Gadget

Oppo Reno 6 vs Samsung Galaxy A72, Harus Beli HP Rp 5 Jutaan yang Mana?

Simak ulasan perbandingan Oppo Reno6 dan Samsung Galaxy A72 berikut ini ya.

Amelia Prisilia

Oppo Reno 6 vs Samsung Galaxy A72. (Oppo, Samsung)
Oppo Reno 6 vs Samsung Galaxy A72. (Oppo, Samsung)

Hitekno.com - Mengisi kategori HP Rp 5 jutaan, Oppo Reno6 dan Samsung Galaxy A72 bersaing cukup ketat. Dibanderol dengan rentang harga yang masih sama, simak ulasan perbandingan Oppo Reno6 dan Samsung Galaxy A72 berikut ini ya.

Melihat waktu peluncuran, Samsung Galaxy A72 telah rilis lebih dahulu pada bulan Maret 2021 lalu. Sebagai perbandingan, menyusul Samsung, Oppo Reno6 baru diperkenalkan pada Juli 2021.

Dibanderol dengan harga Rp 5 jutaan, dua perangkat ini rupanya membawa spesifikasi beragam. Tidak hanya itu, dua perangkat dari Oppo dan Samsung ini juga memiliki keunggulan masing-masing.

Sebelum memutuskan untuk membeli salah satu dari dua perangkat ini, simak ulasan perbandingan Oppo Reno6 dan Samsung Galaxy A72 berikut ini ya.

Layar

Samsung Galaxy A72. (Samsung)
Samsung Galaxy A72. (Samsung)

Jika dibandingkan, Oppo Reno6 dan Samsung Galaxy A72 membawa ukuran layar yang berbeda. Untuk kategori ini, Samsung Galaxy A72 membawa tampilan lebih lega dengan ukuran 6,7 inci.

Layar Super AMOLED Full HD Plus berukuran 6,7 inci ini menggunakan desain Infinity-O. Membuat nyaman, perangkat ini dibekali fitur Eye Comfort Shield dengan kecerahan mencapai 800 nits.

Di sisi lain, Oppo Reno6 meluncur dengan menggunakan layar AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi 90Hz. Oppo menyebut Oppo Reno6 ini menghadirkan pengalaman multimedia yang jelas dan mulus serta desain single punch-hole yang modern.

Kamera

Oppo Reno6. (Oppo Indonesia)
Oppo Reno6. (Oppo Indonesia)

Sektor kamera Oppo Reno6 dan Samsung Galaxy A72 juga cukup bersaing. Soal resolusi, Samsung Galaxy A72 jauh lebih unggul dengan resolusi kamera yang lebih besar dibandingkan Oppo Reno6.

Kamera utama Samsung Galaxy A72 beresolusi 64 MP yang ditemani sensor 12 MP untuk ultrawide, 8 MP untuk telephoto dan 2 MP untuk macro. Kamera selfie perangkat ini menggunakan sensor 32 MP di bagian depan perangkat.

Sebagai pesaing, Oppo Reno6 datang dengan sensor 64 MP di bagian belakang yang ditemani sensor ultrawide 8 MP, sensor makro 2 MP dan sensor mono 2 MP. Kamera belakang perangkat ini ditemani kamera selfie beresolusi 44 MP.

Walaupun sensor kamera belakang Samsung Galaxy A72 jauh lebih unggul. Oppo jauh lebih menarik dengan dukungan sensor 44 MP di bagian depan Oppo Reno6.

Jeroan

Oppo Reno 6 vs Samsung Galaxy A72. (Oppo, Samsung)
Oppo Reno 6 vs Samsung Galaxy A72. (Oppo, Samsung)

Soal jeroan, Oppo Reno6 dan Samsung Galaxy A72 menggunakan chipset yang sama dari Qualcomm dengan Snapdragon 720G. Kedua perangkat ini juga sama-sama menggunakan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Namun, khusus untuk Samsung Galaxy A72, vendor HP asal Korea Selatan ini menyediakan memori internal dengan kapasitas sebesar 256 GB.

Jeroan dari Qualcomm yang digunakan Oppo Reno6 dan Samsung Galaxy A72 ini diklaim sudah handal untuk kamu gunakan bermain mobile game. Dengan sektor jeroan yang hampir serupa ini, sulit membandingkan keduanya.

Baterai

Samsung Galaxy A72. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy A72. (Samsung Indonesia)

Mengenai baterai, Samsung Galaxy A72 jauh lebih unggul dengan dukungan kapasitas 5.000 mAh. Baterai perangkat ini sudah dibekali dengan fitur fast charging 25W yang kekinian dan memanjakan penggunanya.

Untuk baterai, Oppo Reno6 membawa kapasitas baterai 4.310 mAh yang didukung pengisian cepat sebesar 50W. Oppo mengklaim Oppo Reno6 ini dapat terisi penuh hanya dalam waktu 45 menit saja.

Klaim Oppo untuk Oppo Reno6 ini jelas saja masih kalah jauh jika dibandingkan dengan kapasitas 5.000 mAh yang menjadi andalan Samsung Galaxy A72.

Harga

Oppo Reno 6 vs Samsung Galaxy A72. (Oppo, Samsung)
Oppo Reno 6 vs Samsung Galaxy A72. (Oppo, Samsung)

Sama-sama berada di rentang harga Rp 5 jutaan, Oppo Reno6 dan Samsung Galaxy A72 rupanya dibanderol dengan harga yang cukup berbeda satu dengan yang lain.

Samsung Galaxy A72 hadir dalam dua varian. Varian pertama untuk RAM 8 GB dan memori internal 128 GB dijual dengan harga Rp 5.999.000. Varian kedua dengan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB dijual Rp 6.399.000.

Di sisi lain, Oppo Reno6 yang sudah tersedia di pasar HP Indonesia mulai 16 Juli 2021 sampai 22 Juli 2021 mendatang ini dibanderol sedikit lebih murah dengan Rp 5.199.000 untuk RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Kesimpulan

Oppo Reno 6 vs Samsung Galaxy A72. (Oppo, Samsung)
Oppo Reno 6 vs Samsung Galaxy A72. (Oppo, Samsung)

Walaupun berada pada harga Rp 5 jutaan, kamu harus sangat cermat memilih perangkat mana yang menjadi pilihanmu antara Oppo Reno6 atau Samsung Galaxy A72.

Dari ulasan di atas, Samsung Galaxy A72 jauh lebih unggul dengan layar luas, kamera belakang yang ciamik, jeroan handal serta baterai yang tangguh. Sayangnya, kamu perlu mengeluarkan biaya yang lebih untuk perangkat Samsung ini.

Sedangkan Oppo Reno6 sudah sangat cocok untuk kamu yang mencari HP dengan desain cantik, kamera selfie yang apik serta dukungan jeroan handal untuk bermain game seharian.

Dibanderol dengan rentang harga Rp 5 jutaan, berdasarkan ulasan perbandingan Oppo Reno6 dan Samsung Galaxy A72 di atas, kamu tertarik untuk membeli perangkat Oppo atau Samsung sebagai andalanmu?

Berita Terkait