Sains

Korea Selatan Kenalkan Pembaca Berita Televisi yang Didukung AI

Televisi kabel MBN mengenalkan pembaca berita dengan kecerdasan AI yang dijuluki AI Kim.

Dinar Surya Oktarini

Pembaca berita televisi AI. (MBN)
Pembaca berita televisi AI. (MBN)

Hitekno.com - Pembaca berita televisi masih tetap dipertahankan meskipun kini banyak berita online yang mudah dibaca dan dapat diakses di mana saja, terutama melalui HP. Hal ini dikarenakan pembaca berita memiliki kemampuan menyampaikan berita, menganilis dengan komentar dan membuat wawasan berita lebih beragam.

Tetapi suatu hari sepertinya pembaca berita televisi akan digantikan dengan teknologi kecerdasan buatan.

Teknologi kecerdasan buatan untuk pembaca berita tersebut dikenalkan di Korea Selatan di mana saluran kabel MBN menjadi yang pertama mengenalkan teknologi tersebut.

Televisi kabel MBN mengenalkan pembaca berita dengan kecerdasan AI yang dijuluki AI Kim.

Pembawa berita televisi AI. (MBN)
Pembawa berita televisi AI. (MBN)

 

Dilansir dari laman Ubergizmo, pembaca berita AI ini sebenarnya didasarkan pada pembawa berita manusia yang juga bekerja untuk MBN bernama Kim Ju-Ha.

Teknologi yang diberi nama AI Kim ini memperkenalkan dirinya dalam acara berita televisi ''Saya diciptakan melalui pembelajaran mendalam 10 jam video Kim Ju-H, cara bibirnya bergerak dan cara dia menggerakkan tubuhnya. Saya bisa melaporkan berita persis seperti yang dilakukan pembawa berita Kim Ju-Ha.''

Menariknya lagi selama debut, pembawa acara AI berhasil berbicara dengan nada yang sama seperti rekan manusianya.

Tak hanya itu, ia juga menirukan beberapa gerakan tubuh rekan manusianya Kim.

Tujuan dikenalkannya pembawa berita bertenaga AI ini adalah memungkinkan stasiun berita ini menyiarkan berita setiap hari dalam seminggu, terutama apabila pembaca berita manusia tengah istirahat atau sakit.

Berita Terkait