Selasa, 04 April 2023 | 20:06 WIB

GPU Intel yang Diracik TSMC akan Hadir di 2024 dan 2026

Cesar Uji Tawakal
Sumber: Intel
Sumber: Intel

Hitekno.com - Intel akan bermitra dengan TSMC untuk memproduksi GPU generasi berikutnya, Battlemage dan Celestial. Battlemage akan menggunakan arsitektur Xe2 dan diproduksi menggunakan node proses 4nm TSMC, sedangkan Celestial akan menggunakan arsitektur Xe3 dan diproduksi menggunakan node proses N3X (3nm) TSMC.

Dilansir dari Gizmochina, GPU tersebut akan hadir dalam rasa HPG dan LPG, dengan versi HPG menargetkan segmen 75-250W. Kemitraan ini tidak mengherankan mengingat Intel menggunakan TSMC untuk GPU generasi pertamanya, Alchemist (Xe), yang diluncurkan pada pertengahan 2022.

Intel tetap berkomitmen pada rencana R&D GPU-nya, meskipun menghadapi tantangan dalam operasi dan tekanan untuk mengurangi inventaris dalam rantai produksi. Perusahaan akan terus mempertahankan model bisnis kerja sama dengan pengecoran wafer, dengan TSMC menjadi mitra tunggalnya.

Baca Juga: Samsung Pakai ChatGPT untuk Kembangkan Teknologi, Datanya Malah Bocor

Fokus Intel pada segmen game dan AI mendorong permintaan untuk GPU diskrit, dan perusahaan siap untuk terus meningkatkan penawaran GPU-nya dengan peluncuran GPU Battlemage dan Celestial yang akan datang. Jajaran kartu grafis Arc diskrit generasi berikutnya juga diharapkan untuk menerima penyegaran di bawah keluarga Alchemist +.

Secara keseluruhan, kemitraan antara Intel dan TSMC ini menandai perkembangan yang menarik di dunia chip GPU. Intel akan terus berinovasi di masa depan dan menawarkan produk-produk baru dengan dukungan dari mitranya, TSMC.

Baca Juga: Jerman Berpotensi Melarang ChatGPT, Ini Sebabnya

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami