Gadget

Tak Perlu Ribet, Ini Cara Save HTML ke PDF di HP

Gunakan cara save HTML ke PDF di HP ini, mudah kok.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi website. (Pixabay)
Ilustrasi website. (Pixabay)

Hitekno.com - Inilah cara save HTML ke PDF di HP, tanpa harus ribet dan bisa langsung kamu coba di HP kamu dengan sangat mudah.

Penggunaan telepon seluler atau HP pada zaman sekarang bukan hanya sekedar sebagai alat komunikasi saja. Karena zaman sekarang sudah banyak fitur canggih yang tersedia di ponsel pintar tersebut. 

Dari mulai anak – anak sekolah hingga para pekerja pasti memerlukan HP untuk mempermudah mereka dalam mencari tugas – tugas sekolah hingga mempermudah pekerjaan para pekerja. 

Apalagi di zaman serba online seperti sekarang ini. Dari mulai berbelanja, pesan makanan sampai mencari informasi apapun bisa melalui HP.

Untuk kamu yang tidak sempat membuka komputer atau laptop untuk menyimpan atau save HTML, ada cara yang paling mudah ketika kamu ingin menyimpan atau save HTML ke PDF hanya dengan menggunakan HP Android kamu tidak perlu install aplikasi tambahan lainnya yaitu cukup membuka website yg pastinya adalah format HTML dengan menggunakan Google Chrome pada HP kamu.

Ilustrasi website toko online. (Pixabay/CyberRabbit)
Ilustrasi website toko online. (Pixabay/CyberRabbit)

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yaitu bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser).

Langkah – langkah yang bisa kamu lakukan apabila ingin mengubah web HTML menjadi file PDF menggunakan HP adalah sebagai berikut :

  1. Buka web browser Google Chrome di HP kamu
  2. Kemudian silahkan kamu browsing atau buka halaman web HTML yang ingin kamu simpan menjadi file PDF
  3. Setelah itu Klik Tanda Titik Tiga Vertikal yang ada di pojok kanan atas
  4. Setelah halaman web terbuka, klik Bagikan yang ada pada pilihan menu
  5. Kemudian pilih ikon Cetak ( Gambar printer )
  6. Setelah itu akan muncul web HTML tersebut berupa file yang siap disimpan dan secara default akan muncul tulisan Simpan sebagai PDF
  7. Klik tanda panah kecil ke bawah apabila kamu ingin menyesuaikan pengaturan file tersebut karena terdapat beberapa pilihan untuk mengatur kertas,  warna, orientasi file, dan halaman file
  8. Setelah selesai mengedit kamu tinggal klik gambar PDF kecil yang berada di pojok kanan atas
  9. Klik SIMPAN dan file PDF dari web html tadi sudah siap sekarang

Gimana? mudah bukan cara save HTML ke PDF di HP kamu dengan sangat mudah. Selamat mencoba

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait