Sains

Pakai AI, Microsoft Mau Hidupkan Orang yang Meninggal Menjadi Chatbot 3D

Meski agak menakutkan, namun ide Microsoft ini menarik juga ya.

Dinar Surya Oktarini

Microsoft
Microsoft

Hitekno.com - Teknologi artificial intelligence atau kecerdasan buatan kini makin ditingkatkan untuk berbagai hal, salah satunya adalah ide Microsoft yang mau menghidupkan kembali orang yang sudah meninggal.

Ide ini tengah dikembangkan Microsoft menggunakan AI agar bisa meniru orang yang sudah tiada.

Meski terdengar agak menakutkan, namun Microsoft tengah mengajukan paten yang memungkinkan dibuatnya chatbot menggunakan teknologi AI tersebut.

Dilansir dari laman Tech Republic, paten tersebut sudah diajukan perusahaan pada Desember 2020 lalu yang nantinya teknologi AI ini akan menggambarkan seseorang menggunakan komunikasi data, seperti unggahan media sosial, teks dan email akan menjadi pembelajaran algoritma.

Bagian yang sangat menarik dan menakutkan dari ide ini adalah memungkinkan seseorang untuk menghidupkan kembali orang yang sudah meninggal dalam bentuk chatbot AI dengan menggunakan data yang dihasilkan orang itu selama hidup mereka.

Logo Microsoft. (Microsoft)
Logo Microsoft. (Microsoft)

 

Paten Micosoft menjelaskan bagaimana chatbot dapat dilatih untuk berbicara dalam kepribadian orang tertentu, bahkan meniru karakter percakapan seperti gaya, diksi, suara, nada dan dialog.

Chatbot tersebut juga bisa dilatih untuk meniru kepribadian seseorang berdasarkan perilaku seperi minat dan pendapat pribadi, termasuk usia, jenis kelamin, pendidikan, profesi dan status hubungan.

Karena ini adalah apten, tidak ada jaminan bahwa Microsoft akan menindaklanjuti idenya, tetapi fakta itu baru diterbitkan beberapa minggu yang lalu menunjukkan bahwa itu adalah sesuatu yang tengah dikembangkan Microsoft baru-baru ini.

Berita Terkait