Apa yang Bisa Dilakukan AI pada Samsung Galaxy S24 Series

Galaxy AI meningkatkan banyak aspek dari pengalaman penggunaan Samsung Galaxy S24 Series.

Agung Pratnyawan

Posted: Kamis, 18 Januari 2024 | 11:01 WIB
Samsung Galaxy S24 Series. (Samsung)

Samsung Galaxy S24 Series. (Samsung)

Hitekno.com - Samsung resmi mengumumkan jajaran HP flagship terbarunya. Yakni Samsung Galaxy S24 Ultra, Samsung Galaxy S24+ dan Samsung Galaxy S24 yang diklaim menghadirkan pengalaman mobile terbaru dengan teknologi AI. Yakni Galaxy AI yang disiapkan Samsung untuk Galaxy S Series.

Galaxy S Series memimpin jalan menuju era baru yang akan sepenuhnya mengubah cara perangkat mobile memberdayakan penggunanya.

Teknologi AI meningkatkan hampir seluruh aspek dari pengalaman penggunaan Samsung Galaxy S24 Series, mulai dari memungkinkan komunikasi tanpa hambatan hingga terjemahan pada teks dan panggilan yang cerdas, memaksimalkan kebebasan berkreasi dengan ProVisual Engine Galaxy, yang menetapkan standar baru dalam browsing yang akan mengubah cara pengguna Galaxy menjelajahi dunia di sekitarnya.

Baca Juga: Mengenal Exynos 2200, Chipset yang Jadi Otak Samsung Galaxy S23 FE

Galaxy S24 Series mampu mengubah hubungan kita dengan dunia dan memulai era berikutnya dari inovasi perangkat mobile. Galaxy AI dirancang dengan berlandaskan pada inovasi kami dari tahun ke tahun serta pemahaman mendalam akan bagaimana seseorang menggunakan smartphone. Kami sangat menantikan bagaimana pengguna di seluruh dunia memberdayakan kehidupan sehari-harinya dengan Galaxy AI untuk membuka berbagai kemungkinan baru,” ujar TM Roh, President and Head of Mobile eXperience Business Samsung Electronics.

Buat Keseharian Jadi Epic

Galaxy AI memperkenalkan sebuah kecerdasan penuh makna yang dirancang untuk membuat setiap aspek kehidupan menjadi lebih baik, khususnya terkait peran smartphone yang paling fundamental yaitu komunikasi. Saat pengguna menghadapi kendala bahasa dalam berkomunikasi, Samsung Galaxy S24 membuatnya jadi jauh lebih mudah.

Baca Juga: Samsung Galaxy A15 Series, Mulai 2 Jutaan Dapat Super AMOLED dan NFC

Mulai dari berbicara dengan teman dari luar negeri hingga buat reservasi saat liburan di luar negeri, semua jadi mudah dengan Live Translate, fungsi penerjemah suara dan teks dua arah yang berfungsi secara real-time pada panggilan telepon konvensional.

Pengguna tak perlu download aplikasi tambahan untuk bisa menggunakannya, ditambah lagi dengan on-device AI mampu menjaga percakapan tetap sepenuhnya aman.

Dengan Interpreter, percakapan langsung bisa diterjemahkan secara instan via tampilan split-screen pada perangkat. Jadi, saat saling berhadapan dengan lawan bicara, kita bisa seketika membaca hasil transkripsi dari apa yang mereka katakan. Fungsi ini pun bisa digunakan tanpa koneksi data seluler maupun Wi-Fi.

Baca Juga: 5 Kelebihan Samsung Galaxy A25 5G, Kamera hingga Layar Handal

Lalu, Chat Assist hadir membantu pengguna memperbaiki nada bicara di dalam teks untuk memastikan tiap pesan terdengar seperti yang kita maksud, baik saat mengirim chat ke rekan kerja ataupun ketika membuat konten di media sosial.

Pengguna pun bisa menerjemahkan pesan, email, dan teks lain secara real-time ke dalam 13 bahasa berkat AI yang terintegrasi di Samsung Keyboard.

Kepraktisan berkirim pesan juga dapat dinikmati di dalam mobil dengan Android Auto yang bisa secara otomatis merangkum pesan-pesan yang masuk ke smartphone serta memberi saran balasan dan tindakan yang tepat, misalnya mengirim perkiraan waktu sampai di tujuan, sehingga pengguna masih bisa terhubung dengan orang-orang terdekat sambil tetap fokus melakukan perjalanan.

Baca Juga: 3 Tips Memaksimalkan Samsung Galaxy M34 5G untuk Content Creator

Pekerja kantoran bisa lebih produktif dengan Note Assist di Samsung Notes yang menawarkan AI untuk membuat ringkasan, template untuk menyederhanakan catatan, serta cover yang memberi preview singkat untuk tiap catatan agar lebih mudah dikenali. 

Transcript Assist turut hadir dengan teknologi AI dan fungsi Speech-to-Text yang mampu mengetikkan, merangkum, dan menerjemahkan rekaman suara, bahkan ketika ada banyak orang yang bicara sekalipun.

Komunikasi bukan satu-satunya medium yang digunakan Samsung Galaxy S24 Series untuk meningkatkan manfaat fundamental ponsel ke level yang lebih tinggi di masa depan.

Memahami bahwa pencarian online telah mengubah hampir tiap aspek kehidupan, Samsung Galaxy S24 Series mengukir sejarah dengan menjadi smartphone pertama yang memperkenalkan Circle to Search with Google yang intuitif dan memahami gestur pengguna.

Dalam memberi pengguna fungsi baru yang luar biasa ini, Samsung berkolaborasi dengan Google sebagai platform pencarian online terdepan di dunia untuk menghasilkan temuan baru berbekal gestur sederhana.

Ketika tombol beranda ditekan lama, pengguna bisa melingkari, menggarisbawahi, menyorot, atau menekan apa pun yang ada di layar Samsung Galaxy S24 Series untuk melihat hasil pencarian yang relevan dan membantu.

Melihat landmark yang indah di latar belakang post media sosial teman atau fun fact yang mengejutkan di YouTube Shorts, pengguna bisa dengan cepat mempelajari lebih lanjut apa yang ditemukannya tanpa harus meninggalkan aplikasi yang sedang digunakan.

Dan tergantung pada lokasi pengguna, untuk pencarian tertentu, pengguna bisa melihat hasil gambar dari AI generatif yang memberi informasi dan konteks dari berbagai sumber serta menanyakan hal-hal yang lebih kompleks dan tersirat. Benar-benar mudah dan epic.

Samsung Galaxy S24 Series. (Samsung)
Samsung Galaxy S24 Series. (Samsung)

Luapkan Kreativitas untuk Jelajahi Dunia dengan Cara Baru

Samsung Galaxy S24 Series hadir dengan ProVisual Engine berisikan tools berbasis AI yang komprehensif untuk mentransformasi kemampuan pengambilan gambar dan memaksimalkan kebebasan dalam menuangkan kreativitas, mulai dari membidik objek hingga membagikannya di media sosial.

Lupakan gambar yang shaky atau pecah saat memotret dari jarak jauh karena Samsung Galaxy S24 Ultra menawarkan Quad Tele System dengan lensa 5x optical zoom terbaru yang disandingkan dengan sensor 50MP dan dilengkapi teknologi Adaptive Pixel Sensor untuk memungkinkan kualitas optical zoom di berbagai level zoom, dari 2x, 3x, 5x, hingga 10x. Foto pun tetap jernih di level pembesaran 100x berkat peningkatan digital zoom.

Dengan Nightography yang ditingkatkan, foto dan video yang diambil dengan Samsung Galaxy S24 Space Zoom akan tampil brilian pada kondisi apa pun, bahkan saat di-zoom.

Samsung Galaxy S24 Ultra pun mampu menangkap lebih banyak cahaya dalam kondisi redup berkat ukuran piksel yang lebih besar yakni 1,4 μm, yang artinya 60% lebih besar dibanding model sebelumnya.

Samsung Galaxy S24 Ultra juga sanggup meminimalkan blur berkat optical image stabilizer (OIS) yang lebih lebar dan hand-shake compensation yang ditingkatkan.

Dedicated ISP Block untuk mengurangi noise pun tertanam baik di kamera depan maupun belakang, dan Samsung Galaxy S24 mampu menganalisa informasi yang dikumpulkan gyro untuk membedakan pergerakan perekam dengan subjek yang direkam.

Jadi, perangkat mampu mengurangi noise dengan lebih efektif dan menghasilkan video yang lebih jelas dalam kondisi gelap, bahkan saat merekam dari jarak jauh.

Setelah mendapatkan hasil tangkapan yang luar biasa, pengguna bisa menggunakan Galaxy AI editing tools yang inovatif untuk edit foto, seperti menghapus objek, recompose, dan remaster.

Untuk optimalisasi yang lebih mudah dan efisien, pengguna bisa memanfaatkan Edit Suggestion yang telah menggunakan Galaxy AI untuk memberi saran penyesuaian yang sempurna untuk setiap foto. Pengguna juga dapat menikmati lebih banyak kontrol dalam menuangkan kreativitas dengan Generative Edit yang mampu mengisi bagian latar belakang gambar dengan AI generatif.

Di sini, AI bisa mengisi tepi-tepi pada gambar yang miring. Lalu, AI juga bisa menyesuaikan posisi objek di dalam foto sekaligus menghasilkan latar belakang yang menyatu sempurna di bagian yang kosong.

Tiap kali Samsung Galaxy S24 menggunakan AI generatif untuk menguatkan sebuah foto, watermark akan muncul pada gambar dan metadata. Sebagai pelengkap, Instant Slow-mo terbaru bisa menghasilkan frame tambahan berdasarkan pergerakan pada video yang diedit, jadi pengguna bisa melihat video slow motion yang smooth dan detail dari berbagai footage, bahkan yang berisi gerakan-gerakan cepat sekalipun.

Untuk memastikan setiap gambar tampil memukau, Super HDR mampu menampilkan preview layaknya hasil foto asli yang begitu hidup sebelum shutter ditekan. Sebagaimana pentingnya fungsi smartphone dalam mengabadikan momen, membagikan kenangan tersebut ke dunia juga sama berartinya.

Sekarang, aplikasi media sosial pihak ketiga bisa mendapatkan keunggulan sistem kamera berbasis teknologi AI dari Samsung Galaxy secara maksimal. Fitur kamera di lini smartphone premium Galaxy S Series kini telah terintegrasi secara langsung di berbagai aplikasi, dengan kualitas HDR yang membawa social sharing ke level yang lebih tinggi.

Saat mencari foto di Gallery atau Instagram feed dan reels, gambar dan video juga akan tampil dalam mode Super HDR untuk rentang kecerahan, warna, dan kontras yang lebih hidup sebagai hasil analisis dari bagian yang disorot pada gambar.

Pengalaman Penggunaan Paling Cerdas di Perangkat Galaxy yang Didukung Kinerja Premium

Seiring dengan peran AI yang semakin menonjol dalam keseharian, performa smartphone yang andal jadi hal yang tak bisa ditawar untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumen, baik untuk gaming, perekaman dan penyuntingan video yang berat, hingga bolak-balik ke banyak aplikasi saat merencanakan liburan.

Maka dari itu, Samsung Galaxy S24 menawarkan pengalaman kinerja yang luar biasa berkat peningkatan signifikan pada prosesor, layar, dan aspek lainnya. Samsung Galaxy S24 Ultra dibekali Snapdragon 8 Gen 3 Mobile Platform for Galaxy yang telah dioptimalkan untuk pengguna Galaxy.

Proses tersebut memberikan peningkatan NPU yang luar biasa untuk pemrosesan AI yang begitu efisien. Seluruh model Samsung Galaxy S24 pun dilengkapi dengan adaptive refresh rates pada rentang 1-120 Hz yang mampu meningkatkan efisiensi kinerja perangkat.

Gaming di perangkat Galaxy pun kini lebih powerful berkat pengembangan terkini pada software maupun hardware. Samsung Galaxy S24 Ultra mengusung sistem pengendalian suhu yang optimal dengan vapor chamber yang 1,9 kali lebih besar sehingga perangkat mampu menjalankan kinerja maksimal secara berkelanjutan sambil mengontrol suhu permukaan perangkat dengan lebih baik.

