Gadget

Tanpa Misscall, Ini Cara Cek Nomor Telkomsel di HP Sendiri

Tak jarang saat membeli kartu perdana secara tak sengaja langsung membuang bungkusnya dan belum sempat mencatat atau mengingat.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi SIM Card. (Pixabay)
Ilustrasi SIM Card. (Pixabay)

Hitekno.com - Salah satu permasalahan yang sering dialami pengguna HP sekarang adalah tidak hafal nomor miliknya sendiri. Bagaimana cara cek nomor Telkomsel di HP sendiri?

Tak jarang saat membeli kartu perdana secara tak sengaja langsung membuang bungkusnya dan belum sempat mencatat atau mengingat. Namun jangan khawatir lagi karena ada cara cek nomor Telkomsel di ponsel sendiri, mudah dan cepat!

Telkomsel memiliki beberapa produk seperti simPATI, kartuHalo, Kartu AS, dan Loop.

Saat lupa nomor sendiri dan tidak ada pulsa yang cukup untuk menghubungi rekan, Telkomsel memiliki layanan cek nomor untuk melakukan pengecekan kartu yang digunakan di ponsel.

Layanan cek nomor bukan layanan berlangganan dan hanya akan dikenakan tarif saat melakukan permintaan.

Ilustrasi aplikasi My Telkomsel pada smartphone. [PT Telkomsel]
Ilustrasi aplikasi My Telkomsel pada smartphone. [PT Telkomsel]

 

Berikut Suara.com rangkum cara cek nomor Telkomsel di HP sendiri:

1. Melalui Dial Up

Cara pertama dan paling mudah untuk dilakukan adalah melalui Dial Up. Pengguna cukup mengetik kode USSD Menu Browser (UMB) tertentu.

Untuk pengguna Telkomsel, silakan tekan *808# lalu pencet tombol OK/Call. Nantinya informasi nomor telepon akan muncul pada pop up layar ponsel . Setelah itu, pengguna sudah bisa mencatatnya atau langsung capture informasi tersebut.

Selain itu, informasi nomor telepon juga akan dikirim lewat SMS secara otomatis tetapi dengan biaya. Pelanggan prabayar akan dikenakan tarif sebesar Rp 100 dalam satu kali permintaan dan sudah termasuk PPN 10%.

Sementara pelanggan pascabayar dikenakan tarif Rp 100 per pemintaan belum termasuk PPN 10%. Pulsa akan langsung dipotong begitu SMS terkirim.

2. Menggunakan aplikasi MyTelkomsel

Dengan aplikasi MyTelkomsel, pengguna bisa mengecek semua informasi mulai dari nomor pribadi, pulsa, paket data, dan poin.

Namun, cara ini khusus untuk pengguna yang langsung mendaftarkan nomor Telkomsel di aplikasi ini sesaat setelah registrasi. Lewat aplikasi MyTelkomsel, pengguna bisa mendaftarkan maksimal lima nomor.

3. Bantuan operator

Jika ingin meminta informasi nomor telepon lewat operator, pengguna Simpati, Kartu AS, dan Loop bisa menghubungi nomor 188.

Satu kali menelepon mengambil biaya kurang dari Rp 500. Sementara pengguna KartuHalo bisa menghubungi 133 secara gratis.

Menggunakan bantuan operator tak harus menelepon menggunakan nomor Telkomsel. Pengguna bisa menelepon Call Center nasional di nomor 08071811811 dengan provider lain.

Itulah cara cara cek nomor Telkomsel di HP sendiri dengan mudah dan cepat. Tidak perlu misscall ke HP lain untuk melihatnya. (Kontributor Suara.com/ Lolita Valda Claudia).

Berita Terkait