Usung RDNA 3, Apa yang Ditawarkan AMD Radeon RX 7900 Series

AMD Radeon RX 7900 Series adalah kartu grafis gaming membuka tingkatan baru akan performa dan efisiensi serta menghadirkan sejumlah fitur baru yang disempurnakan sehingga mampu meningkatkan pengalaman gaming.

Agung Pratnyawan
Minggu, 06 November 2022 | 13:34 WIB
AMD Radeon RX 7900 XTX. (AMD)

AMD Radeon RX 7900 XTX. (AMD)

Hitekno.com - AMD resmi meluncurkan kartu grafis yang dibangun denan arsitektur AMD RDNA 3, hemat energi dengan performa tinggi. Yakni kartu grafis AMD Radeon RX 7900 XTX dan AMD Radeon RX 7900 XT yang resmi diumukan bagian dari AMD Radeon RX 7900 Series.

Mengikuti prosesor chiplet AMD Ryzen berbasis AMD "Zen", kartu grafis baru ini adalah kartu grafis gaming pertama di dunia yang menampilkan desain chiplet AMD yang canggih, memberikan performa dan efisiensi energi untuk mentenagai 4K framerate tinggi dan gaming resolusi lebih tinggi di judul-judul berat.

 Desain chiplet arsitektur AMD RDNA 3 menggabungkan node proses 5nm dan 6nm, masing-masing dioptimalkan untuk pekerjaan tertentu.

Baca Juga: Dibekali FSR 2.0, Ini Tiga Kartu Grafis AMD Radeon RX 6000 Series Terbaru

Terobosan arsitektur memberikan performa lebih tinggi hingga 54% per watt dibandingkan arsitektur AMD RDNA 2, dan menampilkan interkoneksi terkencang di dunia yang menghubungkan chiplet sistem grafis dan memori hingga 5,3 TB/s.

Selain itu juga menawarkan hingga 96 unit komputasi terpadu baru, teknologi AMD Infinity Cache generasi kedua, dan memori GDDR6 berkecepatan tinggi hingga 24 GB dengan antarmuka memori hingga 384-bit.

Ini juga mencakup peningkatan throughput AI yang menghasilkan performa AI hingga 2,7X lebih tinggi, dan teknologi raytracing generasi kedua yang memberikan performa raytracing hingga 1,8X lebih tinggi dibanding arsitektur AMD RDNA 2.

Baca Juga: Usung RDNA 2, GPU AMD Radeon PRO W6600X Hadir untuk Mac Pro

Secara keseluruhan, fitur dan kemajuan ini memberikan peningkatan performa hingga 1,7X di judul tertentu pada 4K dibandingkan dengan arsitektur AMD RDNA 2.

CEO AMD, Dr Lisa Su. (AMD)
CEO AMD, Dr Lisa Su. (AMD)

Kartu grafis baru ini juga mendukung tampilan DisplayPort 2.1 yang mampu menghadirkan framerate ultra-tinggi dan visual memukau hingga refresh rate 4K 480Hz dan 8K 165Hz.

"Kartu grafis baru ini dirancang oleh gamer untuk gamer. Saat kami mengembangkan kartu baru, kami tidak hanya menerima respon dari pelanggan kami, tetapi kami membangun fitur-fitur dan kemampuan yang ingin kami gunakan, "kata Scott Herkelman, senior vice president & general manager, Graphics Business Unit, AMD.

Baca Juga: Pakai Chip 6 nm, AMD Radeon RX 6500 XT Menyasar Pasar Gaming 1080p

"Kami juga menyadari bahwa kami perlu melakukan sesuatu yang berbeda untuk terus mendorong teknologi, dan saya bangga dengan apa yang telah dicapai tim melalui kartu grafis AMD RDNA 3 dan Radeon RX 7900 Series. Saya tidak sabar menanti para gamer untuk merasakan performa yang luar biasa, visual yang sangat nyata, dan fitur baru yang menakjubkan yang ditawarkan oleh kartu grafis baru ini." lanjutnya.

Kartu Grafis AMD Radeon RX 7900 Series

AMD Radeon RX 7900 Series adalah kartu grafis gaming membuka tingkatan baru akan performa dan efisiensi serta menghadirkan sejumlah fitur baru yang disempurnakan sehingga mampu meningkatkan pengalaman gaming.

Baca Juga: AMD Radeon PRO W6000 Series Terbaru, Tawarkan Performa Tinggi Workstation

Kartu grafis AMD Radeon RX 7900 XTX memberikan performa 4K native hingga 1,7X lebih tinggi dibanding kartu grafis AMD Radeon RX 6950 XT di judul tertentu, sedangkan AMD Radeon RX 7900 XT memberikan performa hingga 1,5X lebih tinggi dibanding kartu grafis AMD Radeon RX 6900 XT di pilihan judul tertentu.

AMD Radeon RX 7900 XT. (AMD)
AMD Radeon RX 7900 XT. (AMD)

Fitur-fitur utama meliputi:      

  • Aristektur AMD RDNA 3– Menampilkan desain chiplet canggih, unit komputasi baru, dan teknologi AMD Infinity Cache generasi kedua, arsitektur AMD RDNA 3 menghadirkan performa per watt hingga 54% lebih baik dibandingkan arsitektur AMD RDNA 2 generasi sebelumnya. Unit komputasi baru berbagi daya antara rendering, AI, dan raytracing untuk memaksimalkan penggunaan setiap transistor untuk performa yang lebih kencangt dan efisien dibandingkan generasi sebelumnya.    
  • Desain Chiplet – GPU gaming pertama di dunia dengan desain chiplet menghadirkan frekuensi hingga 15% lebih tinggi dengan efisiensi daya hingga 54% lebih baik. Ini mencakup 5nm 306mm2 Graphics Compute Die (GCD) baru dengan hingga 96 unit komputasi yang memberikan  fungsionalitas core GPU. Selain itu juga mencakup enam dari 6nm Memory Cache Die (MCD) baru pada 37,5mm2, masing-masing dengan teknologi AMD Infinity Cache generasi kedua hingga 16MB.    
  • Interkoneksi Chiplet Ultra-Cepat – Dengan memanfaatkan keunggulan teknologi AMD Infinity Cache generasi kedua, chiplet baru ini memanfaatkan AMD Infinity Links dan kemasan fanout performa tinggi untuk menghadirkan bandwidth hingga 5,3 TB/dtk.    
  • Memori yang Diperluas dan Bus Memori yang Lebih Luas  – Untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat dari judul-judul yang menuntut saat ini, kartu grafis baru ini memiliki fitur memori GDDR6 berkecepatan tinggi hingga 24GB yang berjalan pada 20Gbps melalui bus memori 384-bit.  
  • Akselerasi AI Dedicated dan Raytracing Generasi Kedua – Instruksi AI baru dan peningkatan throughput AI menghadirkan performa hingga 2,7X lebih baik dibandingkan arsitektur AMD RDNA 2 sebelumnya, sementara teknologi raytracing generasi kedua memberikan performa hingga 1,8X lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.
  • Dukungan DisplayPort 2.1 – Satu-satunya kartu grafis gaming kelas atas di industri yang mendukung teknologi DisplayPort 2.1 dengan UHBR 13.5, menawarkan bandwidth layar hingga 54Gbps dan memungkinkan permainan 4K (hingga 480Hz) atau 8K (hingga 165Hz) dengan refresh tinggi pada layar generasi berikutnya .   
  • Media Engine AMD Radiance Display Baru – Menyediakan warna 12 bit per channel hingga 68 miliar warna dan tampilan refresh rate yang lebih tinggi dibandingkan dengan arsitektur AMD RDNA 2 dan mencakup dukungan untuk DisplayPort 2.1 dan HDMI 2.1a.  
  • High-Refresh Gaming – DisplayPort 2.1 memberikan peningkatan bandwidth tampilan dibandingkan DisplayPort 1.4, dengan kemampuan untuk mendukung refresh rate hingga 900Hz, 480Hz, dan 165Hz untuk masing-masing tampilan 1440p, 4K, dan 8K.       .
  • Dual Media Engine – Mendukung streaming encode atau decode simultan hingga 8K60 untuk HEVC dan mendukung encode AV1, menghadirkan frekuensi engine hingga 1,8X lebih tinggi dibandingkan arsitektur AMD RDNA 2. 

Teknologi AMD FidelityFX Super Resolution 2.2 dan  AMD Software: Adrenalin Edition

AMD Radeon RX 7900 XTX. (AMD)
AMD Radeon RX 7900 XTX. (AMD)

Untuk mendukung kartu grafis baru, AMD juga mengumumkan beberapa pembaruan untuk rangkaian softwarenya, termasuk:   

  • AMD FidelityFX Super Resolution (FSR) 2.2 – FSR kini tersedia dan akan datang dalam 216 game, dan iterasi berikutnya dari teknologi peningkatan temporal FSR yang populer, FSR 2.2, fitur peningkatan yang dirancang untuk meningkatkan kualitas visual. Ini diharapkan akan tersedia dalam judul pertama pada 8 November 2022, Forza Horizon 5. Selain itu juga akan segera tersedia untuk pengembang game di GPUOpen.com   
  • AMD FSR 3 – AMD berencana untuk merilis versi baru AMD FSR yang menampilkan teknologi AMD Fluid Motion Frames pada tahun 2023, diharapkan dapat memberikan FPS hingga 2X lebih banyak dibandingkan dengan AMD FSR 2 di game-game tertentu.
  • AMD HYPR-RX – Ditargetkan pada paruh pertama tahun 2023, preset sekali klik yang memungkinkan berbagai fitur Software AMD – termasuk teknologi AMD Radeon Anti-Lag, AMD Radeon Boost dan AMD Radeon Super Resolution – untuk bekerja di waktu bersamaan, mengurangi latensi dan memberikan hingga 85% lebih tinggi FPS di Dying Light 2 Stay Human dengan kartu grafis Radeon RX 7900 XTX dan AMD Software: Adrenalin Edition 22.40.00.24, dibanding pengaturan stok.
  • AMD RDNA 3 Media Engine Baru – Fitur encoding hardware AV1 memungkinkan encoding video hingga 7X lebih kencang pada 8K dibandingkan dengan hanya solusi software, dan mengintegrasikan teknologi Xilinx Content Adaptive Machine Learning untuk meningkatkan kualitas teks untuk resolusi yang lebih rendah dan stream bitrate.   
  • Peningkatan Perekaman dan Streaming Video– AMD berkolaborasi dengan OBS untuk meningkatkan kualitas streaming video pada kartu grafis AMD Radeon RX 6000 dan Radeon RX 7000 Series. Selain itu, AMD RDNA 3 Media Engine menyertakan encoding hardware AV1 untuk membantu meningkatkan kualitas dan mengubah live streaming.   

AMD Advantage untuk PC Desktop

AMD Radeon RX 7900 XT. (AMD)
AMD Radeon RX 7900 XT. (AMD)

Membangun kesuksesan laptop AMD Advantage, AMD menghadirkan framework AMD Advantage ke desktop, menggabungkan prosesor AMD Ryzen 7950x terbaik dan kartu grafis AMD Radeon RX 7900 XTX dengan teknologi AMD Software: Adrenalin Edition dan teknologi cerdas AMD untuk menghadirkan platform terbaik bagi para gamer dan kreator.

Desktop bersertifikat AMD Advantage akan menampilkan teknologi pintar AMD pilihan yang memperkuat performa, termasuk teknologi AMD Smart Access Memory dan teknologi AMD SmartAccess Video baru yang secara cerdas membagi beban kerja decoding dan encoding di seluruh prosesor AMD Ryzen dan kartu grafis AMD Radeon, memberikan hingga 30 % peningkatan dalam encoding multi-stream 4K.

Desktop AMD Advantage menampilkan performa kelas dunia, grafis memukau dengan AMD Radiance Display Engine dan monitor yang mendukung teknologi AMD FreeSync Premium.

Semua itu dibangun untuk game dengan chassis berkualitas tinggi, pendingin cairan CPU, penyimpanan NVMe SSD minimal 2TB, memori DDR5 AMD EXPO 32GB atau lebih, catu daya 80 plus emas, dan akustik yang dioptimalkan, dan dirancang untuk kemudahan penyesuaian.    

Sistem desktop AMD Advantage baru diharapkan akan segera tersedia dari mitra SI terkemuka, termasuk CSL, Cyberpower, eBuyer, Falcon Northwest, Maingear, Origin PC, dan XIdax

Harga dan Ketersediaan

Kartu grafis AMD Radeon RX 7900 Series diharapkan akan tersedia dari AMD.com mulai 13 Desember 2022, dan dari mitra terkemuka termasuk ASRock, ASUS, Biostar, Gigabyte, MSI, PowerColor, Sapphire, Vastarmor, XFX dan Yeston mulai awal pertengahan Desember.

AMD Radeon RX 7900 XTX memiliki harga SEP 999 dolar AS, sedangkan AMD Radeon RX 7900 XT memiliki harga SEP 899 dolar AS.

Itulah peluncuran kartu grafis AMD Radeon RX 7900 Series yang resmi diumumkan.

Berita Terkait

TERKINI

Mirip tapi beda, ini yang perlu kamu tahu tentang perbedaan prosesor dengan chipset.
gadget | 19:07 WIB
Setelah lakukan PHK massal, Meta ingin berforkus untuk kembali meraih keuntungan.
gadget | 18:00 WIB
Anjloknya penjualan smartphone telah berdampak pada banyak produsen dan mitra mereka.
gadget | 17:42 WIB
Pixel kemungkinan bakal menjadi HP pertama dengan Android 14.
gadget | 16:38 WIB
Gempa Turki ini sempat memancing alarm peringatan tsunami di pesisir Eropa.
gadget | 15:10 WIB
Apple mengirimkan 22.5 juta unit pada Q4 2022.
gadget | 14:32 WIB
Vivo Y100 menawarkan konektivitas 5G dan RAM hingga 16 GB.
gadget | 13:41 WIB
Lagi bermasalah dengan monitor kedua di Windows 10? Coba cek beberapa tips dari Hitekno.com berikut ini.
gadget | 13:35 WIB
Berikut adalah langkah-langkah plus syarat yang perlu ditempuh untuk mendaftar GoFood.
gadget | 12:36 WIB
Cek daftar harga HP Advan terbaru per Februari 2023 berikut ini. Daftar ini bisa kamu jadikan rekomendasi sebelum membeli.
gadget | 11:42 WIB
Berikut ini adalah cara mudah daftar driver Gojek terkini tahun 2023, tetap mudah karena bisa lewat HP.
gadget | 10:50 WIB
Samsung Galaxy S22 masih cukup worth it untuk dibeli pada tahun 2023.
gadget | 10:20 WIB
Iklan resmi POCO X5 Pro bocor ke publik.
gadget | 08:15 WIB
Pejabat IMF itu menekankan kembali bahwa analisis awal mereka menunjukkan bahwa langkah Amerika Serikat dan sekutunya tidak akan selalu mengarah pada pertumbuhan yang lebih kuat.
gadget | 20:30 WIB
Berikut adalah empat jenis chip yang kini marak ditemui di gadget dan elektronik: NPU, APU, CPU dan GPU.
gadget | 16:30 WIB
Apakah core dan thread pada CPU memegang peran penting dalam performa PC?
gadget | 16:18 WIB
Usaha Telegram untuk memperkaya fitur di aplikasi chattingnya masih berlanjut, sederet kemampuan baru hadir.
gadget | 16:00 WIB
Undershipping adalah mengurangi pengiriman dibawah permintaan hingga terjadi keseimbangan antara supply and demand.
gadget | 15:45 WIB
Tampilkan lebih banyak