Gadget

Duel Smartphone Rp 2 Jutaan, Realme U1 VS Realme 3

Kamu tim Realme U1 apa Realme 3?

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Realme U1 VS Realme 3. (Amazon)
Realme U1 VS Realme 3. (Amazon)

Hitekno.com - Sedikit referensi untuk kamu yang sedang mencari smartphone murah dengan budget Rp 2 jutaan, Realme U1 dan Realme 3 bisa menjadi pilihan. Jika tertarik, untuk kamu yang masih bingung menentukan pilihan, tim HiTekno punya ulasan perbandingan Realme U1 dan Realme 3.

Perlahan tapi pasti, Realme saat ini sedang membuat jalan untuk perlahan menjadi salah satu vendor smartphone dengan produktivitas tinggi. Selain itu, saat ini berbagai produk Realme cukup bersaing di kelasnya. Dua di antaranya adalah Realme U1 dan Realme 3.

Kedua perangkat ini dirilis hampir bersamaan, hanya berbeda bulan. Spesifikasi keduanya juga hampir mirip bahkan mendekati serupa.

Secara tampilan misalnya, Realme U1 dan Realme 3 punya rupa yang hampir sama persis. Keduanya sama-sama menggunakan desain notch atau poni di bagian atas.

Perbedaan Realme U1 dan Realme 3 ada pada desain bagian belakang perangkat. Penempatan kamera pada dua perangkat ini menjadikan keduanya mudah dibedakan jika dari tampilan belakangnya.

Lalu, apalagi perbedaan Realme U1 dan Realme 3? Dalam ulasan berikut ini, tim HiTekno mencoba membuat perbandingan Realme U1 dan Realme 3, kamu tim mana nih?

Dapur Pacu

Realme U1. (Realme Indonesia)
Realme U1. (Realme Indonesia)

 

Realme U1 dan Realme 3 sama-sama datang dengan menggunakan chipset dari Mediatek. Realme U1 menggunakan chipset Helio P70 sedangkan Realme 3 menggunakan Helio P60.

Berdasarkan chipset ini, Realme U1 jelas lebih unggul dengan Helio P70 yang diklaim bekerja lebih baik dari Helio P60.

Walaupun Helio P70 yang digunakan Realme U1 lebih unggul, Helio P60 pada Realme 3 juga tidak kalah unggul. Hal ini terlihat dari skor AnTuTu keduanya yang tidak jauh berbeda.

Realme 3 mencetak angka 137.000 untuk perangkatnya, sedangkan Realme U1 sukses mencetak angka 144.000 untuk performanya di AnTuTu.

Memori

Tampilan Realme 3. (Realme)
Realme 3. (Realme)

 

Datang di kelas yang sama, Realme U1 dan Realme 3 membawa kapasitas memori yang juga sama.

Realme U1 dan Realme 3 sama-sama menggunakan RAM 3 GB dan RAM 4 GB yang dipadukan dengan memori internal 32 GB dan 64 GB. Sedangkan untuk memori internal, Realme menyediakan microSD dengan kapasitas memori 256 GB.

Mengenai kapasitas memori antara Realme U1 dan Realme 3 bisa tergantung pada pilihan dan kebutuhanmu ya. Cukup adil, Realme rupanya membekali kedua perangkatnya dengan kapasitas memori yang sama.

Desain

Realme U1. (Realme)
Realme U1. (Realme)

 

Secara tampilan, Realme U1 datang dengan desain bodi yang lebih menarik karena menggunakan kaca. Sedangkan Realme 3 menggunakan bodi plastik. Namun, kedua perangkat ini sama-sama menggunakan gradasi warna yang menarik.

Soal bobot, Realme 3 rupanya lebih berat dengan bobot mencapai 175 gram. Di sisi lain, Realme U1 hanya memiliki berat 168 gram.

Realme membekali Realme U1 dan Realme 3 dengan tiga pilihan warna. Realme 3 membawa pilihan warna black, dynamic black, dan radiant blue. Sedangkan Realme U1 menggunakan warna ambitious black, brave blue, dan fiery gold.

Layar

Realme 3. (Realme Global)
Realme 3. (Realme Global)

 

Hanya berbeda 0,1 inci, Realme U1 menggunakan layar yang lebih panjang berukuran 6,3 inci. Sedangkan, Realme 3 hanya menggunakan layar 6,22 inci.

