Gadget

Cegah Penyebaran Covid-19, Review Aplikasi 10 Rumah Aman Buatan Kominfo

Aplikasi ini dapat memeriksa kesehatan seseorang sekaligus memetakan suhu tubuh orang-orang di sekitar kita.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Aplikasi 10 Rumah Aman. (Play Store)
Aplikasi 10 Rumah Aman. (Play Store)

Hitekno.com - Kantor Staf Presiden (KSP) didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kementerian Kominfo) baru saja meluncurkan Aplikasi 10 Rumah Aman. Aplikasi ini diharapkan diunduh oleh banyak masyarakat sehingga kita semua bisa bergotong-royong dalam mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

"Melalui aplikasi 10 Rumah Aman ini, KSP dan Kominfo mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama menghadapi Wabah Covid-19 sesuai dengan jiwa kita yaitu gotong royong dan saling berbagi," tutur Kepala KSP Moeldoko saat peluncuran aplikasi secara online bersama Menteri Kominfo Johnny G. Plate, dari tempat berbeda di Jakarta, Selasa (31/03/2020).

Tim HiTekno.com mencoba melakukan review aplikasi dan kesan pertama saat menggunakan aplikasi besutan Direktorat Pengendalian Kominfo ini.

Aplikasi 10 Rumah Aman cukup ringan saat digunakan, di mana kamu hanya perlu 9,9 MB saja saat pertama kali mengunduhnya di Play Store.

10 Rumah Aman juga tidak terlalu menguras baterai saat diaktifkan dan digunakan.

Deretan menu pada aplikasi 10 Rumah Aman. (HiTekno.com)
Deretan menu pada aplikasi 10 Rumah Aman. (HiTekno.com)

 

Sebagai referensi, aplikasi sebelumnya yang dikenalkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan dikembangkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia bernama PeduliLindungi cukup boros baterai.

Mungkin itu karena konektivitas Bluetooth yang harus selalu menyala pada aplikasi PeduliLindungi.

Jika aplikasi PeduliLindungi bisa mendeteksi pasien positif corona, ODP, dan PDP di sekitar kita, aplikasi 10 Rumah Aman lebih ke arah edukasi sebagai tindak pencegahan.

10 Rumah Aman menyediakan peta khusus yang akan menggambarkan kondisi suhu tubuh orang-orang di sekitar kita.

Terdapat beberapa indikator warna yang terpampang pada peta yaitu biru (suhu tubuh normal), kuning (suhu tubuh di atas normal), oranye (isolasi mandiri), dan merah (positif corona).

Peta yang menunjukkan suhu tubuh orang-orang di sekitar kita. (HiTekno.com)
Peta yang menunjukkan suhu tubuh orang-orang di sekitar kita. (HiTekno.com)

 

Kita diminta waspada ketika terdapat warna merah dan oranye di sekitar peta.

Terdapat beberapa menu yang terpampang dalam aplikasi seperti Cek Suhu Tubuh, Jadi Pejuang Aman, Info untuk Kesehatanmu, Seputar Covid-19, Cek Kesehatanmu di Sini, Whatsapp Covid-19, dan Pantau Peta Suhu Tubuh.

Dalam menu Cek Suhu Tubuh, kita diminta untuk memberikan akses lokasi dan memasukkan suhu tubuh secara manual. Kamu dapat memilih suhu tubuh normal (36-37.5 C), di atas normal (37.5-40 C), isolasi mandiri, dan positif (dalam perawatan).

Karena manual, dibutuhkan kejujuran setiap pengguna dalam mengisinya. Mengingat jumlah pengunduh yang belum terlalu banyak (kisaran 1.000 hingga 5.000 orang), aplikasi ini masih perlu disosialisasikan lagi.

Tampilan antarmuka aplikasi 10 Rumah Aman. (HiTekno.com)
Tampilan antarmuka aplikasi 10 Rumah Aman. (HiTekno.com)

 

Di menu Jadi Pejuang Aman, kamu akan diminta melakukan misi 10 Rumah Aman di mana kamu harus memastikan setidak-tidaknya 10 keluarga yang tinggal di sekeliling kita untuk ikut berpartisipasi dengan mengunduh dan menggunakan fitur pada aplikasi.

Sementara menu Seputar Covid-19 dan Info Kesehatanmu adalah menu yang mengarah ke dalam sisi edukasional. Kamu akan diberi penjelasan mengenai bagaimana cara menghadapi dan upaya dalam menghentikan penyebaran virus corona.

Menu Cek Kesehatanmu di Sini sangat berguna untuk memeriksakan kesehatan lewat aplikasi. Menggunakan AI Prixa yang berbasis AI atau kecerdasan buatan, kamu akan disuguhi belasan pertanyaan.

Di menu ini kita dapat memeriksa kesehatan dengan mengisi beberapa pertanyaan. (HiTekno.com)
Di menu ini kita dapat memeriksa kesehatan dengan mengisi beberapa pertanyaan. (HiTekno.com)

 

Setelah mengisi beberapa pertanyaan, pengguna akan diberi pengetahuan mengenai kondisi kesehatan tubuh saat ini, termasuk rekomendasi untuk melakukan isolasi diri.

Terdapat nomor hotline ChatBot COVID19.GO.ID sehingga kita bisa menghubungi melalui WhatsApp untuk melaporkan atau mengetahui lebih lanjut penanganan Covid-19.

Aplikasi 10 Rumah Aman memiliki user interface yang sederhana sehingga cukup mudah untuk dioperasikan.

Jika kamu ingin berkontribusi dalam mencegah penyebaran virus corona Covid-19 dan mendapatkan konten edukasi melalui aplikasi 10 Rumah Aman, kamu bisa mengunduhnya melalui link ini.

Berita Terkait