagai ekosistem partner guna untuk mencakup pasar yang jauh lebih luas daripada yang sudah ada saat ini.

Berita Terkait