Beragam Teknologi Dukung Cara Baru Maksimalkan Momen

UMG Idealab perkaya fitur baru di smart speaker Widya Wicara dan Platform Broadcasting Svara agar masyarakat betah beraktivitas di rumah.

Agung Pratnyawan
Minggu, 27 September 2020 | 17:29 WIB
UMG Idealab smart speaker Widya Wicara. (UMG Idealab)

UMG Idealab smart speaker Widya Wicara. (UMG Idealab)

Hitekno.com - Kampanye #DiRumahAja tengah digalakan untuk mencegah penyebaran yang lebih parah di masa pandemi ini. Karena itu, kini banyak teknologi terkini yang mendukung cara hidup baru atau ner normal di tengah pemberlakuan PSBB.

Salah satunya UMG Idealab, bengkel teknologi 4.0 besutan Kiwi Aliwarga menghadirkan inovasi teknologi terbaru agar masyarakat betah beraktivitas di rumah saja. Apa inovasi yang ditawarkannya?

Lewat dua startupnya, Widya Wicara dan Svara, fitur yang ditonjolkan mulai dari hiburan hingga reliji. Tentunya dihadirkan untuk mendukung aktivitas masyarakat di tengah PSBB ini.

Baca Juga: Dijual Murah, Headset dengan Satu Speaker Ini Bikin Netizen Salfok

Saat ini, Widya Wicara memudahkan pengguna dengan kemudahan mengakses berbagai gerai Alfamart di seluruh Indonesia. Melalui keunggulan smart speaker berbahasa Indonesia berbasis Artificial Intelligence (AI) dan dan Neutral Language Processing (NLP), Widya Wicara dapat diaktifkan dan mengakomodasi keperluan barang yang ingin dibeli pengguna.

Jika pengguna membutuhkan sabun, cukup dengan memberikan komando suara, "Hai Widya, belikan saya sabun mandi," disertai spesifik merek sabun. Maka, gerai Alfamart terdekat akan merespon dan mengantar keperluan belanja ke lokasi pengguna.

Tidak hanya itu, Widya Wicara juga menyediakan konten reliji bagi umat Islam, antara lain informasi penanggalan Hijriah, pengingat puasa, imsak, dan berbuka, rangkaian kisah nabi, hingga membaca Alquran dan terjemahan.

Baca Juga: HP Kemasukan Air? Netizen Ini Bagikan Cara Jitu Keluarkan Air dari Speaker

Pengguna cukup menyebut nama surat atau nomor surat Alquran yang ingin didengar, Widya Wicara akan langsung memutar surat yang dimaksud.

UMG Idealab smart speaker Widya Wicara. (UMG Idealab)
UMG Idealab smart speaker Widya Wicara. (UMG Idealab)

"Keunggulan Widya Wicara adalah konten dan lokalisasi sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Saat ini misalnya, dengan kondisi pandemi kami hadirkan konten Islami. Kami yakini di masa pandemi, masyarakat lebih ingin mendekatkan diri ke Tuhan dan keluarga. Sementara, tingginya angka belanja masyarakat via online kami respon melalui kerja sama dengan Alfamart, yang kemudian kami kawinkan dengan teknologi komando suara. Tentunya hal ini semakin memudahkan masyarakat dalam berbelanja kebutuhannya," ujar Benjamin Arianto Abimanyu, CEO Widya Wicara.

Sementara itu, fitur di Svara, platform broadcaster, media, dan komunitas juga tidak kalah menariknya. Svara bekerja sama dengan lebih dari 100 radio di Indonesia dalam menyajikan digital radio streaming.

Baca Juga: Huawei Luncurkan Smart TV Baru, Bawa Layar OLED 65 Inci dan 14 Speaker

Selain memiliki layanan streaming, Svara juga menyediakan fitur broadcast. Fitur ini telah dimanfaatkan oleh beberapa kampus dan sekolah di Bandung sebagai media broadcast materi pelajaran dari guru atau dosen ke siswa.

"Kami juga menjangkau desa - desa, karang taruna, dan pos warga. Kami sediakan tool penyiaran sehingga masyarakat yang minim jangkauan teknologi dapat merasakan sensasi asyiknya siaran menggunakan platform Svara," papar CEO Svara Farid Fadhil Habibi.

Selain di smart speaker Widya Wicara, Svara juga bisa diintegrasikan di smart TV dan connected car, sehingga pengguna punya banyak pilihan menikmasi ragam konten yang disediakan Svara.

Baca Juga: Nginap di Hotel, Netizen Ini Temukan Kamera Tersembunyi di Dalam Speaker

Sementara bagi Founder UMG Idealab Kiwi Aliwarga, UMG Idealab akan terus berinovasi mendukung pemerintah agar pandemi lekas berakhir. "Penting bagi semua pihak untuk berkontribusi. UMG Idealab sebagai pusat inovasi teknologi 4.0 turut berkontribusi melalui berbagai teknologi agar masyarakat semakin nyaman selama di rumah saja," jelas Kiwi.

Berita Terkait
TERKINI

Samsung Galaxy A15 dibekali fitur Smart Switch, memudahkan pindah data....

gadget | 11:06 WIB

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB
Tampilkan lebih banyak