Sains

Lakukan Uji Coba, Roket SpaceX Justru Meledak

Karena ledakan roket SpaceX ini bola api raksasa muncul yang langsung mengguncang lokasi tersebut hingga jarak tiga kilometer.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Logo SpaceX. (SpaceX)
Logo SpaceX. (SpaceX)

Hitekno.com - Laporan terbaru belum lama ini menyebutkan bahwa prototipe roket Starship buatan SpaceX mendadak meledak dalam upaya uji coba. Cukup mengejutkan, penggalan video mengenai ledakan roket ini ramai beredar di media sosial.

Diketahui, pada Jumat (29/5/2020) roket SpaceX ini sedang melakukan uji coba mesin statis di fasilitas SpaceX yang berada di Boca Chica, Texas.

Saat melakukan uji coba mesin statis, mendadak prototipe Starship SN4 ini meledak tepatnya pada pukul 13.49 waktu setempat.

Mengutip Space.com, menurut pengakuan saksi kejadian, ledakan SpaceX ini terjadi dalam waktu satu menit usai mesin roket Raptor diuji coba. Sayangnya, tidak diketahui dengan pasti mengenai penyebab ledakan ini.

Berakibat fatal, karena ledakan roket SpaceX ini bola api raksasa muncul yang langsung mengguncang lokasi tersebut hingga jarak tiga kilometer.

Ilustrasi roket SpaceX. (Twitter/ @SpaceX)
Ilustrasi roket SpaceX. (Twitter/SpaceX)

 

Masih berupa prototipe, roket bernama Starship SN4 ini diketahui merupakan pengembangan SpaceX. Roket ini merupakan yang beberapa kali meledak usai SpaceX merilis prototipe Starship lainnya sebelumnya.

Melakukan banyak uji coba, Starship SN4 sempat disangka sebagai salah satu roket SpaceX yang akan bertahan lama. Namun, ledakan pada Jumat lalu justru membantah pendapat tersebut.

Menggantikan tugas Starship SN4, SpaceX diketahui telah menyiapkan prototipe lain yaitu Starship SN5 yang sudah menjalankan banyak uji coba untuk kemudian digunakan nantinya.

Ilustrasi roket. (pixabay/skeeze)
Ilustrasi roket. (pixabay/skeeze)

 

Beberapa waktu lalu, NASA menjalin kerja sama dengan SpaceX untuk menjadikan Starship sebagai pesawat antariksa dalam program Artemis mendaratkan astronot ke Bulan pada 2024 mendatang.

Ledakan roket SpaceX ini terjadi hanya berselang satu hari sebelum misi penting NASA dan SpaceX dilakukan setelah sempat batal meluncur pada beberapa hari yang lalu.

Berita Terkait