Lalu, ray tracing memungkinkan visual yang realistis dengan efek bayangan dan refleksi yang superior. Kemudian, melalui kolaborasi dengan mitra-mitra pemimpin industri gaming, Galaxy S24 memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman yang lebih optimal dalam memainkan game-game global populer.

Visual jadi lebih hidup dan menawan pada layar perangkat Galaxy paling cerah yang pernah ada. Samsung Galaxy S24 menawarkan tingkat kecerahan puncak mencapai 2.600nit dengan visibilitas yang lebih baik di luar ruangan dengan Vision Booster.

Corning Gorilla Armor di layar Samsung Galaxy S24 Ultra telah mengalami peningkatan sedemikian rupa dan mendemonstrasikan daya tahan yang superior terhadap kerusakan akibat goresan sehari-hari. Ini memberikan pengurangan refleksi hingga 75% dalam berbagai kondisi pencahayaan, memastikan pengalaman melihat yang halus dan nyaman.

Peningkatan desain di seluruh model Samsung Galaxy S24 Series lewat bezel yang lebih ramping dan rata memberi viewing experience yang immersive dan memungkinkan ukuran layar menjadi lebih besar, di mana Samsung Galaxy S24+ mengusung ukuran 6,7 inci dan Samsung Galaxy S24 menawarkan ukuran 6,2 inci dengan spesifikasi dimensi perangkat yang tetap sama.

Samsung Galaxy S24 Ultra memiliki layar yang lebih datar berukuran 6,8 inci yang tidak hanya dioptimalkan untuk menonton, tapi juga untuk produktivitas. Sebagai tambahan, Samsung Galaxy S24+ kini mendukung tingkat QHD+ yang sama dengan Samsung Galaxy S24 Ultra.

Keamanan dan Privasi Terdepan yang Memberdayakan Pilihan dan Kepercayaan Pengguna

Keamanan Samsung Galaxy S24 tak perlu diragukan lagi berkat dukungan Samsung Knox sebagai platform keamanan tingkat tinggi untuk perangkat Galaxy. Pengamanan informasi kritis, pertahanan terhadap berbagai bentuk kerentanan, deteksi ancaman secara real-time, hingga perlindungan kolaboratif, semua dilakukan dengan proteksi hardware secara end-to-end.

Komitmen jangka panjang Samsung untuk memberi pengguna pilihan dan kendali atas perangkatnya dilanjutkan di era AI. Pengguna Samsung Galaxy S24 memiliki kontrol penuh atas seberapa banyak data mereka yang diizinkan untuk digunakan dalam meningkatkan pengalaman AI melalui pengaturan Advanced Intelligence yang dapat menonaktifkan pemrosesan data online untuk fitur-fitur AI.

Visi Knox Matrix akan masa depan yang aman, terhubung, dan bebas kata sandi juga semakin nyata dengan passkey. Passkey memungkinkan akses yang nyaman dan aman ke situs web dan aplikasi yang pengguna daftarkan di semua perangkat yang mereka percayakan lewat kredensial digital. Teknologi tersebut pun ikut membantu melindungi pengguna dari phishing.

Enhanced Data Protection menawarkan enkripsi yang end-to-end saat pengguna backup, sync, atau restore data menggunakan Samsung Cloud, jadi pengguna Samsung Galaxy S24 bisa terhubung ke perangkat lain sambil tetap melakukan sinkronisasi dengan aman.

Fungsi ini pun memastikan enkripsi dan dekripsi data hanya dapat dilakukan pada perangkat pengguna sehingga tidak ada yang bisa melihatnya kecuali pengguna, bahkan jika server telah dibobol atau saat detail akun dicuri. Jika akses ke perangkat hilang, ada recovery code yang dapat membantu mencegah hilangnya data.

Samsung Galaxy S24 juga terlindungi dengan serangkaian fitur keamanan dan privasi inovatif dari Samsung, meliputi Knox Vault, Security & Privacy Dashboard, Auto Blocker, Secure Wi-Fi, Private Share, Maintenance Mode, dan banyak lagi.

Babak Berikutnya dari Perjalanan Ramah Lingkungan Samsung

Menciptakan mobile experience terbarukan juga berarti mendefinisikan ulang bagaimana perangkat Galaxy dirancang dan dikemas agar dapat memaksimalkan sumber daya yang ada demi keberlanjutan bumi dan manusia di dalamnya.

Samsung Galaxy S24 melanjutkan peningkatan pemanfaatan berbagai material daur ulang di perangkat Galaxy dengan memakai bahan plastik, kaca, dan aluminium daur ulang pada komponen internal maupun eksternal.

Samsung Galaxy S24 pun melangkah lebih jauh. Untuk pertama kalinya, Samsung Galaxy S24 hadir dengan komponen yang terbuat dari kobalt dan elemen rare earth daur ulang. Khusus di Samsung Galaxy S24 Ultra, setidaknya 50% kobalt daur ulang digunakan pada baterai dan 100% unsur rare earth daur ulang dipakai untuk speaker.

Samsung Galaxy S24 juga menjadi Galaxy S Series pertama yang dirancang dengan Thermoplastic Polyurethane (TPU) dan baja daur ulang. Galaxy S24 Ultra mencakup setidaknya 40% baja daur ulang pada speaker dan paling tidak 10% TPU daur ulang hasil dari kegiatan manufaktur pada side key dan tombol volume. Lalu, setiap Galaxy S24 dikemas dalam kotak kemasan yang terbuat dari bahan kertas daur ulang 100%.

Lini smartphone flagship terbaru ini turut melanjutkan komitmen Samsung dalam memperpanjang masa pakai produk dengan menawarkan upgrade sistem operasi selama tujuh generasi dan update keamanan selama tujuh tahun untuk membantu pengguna menikmati kinerja andal dan optimal pada perangkat Galaxy mereka untuk waktu yang lebih lama.

Tak ketinggalan, Samsung Galaxy S24 memiliki sertifikasi UL ECOLOGO dan jejak karbonnya telah diukur dan diverifikasi oleh The Carbon Trust.

Samsung Galaxy S24 adalah wujud nyata kemajuan kedpedulian  lingkungan dari Samsung MX. Samsung tetap yakin dalam mencapai serangkaian tujuan yang akan dicapai pada akhir 2025.

Pada akhir 2022, Samsung mencapai tujuan pertamanya dengan menyertakan material daur ulang dalam semua produk mobile, mulai dari smartphone dan tablet Galaxy hingga PC dan wearable. Kini, Samsung menetapkan tujuan material daur ulang terbaru. Pada 2030, Samsung akan menyertakan setidaknya satu material daur ulang dalam tiap modul di setiap produk mobile.

Elegansi dan Teknologi yang Presisi di Setiap Detail

Samsung Galaxy S24 Ultra adalah smartphone Galaxy pertama yang menggunakan rangka titanium yang mampu meningkatkan daya tahan dan masa pakai perangkat. Bodi yang lebih ramping pada Samsung Galaxy S24 Ultra pun memungkinkan pengalaman penggunaan yang lebih baik saat di perjalanan dengan standar estetika yang lebih tinggi dan koneksi yang mulus antara bagian belakang perangkat dan bingkai samping.

Samsung Galaxy S24 Series hadir dalam balutan warna yang terinspirasi dari mineral bumi. Varian warna Samsung Galaxy S24 Ultra meliputi Titanium Gray, Titanium Black, Titanium Violet, dan Titanium Yellow.

Pilihan warna Samsung Galaxy S24+ dan Samsung Galaxy S24 mencakup Onyx Black, Marble Gray, Cobalt Violet, dan Amber Yellow. Ketiga model ini akan hadir dengan warna tambahan yang hanya tersedia secara online.

Berita Terkait
Berita Terkini

Samsung menyebutkan kalau penerimanaan yang baik ini dari pengguna non-Samsung maupun pengguna Samsung Galaxy....

gadget | 13:52 WIB

Cek berapa harga POCO Pad ini....

gadget | 11:17 WIB

Dengan harga terjangkau, cek apa yang ditawarkan POCO F6 dan POCO M6....

gadget | 11:08 WIB

Harga POCO Pad di Indonesia cenderung murah meriah....

gadget | 18:35 WIB

POCO memperkenalkan flagship terbarunya, yakni POCO F6 dan HP stylish dengan value terbaik POCO M6....

gadget | 18:25 WIB