Sains

Lihat Padi Raksasa di China Setinggi 2 Meter, Memicu Berbagai Pertanyaan Ini

Lihat penampakan padi raksasa ini, apakah aman dari terpaan angin? Apakah panennya juga lebih banyak?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi tanaman padi. (pixabay)
Ilustrasi tanaman padi. (pixabay)

Hitekno.com - Beredar video yang menampilkan tanaman padi raksasa di China dengan ketinggian sampai 2,2 meter. Penampakan ini pun ramai mencuri atensi publik, tidak kecuali netizen yang membuatnya viral di media sosial.

Diwartakan SuaraJogja.id, padi rakasasa setinggi 2,2 meter dalam video viral di media sosial tersebut tumbuh subur di lahan pertanian Changsa, Provinsi Hunan, China.

Sebagai informasi, varietas tanaman padi pada umumnya hanya setinggi 1,2 meter saja. Namun padi raksasa di China tersebut bisa mencapai hampir dua kali lipatnya.

Video viral di media sosial ini diunggah ulang oleh akun Twitter @mentimoen, Rabu (21/9/2022) hingga viral di media sosial tak berselang alama. Tayangan ini sudah ditonton 27 ribu kali dengan ribuan like.

Dalam tayangan vide diklaim padi raksasa di China tersebut adalah hasil dari beni yang dibawa astronot ke luar angkasa. Hal tersebut juga diungkap akun Twitter @mentimoen dalam caption postingannya.

 "Panen padi setinggi 2.2 meter. Dari benih2 yg dibawa pulang dari luar angkasa, dikembangkan padi tinggi yg tahan hama, tahan air asin, tahan banjir, dengan hasil 50% lebih banyak dari tanaman padi sebelumnya," tulis admin Twitter @mentimoen.

"Selain membawa benih dari luar angkasa pulang ke Bumi, para astronot juga menanam padi di luar angkasa mulai Juli 2022. Kita menunggu apakah tanaman padi di orbit menghasilkan beras di musim panen bulan2 mendatang," cuitnya lagi.

Sejumlah melihat penampakan padi raksasa di China tersebut memicu penasaran netizen Indonesia hingga berkomentar pada postingan video viral di media sosial tersebut.

Tak sedikit netizen yang melontarkan pertanyaan soal bisakah padi raksasa ini ditanam di Indonesia, juga soal dampak jangka panjangnya.

"Semoga tidak ada efek berbahaya bagi kesehatan, termasuk efek jangka panjang," tulis netizen.

Ada netizen menanyakan dengan ketinggian padi raksasa seperti itu, apakah tahan terpaan angin. 

"Mantap. Berapa lama ya? Tahan tiupan angin gak ya?" tanya dia.

"Kalo tanam jenis kyk gt harus liat dulu iklim dan geografis daerahny yg mau ditanam...rawan ambruk kalo daerahnya bnyak angin," tulis netizen lainnya.

Ada juga yang mencemaskan embusan angin yang akan merobohkan tanaman padi raksasa dalam video viral di media sosial tersebut. 

"Di daerahku jika ada padi dg batang setinggi itu ancaman pertamanya mungkin angin kencang, jika batang tak kuat bisa rubuh dan terendam ketika hujan lebat disertai angin. ketika terendam biasanya gabah dan berasnya akan berwarna gelap dan bisa menurunkan harga," kicaunya.

"Di Indonesia juga ada varietas padi yg tinggi, namanya varietas Borobudur, tapi punya kelemahan tidak tahan angin, sehingga mudah roboh & menyebabkan kerugian saat panen yg cukup besar. Hal ini yg menyebabkan para petani enggan utk menanamkan," tulis netizen lainnya.

Selain itu, seorang netizen justru menyampaikan informasi bahwa di Indonesia sudah ada tanaman padi setinggi 2 meter. 

"Di bbrp tempat di jawa dan sumatera udah pada banyak kok yg panen padi 1,5-2 meter om. Ga pake bibit alien, cukup pake bibit padi endemik nusantara aja. Info lebih jelas sila tanya ke ustadz Syawaludin3687," terang dia.

Itulah video viral di media sosial, penampakan padi raksasa di China dengan ketinggian sampai 2,2 meter. (SuaraJogja.id/ Ismoyo Sedjati)

Berita Terkait