Layar kedua perangkat ini sudah menggunakan corning Gorilla Glass 3 serta desain poni di bagian atas untuk penempatan kamera depan.

Rasio layar Realme U1 dan Realme 3 cenderung sama yaitu 19,5:9. Yang membedakan keduanya ada pada resolusi layar.

Realme 3 menggunakan layar beresolusi 720 x 1520 piksel dengan kerapatan layar 270 ppl. Sedangkan Realme U1 menggunakan resolusi 1080 x 2340 piksel dengan kerapaatan layar 409 ppl.

Kamera

Realme U1. (Realme Indonesia)
Realme U1. (Realme Indonesia)

 

Realme U1 dan Realme 3 sama-sama menggunakan resolusi yang sama untuk kamera belakang perangkatnya yaitu kombinasi 13 MP dan 2 MP.

Perbedaan keduanya ada pada bukaan kamera yang beresolusi sama ini. Bukaan kamera 13 MP pada Realme U1 adalah f/2.2. Sedangkan kamera 13 MP milik Realme 3 menggunakan bukaan f/1.8.

Posisi kamera yang menjadi perbedaan mencolok kedua perangkat yang hampir serupa ini cukup unik. Kamera Realme U1 berbentuk horizontal dengan lampu flash di luar lingkaran.

Sedangkan Realme 3 hadir dengan kamera belakang horizontal dan lampu flash yang berada di bagian lingkaran dan menyatu dengan kamera.

Lebih unggul, Realme U1 menggunakan kamera depan beresolusi 25 MP, sedangkan Realme 3 menggunakan kamera 13 MP.

Baterai

Realme 3. (Realme Global)
Realme 3. (Realme Global)

 

Untuk baterai, Realme 3 perlu berbangga karena dibekali dengan kapasitas baterai yang besar yaitu 4.230 mAh. Baterai Realme 3 sudah pasti diklaim dapat bertahan lama.

Kapasitas baterai milik Realme 3 ini mampu bertahan hingga 12,4 jam untuk bermain PUBG Mobile, 14,4 jam untuk menonton video di YouTube, dan 18,9 jam untuk browsing.

Di sisi lain, Realme U1 cukup berbangga dengan kapasitas 3.500 mAh yang diklaim mampu bertahan 24 jam untuk percakapan telepon dalam jaringan 3G, 13 jam untuk browsing, dan 10 jam untuk memutar video.

Realme rupanya paham betul kebutuhan pengguna perangkatnya. Realme U1 dan Realme 3 sama-sama sudah dilengkapi dengan fitur fast charging 10W.

Harga

Realme U1. (Realme)
Realme U1. (Realme)

 

Mengenai harga, Realme U1 dan Realme 3 sama-sama dirilis dengan harga kisaran Rp 2 juta. Perbedaan keduanya juga tidak terlalu besar dalam hal harga.

Realme 3 dengan varian RAM 3 GB dan memori internal 32 GB dibanderol dengan harga Rp 1.999.000. Sedangkan untuk varian RAM 3 GB dan memori internal 64 GB dijual dengan harga Rp 2.099.000.

Sedangkan smartphone Realme U1 varian RAM 4 GB dan memori internal 64 GB dijual dengan harga Rp 2.899.000. Untuk varian RAM 3 GB dan memori internal 32 GB dibanderol dengan harga Rp 2.499.000.

Kesimpulan

Realme U1 VS Realme 3. (Amazon)
Realme U1 VS Realme 3. (Amazon)

 

Secara desain, Realme U1 dan Realme 3 hampir serupa. Namun, untuk spesifikasi, kedua perangkat ini cukup berbeda.

Untuk kamu yang doyan smartphone selfie dan performa unggul di kelas smartphone Rp 2 jutaan, Realme U1 adalah pilihan yang tepat.

Sedangkan Realme 3 sangat cocok untuk kamu yang menyukai smartphone murah namun dengan kemampuan fotografi yang baik serta kapasitas baterai besar.

Jadi, dari hasil perbandingan Realme U1 dan Realme 3 ini kamu pilih yang mana?

Berita Terkait